logo happy play indonesia

Bermain Playground Membantu Percaya Diri Anak

bermain playground membantu percaya diri anak

Untuk memfasilitasi pengembangan kepercayaan diri anak, dorong minat mereka dengan mendorong mereka untuk menggali pengalaman baru. Yakinkan mereka bahwa tidak apa-apa untuk membuat kesalahan dan bantu mereka mengatasi insiden ini. Halaman sekolah atau taman bermain adalah lokasi penting untuk meningkatkan sosialisasi, belajar pengambilan risiko yang wajar, mencapai tujuan, mempelajari keterampilan, dan mengelola perasaan ketika ada yang salah. Bermain membantu anak-anak mengembangkan keterampilan fisik, mental, dan emosional yang mereka butuhkan untuk kepercayaan diri dan penerimaan diri.

Berikut lima cara bagaimana bermain playground membantu percaya diri anak.

1. Membangun Keterampilan Sosial dan Hubungan Dengan Orang Lain

Semua orang ingin menjadi bagian dari rekan-rekan mereka. Namun, beberapa anak merasa berteman lebih sulit daripada yang lain. Jika seorang anak merasa seperti orang asing di antara teman-temannya, mereka mungkin khawatir tentang tingkat kemampuan atau status popularitas mereka dibandingkan dengan anak-anak lain. Namun, Anda dapat membantu anak-anak mengatasi ketakutan mereka untuk merasakan pencapaian dan rasa memiliki dalam komunitas.

Ayunan, panel aktivitas, dan permainan playground lainnya memungkinkan anak-anak mengeksplorasi minat mereka di tempat yang aman sambil fokus pada tujuan bersama. Fasilitasi anak-anak dalam bermain dengan ruang bermain yang inklusif. Permainan playground juga bisa menghilangkan beberapa keraguan dan kecanggungan yang mungkin dirasakan anak-anak ketika bertemu orang baru.

Selanjutnya, bermain dengan orang lain membantu anak-anak belajar dan mempraktikkan keterampilan sosial yang berharga seperti bergiliran, bergaul, menyetujui aturan yang diputuskan bersama, berbagi, menerima dan memahami keragaman, dan menyelesaikan konflik.

2. Memungkinkan Anak Membuat Keputusan

Maksimalkan perkembangan anak-anak dengan memberi mereka tempat yang aman untuk membuat pilihan mereka sendiri. Bermain secara terstruktur dengan orang dewasa sangat penting untuk perkembangan anak. Namun, bermain di playground dengan tidak dibatasi memberi anak-anak kekuatan untuk mengeksplorasi minat mereka secara mandiri saat mereka mencoba berbagai kegiatan dan permainan baru dan memutuskan mana yang paling mereka sukai.

3. Mendorong Pengambilan Risiko yang Sehat

Setiap kali seorang anak mencoba sesuatu yang baru, itu adalah kesempatan mereka untuk meningkatkan kepercayaan diri. Anak-anak perlu mengambil risiko demi membangun kepercayaan diri dan taman bermain memungkinkan mereka mengambil risiko ini di lingkungan yang aman. Berjalan melintasi balok keseimbangan atau berayun melintasi monkey bars mungkin terlihat dan terasa menakutkan bagi mereka, tetapi mereka akan merasakan kebanggaan saat mereka mempelajari keterampilan baru dan mencapai tujuan mereka.

Baca Juga: Manfaat Taman Bermain

4. Mengajarkan Anak untuk Mencapai Tujuan yang Realistis

Anda dapat membantu anak-anak mencapai tujuan mereka dengan rasa takut gagal, libatkanlah mereka selama waktu bermain. Dengan bimbingan Anda, anak-anak akan memahami bahwa mengingat langkah-langkah sukses mereka sebelumnya adalah cara terbaik untuk mencapai tujuan. 

Jika Anda memuji mereka karena berfokus pada upaya yang mereka lakukan ketika mereka berhasil, seperti fokus, ketahanan, atau ketekunan mereka yang luar biasa, Anda akan dapat membantu anak-anak fokus pada bagaimana mereka dapat meniru perilaku sukses di masa depan.

Saat bermain dan tumbuh bersama anak-anak, orang dewasa harus menjaga mindset yang berkembang. Daripada membandingkan anak satu dengan lainnya, evaluasilah bagaimana setiap anak berkembang sebagai individu. 

Pola pikir melihat potensi anak lebih penting daripada bagaimana orang dewasa memandang kemampuan bawaan mereka. Oleh karena itu, anak-anak harus didorong kemampuannya selama bermain untuk merangsang pertumbuhan yang aktif dan konstan. Alih-alih berfokus pada kesalahan anak-anak, orang dewasa harus memusatkan langkah-langkah sukses untuk mencapai tujuan mereka.

5. Mengembangkan Keterampilan Hidup Penting

Keterampilan yang dikembangkan anak-anak melalui bermain di dalam playground secara rutin bisa mempengaruhi perkembangan mereka. Bermain dapat meningkatkan fungsi kognitif, memfasilitasi pembelajaran dan berkontribusi pada nilai ujian yang lebih tinggi, yang pada akhirnya meningkatkan kepercayaan diri di kelas. Anak-anak juga akan berkembang secara fisik melalui bermain dengan melatih keterampilan seperti koordinasi tangan-mata, meningkatkan keterampilan sosial, memperluas keterampilan berpikir kritis mereka, dan mendorong kreativitas. Kemajuan dalam kemampuan ini dapat membantu anak-anak berhasil dan merasa mampu dan percaya diri baik secara akademis maupun sosial.

Selain merasa lebih kompeten dalam kemampuan pengambilan keputusan, anak-anak dapat menemukan bakat dan minat yang tidak mereka ketahui saat mereka mencoba hal-hal baru. Mereka akan merasa bangga saat mengidentifikasi aktivitas yang mereka kuasai dan nikmati dengan tulus.

Itulah kelebihan bermain playground membantu percaya diri anak. Melihat banyak manfaat yang didapatkan saat anak bermain playground harusnya menjadi tolak ukur Anda sebagai orang tua bahwa bermain untuk anak itu penting.

Bermain playground untuk anak-anak sangatlah membantu perkembangannya dan mampu melatih mereka lebih percaya diri dan bisa bersosialisasi dengan yang lain. Ajak anak Anda bermain playground.

Baca juga: 

Cara Mendidik Anak Agar Cerdas

Manfaat permainan tradisional bagi anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top