logo happy play indonesia

Kesalahan Umum dalam Memasang Playground, Ini Solusinya

Kesalahan Umum Saat Memasang Playground

Menciptakan taman bermain seperti playground harus  memperhatikan segala keamanannya, meminimalisir kesalahan umum dalam memasang playground dengan solusi ini agar Anda dapat bermain dengan aman dan nyaman di playground

Taman bermain ada yang di luar ruangan, ada pula yang di dalam ruangan, ini berfungsi sebagai tempat berkumpulnya keluarga dan area aman bagi anak-anak untuk bermain. 

Saat bermain jangan lengah akan keselamatan, itu adalah perhatian nomor satu di semua taman bermain dalam ruangan—serta desain luar biasa yang memungkinkan untuk bermain selama berjam-jam, tentu saja. 

Pada artikel ini, kita akan membahas kesalahan umum saat memasang taman bermain di dalam ruangan. Gunakan panduan ini saat Anda merancang dan memasang taman bermain dalam ruangan, dan rasakan keberhasilannya.

Rancang playground dan ukur semua luas wilayah playground
Sumber: freepik.com

1. Ukur Semuanya

Setiap ruang memiliki perbedaan dalam hal taman bermain dalam ruangan. Jangan mulai memasang indoor playground di ruangan Anda jika belum semua sudut diukur, kesalahan umum dalam memasang playground adalah tidak mengukur semua ruangan dengan teliti.

Jika Anda membangun secara vertikal, pertimbangkan ketinggian yang diperbolehkan yang harus Anda kerjakan. Ada beberapa standar keamanan untuk taman bermain dalam ruangan, jadi jangan menganggap Anda bisa membangun indoor playground setinggi bangunan ruangan Anda. Juga, periksa area Anda untuk izin yang diperlukan saat Anda merencanakan ukuran taman bermain Anda.

Saat mengukur, jangan lupa bahwa anak dan orang tua membutuhkan ruang gerak di sekitar taman bermain, buatlah taman bermain yang mudah untuk bergerak kemanapun. Orang tua harus dapat menjangkau anak mereka dengan cepat bila diperlukan. Pertimbangkan ini saat mengukur ruangan sebelum memasang playground. 

2. Pertimbangan Usia

Sebelum memasang playground, pikirkan kembali siapa yang akan bermain, apakah hanya anak kecil atau orang dewasa juga boleh memainkan permainan atau tidak. Karena kesalahan umum dalam memasang playground adalah mereka tidak memikirkan siapa yang akan bermain. 

Usia penting saat memasang taman bermain dalam ruangan, ini akan mempengaruhi desain yang cocok misalnya wahana permainan untuk anak berusia tiga tahun tidak akan cocok untuk anak berusia sepuluh tahun.

Anda harus memiliki pemahaman yang jelas tentang demografi area sebelum merancang dan memasang taman bermain. Dengan cara ini, Anda akan tahu kelompok usia mana yang harus dipenuhi. Usia juga penting menyangkut hal keamanan. Anak-anak yang lebih tua tidak membutuhkan banyak area bermain lembut seperti anak-anak yang lebih muda.

tema playground happy play indonesia
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia – Playground tema buah

3. Pertimbangan Tema

Banyak tema yang digunakan dalam perancangan playground atau taman bermain, biasanya penggunaan tema ini tergantung dari tujuan bangunan, pemilik taman bermain, atau imajinasi perancang taman bermain itu sendiri untuk menyesuaikan desain dengan tujuan bangunan tersebut.

Selain itu, ada pertimbangan tema lainnya seperti kategori usia, apakah Anda ingin membangun playground untuk usia tertentu atau untuk semua umur? Itu perlu Anda pikirkan kembali, kategori usia bermain akan membantu mereka dapat dengan nyaman di playground, sekaligus meminimalisir kemungkinan terjadinya cedera karena sudah sesuai umur. 

4. Lantai yang Aman

Salah satu kesalahan paling umum saat memasang taman bermain dalam ruangan adalah lupa mempertimbangkan apa yang ada di bawah taman bermain. Jika seseorang jatuh, di mana mereka akan mendarat? Tentunya di lantai jika hanya menggunakan lantai. 

Bagaimana jika anak terjatuh di lantai yang keras? Anak akan mengalami cedera di tubuhnya, misalnya kepala bocor, tangan patah, kaki terkilir, dan cedera lain yang memungkinkan terjadi pada anak. 

Karena itu, gunakanlah lantai yang aman, sebuah lantai empuk seperti evamats jika di indoor playground dan rubber flooring jika di outdoor playground. Lantai empuk jadi sebuah keharusan, terlepas dari kelompok umur. Jika seorang anak jatuh atau hanya ingin merangkak di lantai, mereka membutuhkan perlindungan lantai harus lembut. Lantai karet biasanya digunakan untuk tujuan ini.

Sumber: Dok. Happy Play Indonesia - Project Indoor Playground di Indramayu
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia – Project Indoor Playground di Indramayu

5. Material Berkualitas

Saat pemasangan selesai, lakukan pemeriksaan keselamatan dengan mempertimbangkan keamanan saat anak bermain. Setelah semuanya aman dan Anda yakin setiap mur dan baut dikencangkan dengan aman, saatnya untuk mencari bahaya yang tidak terduga.

Sudut dengan ujung yang keras atau tajam dapat melukai anak, jadi tutupi dengan bantalan. Telusuri seluruh bagian tengah dan cari tikar atau permadani yang mudah tersandung. Jika terlihat berisiko, segera perbaiki.

Periksa juga area di sekitar taman bermain. Apakah lantai yang akan digunakan anak-anak di bagian bangunan menggunakan material berkualitas dan aman? Seringkali, lantai di area sekitar taman bermain indoor terbuat dari beton. Pastikan cat anti selip digunakan agar anak tidak terjatuh saat berlarian.

6. Tidak Memilih Kontraktor Playground Terbaik

Merancang playground membutuhkan waktu, cepat atau tidaknya tergantung jenis playground yang Anda pesan, ukuran, tema dan jenis permainan playground mempengaruhi semua harga dan proses perancangan.

Selain itu, pemilihan kontraktor playground terbaik juga akan mempengaruhi hal tersebut. Kesalahan umum dalam memasang playground yang sering ditemui yaitu tidak memilih kontraktor terbaik, akibatnya proses pembuatan dan pemasangan lama dan material playground tidak aman. 

Happy Play Indonesia hadir untuk membantu Anda menghindari kesalahan paling umum saat memasang taman bermain dalam ruangan. Kami adalah kontraktor peralatan taman bermain tepercaya dan menawarkan belanja online yang nyaman untuk desain dan peralatan taman bermain dalam ruangan. 

Sedang ingin membangun playground? atau mau mulai bisnis playground? Hubungi dan percayakan semuanya bersama Happy Play Indonesia, untuk mendapatkan jawaban atas semua kebutuhan pemasangan taman bermain dalam ruangan Anda.

Baca juga: Kontraktor Playground Indonesia 15 Tahun Pengalaman

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground