logo happy play indonesia

15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Untungnya Besar

15 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing, Untungnya Besar

Memulai usaha di tengah persaingan yang ketat memang menantang, namun ada banyak peluang usaha yang masih terbuka lebar dengan persaingan minim dan potensi keuntungan besar. Dari teknologi terkini hingga layanan unik yang sesuai dengan tren dan kebutuhan masyarakat modern, berikut ini kami akan membahas 15 peluang usaha yang belum banyak pesaingnya.

Penasaran dengan peluang apa saja yang memiliki potensi untung besar? Mari simak ulasan kami dan temukan inspirasi bisnis yang paling cocok dengan passion serta kemampuan Anda.

Rekomendasi Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Usaha Cloud Kitchen
Sumber : Google.com

1. Usaha Cloud Kitchen

Usaha Cloud Kitchen, yang juga dikenal sebagai dapur hantu atau dapur virtual, merupakan model bisnis kuliner yang berfokus pada penyediaan makanan hanya melalui pesanan online, tanpa menyediakan ruang makan bagi pelanggan. Konsep ini memungkinkan pemilik bisnis untuk mengoperasikan beberapa merek kuliner dari satu lokasi dapur, mengoptimalkan penggunaan ruang dan sumber daya. 

Kelebihan dari usaha Cloud Kitchen terletak pada efisiensi biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan restoran tradisional, karena mengeliminasi kebutuhan akan lokasi fisik yang besar dan biaya sewa yang mahal. Usaha ini menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing.

2. Catering Makanan Sehat

Usaha catering makanan sehat menawarkan layanan penyediaan makanan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dengan memperhatikan keseimbangan, kualitas bahan, dan metode pengolahan yang sehat. Kelebihan dari usaha catering makanan sehat antara lain kemampuan untuk menyesuaikan menu sesuai dengan kebutuhan diet spesifik pelanggan, seperti vegetarian, vegan, bebas gluten, atau rendah kalori. Bisnis satu ini juga belum banyak pesaing sehingga bisa menjadi pilihan untuk Anda memulainya, namun butuh keahlian dalam menentukan nutrisi dan gizi dalam tiap menu nya.

3. Jasa Titip (Jastip)

Jasa titip menyediakan solusi praktis bagi individu yang ingin membeli barang dari tempat yang jauh tanpa perlu bepergian sendiri. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk memesan berbagai produk, mulai dari barang khusus dari daerah tertentu, produk edisi terbatas, hingga barang yang hanya tersedia di luar negeri.

Kelebihan dari jasa titip termasuk kemudahan akses ke barang yang sulit ditemukan, penghematan waktu dan biaya transportasi, serta kemungkinan mendapatkan barang dengan harga yang lebih baik melalui pembelian langsung oleh penitip.

4. Bisnis Souvenir Unik

Bisnis souvenir unik menawarkan produk cenderamata yang tidak hanya berfungsi sebagai kenang-kenangan, tetapi juga memiliki nilai estetika dan keunikan tersendiri. Dengan fokus pada inovasi desain dan keaslian bahan, usaha ini bertujuan untuk memenuhi permintaan pasar akan hadiah yang berbeda dari yang lain, baik untuk keperluan pribadi, pernikahan, acara perusahaan, hingga oleh-oleh wisata. 

Keunggulan dari bisnis souvenir unik terletak pada kemampuannya dalam menarik minat konsumen yang mencari barang spesial dan personal, seringkali dengan opsi kustomisasi yang memungkinkan pembeli menambahkan sentuhan pribadi pada produk. 

5. Layanan Hampers

Hampers biasanya berisi aneka barang yang dipilih dengan cermat, mulai dari makanan gourmet, produk kecantikan, hingga barang-barang dekoratif, yang dikemas dengan cara yang menarik dan estetis. Keunggulan dari usaha ini terletak pada fleksibilitas dan kemampuan untuk menyesuaikan isi paket sesuai dengan permintaan dan budget pelanggan, sehingga setiap hampers bisa menjadi personal dan unik.

Usaha layanan hampers yang sukses memerlukan kreativitas tinggi dalam desain dan pengepakan, serta strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau target pasar yang tepat, baik melalui media sosial, website, maupun kerjasama dengan perusahaan dan institusi.

Bisnis Microgreen
Sumber: Google.com

6. Bisnis Microgreen

Microgreen adalah tanaman muda yang dipanen tepat setelah daun pertama (daun kotiledon) muncul, sebelum munculnya daun sejati. Microgreen populer di kalangan penggemar kuliner karena rasanya yang kaya, teksturnya yang lembut, dan kandungan gizinya yang tinggi.

Dalam beberapa tahun terakhir, bisnis microgreen telah menjadi populer sebagai usaha rumahan atau skala kecil karena memerlukan modal awal yang relatif rendah dan bisa dikelola di ruang yang terbatas, bahkan di dalam rumah. Keunggulan lain dari microgreen adalah nilai jualnya yang tinggi, terutama di restoran-restoran mewah, pasar petani, atau sebagai bagian dari kotak sayur langganan. 

7. Dropship dan Affiliate Marketing

Dropship dan affiliate marketing merupakan dua model bisnis yang populer di era digital, memberikan peluang kepada individu untuk memulai usaha dengan modal yang relatif rendah.

Dropship adalah model bisnis di mana penjual (dropshipper) menjual produk tanpa perlu menyimpan stok barang secara fisik. Ketika pelanggan melakukan pembelian, penjual akan menghubungi supplier atau distributor untuk mengirimkan produk langsung ke alamat pelanggan. Keuntungan utama dari bisnis dropship adalah minimnya risiko keuangan karena tidak perlu investasi besar untuk stok barang dan biaya operasional yang rendah.

Affiliate marketing adalah strategi pemasaran di mana seseorang (afiliasi) mendapatkan komisi untuk setiap penjualan atau lead yang dihasilkan melalui link referral mereka. Afiliasi akan mempromosikan produk atau layanan tertentu melalui blog, media sosial, atau website mereka dan mendapatkan persentase dari penjualan yang dihasilkan melalui link afiliasi.

Kedua model bisnis ini menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam operasional, memungkinkan pelaku usaha untuk bekerja dari mana saja. Dropship dan affiliate marketing sangat bergantung pada strategi pemasaran digital yang efektif untuk menarik trafik dan mengkonversi penjualan, sehingga memerlukan pemahaman yang baik tentang pemasaran online dan optimisasi media sosial.

8. Thrift Shop

Usaha thrift shop, atau toko barang bekas, adalah model bisnis yang menjual produk-produk second hand atau preloved yang masih layak pakai dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan barang baru. Jenis barang yang dijual sangat beragam, mulai dari pakaian, aksesori, buku, hingga perabot rumah tangga.

Untuk menjalankan usaha thrift shop dengan sukses, pemilik toko harus pandai dalam memilih barang yang akan dijual, memastikan kondisinya masih baik dan layak pakai. Selain itu, penting untuk mengetahui gaya pasar dan preferensi konsumen agar bisa menyediakan barang yang diminati. Strategi pemasaran yang efektif, baik online maupun offline, juga krusial untuk menarik pelanggan.

Baca juga: Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Sewa Perlengkapan Bayi
Sumber : Google.com

9. Sewa Perlengkapan Bayi

Usaha sewa perlengkapan bayi menawarkan solusi praktis dan ekonomis bagi orang tua yang ingin menyediakan barang-barang berkualitas untuk bayi mereka tanpa harus membeli. Jenis perlengkapan yang disewakan bervariasi, mulai dari stroller, car seat, bouncer, hingga mainan edukatif dan perlengkapan makan. Layanan ini sangat diminati karena perlengkapan bayi seringkali hanya digunakan dalam jangka waktu yang singkat sesuai dengan fase pertumbuhan bayi. Bisnis satu ini menjadi salah satu peluang usaha yang belum banyak pesaing dan diminati.

10. Agensi Penulis

Usaha agensi penulis menawarkan layanan penulisan profesional untuk berbagai kebutuhan, mulai dari konten website, artikel, buku, hingga materi pemasaran. Agensi ini menjadi solusi bagi individu atau perusahaan yang membutuhkan konten berkualitas tinggi tetapi tidak memiliki waktu atau keahlian untuk menulisnya sendiri.

Keunggulan dari menggunakan jasa agensi penulis adalah akses ke tim penulis yang berpengalaman dan spesialis dalam berbagai bidang, memastikan bahwa konten yang dihasilkan tidak hanya menarik tetapi juga informatif dan sesuai dengan tujuan klien. 

11. Agensi Pemasaran Digital

Usaha agensi pemasaran digital menyediakan jasa strategi pemasaran online komprehensif untuk meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan konversi target pasar bisnis klien. Agensi ini mengelola berbagai aspek pemasaran digital, termasuk SEO (Search Engine Optimization), pemasaran media sosial, email marketing, dan pemasaran konten. 

Keunggulan dari menggunakan agensi pemasaran digital terletak pada kemampuan mereka untuk mengintegrasikan teknologi terkini dan data analitik untuk merancang kampanye yang ditargetkan secara efektif, menjadi peluang usaha yang menarik.

12. Menciptakan Produk Ramah Lingkungan

Menciptakan produk ramah lingkungan adalah inisiatif bisnis yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dengan menggunakan bahan baku berkelanjutan, proses produksi yang efisien energi, dan kemasan yang dapat didaur ulang atau kompos.

Produk ini menawarkan solusi bagi konsumen yang peduli terhadap lingkungan dan ingin berkontribusi pada keberlanjutan lingkungan. Kelebihannya termasuk mengurangi jejak karbon, mendukung pelestarian sumber daya alam, dan mempromosikan kesejahteraan masyarakat dengan menghindari penggunaan bahan berbahaya. 

Baca juga: 10 Peluang Usaha Unik di Desa

13. Daycare

Usaha daycare, atau penitipan anak, menyediakan layanan pengasuhan anak selama orang tua mereka bekerja atau memiliki komitmen lain. Ini bukan sekadar tempat penitipan, melainkan lingkungan yang dirancang untuk mendukung perkembangan fisik, emosional, dan kognitif anak-anak melalui berbagai aktivitas edukatif dan rekreasi. 

Kelebihan dari usaha daycare termasuk menyediakan pengalaman belajar sosial bagi anak-anak dengan berinteraksi dengan teman sebaya, membantu mereka mengembangkan keterampilan penting seperti komunikasi, kerjasama, dan penyelesaian masalah. 

Usaha Daycare menjadi peluang usaha yang belum banyak pesaing sehingga bisa menjadi pilihan Anda untuk memulainya. Namun usaha satu ini memerlukan tim kompeten untuk merawat anak-anak yang dititipkan.

14. Jual dan Sewa Mainan Anak

Model bisnis ini memungkinkan anak-anak untuk menikmati beragam mainan yang sesuai dengan fase perkembangan mereka dan mencegah kebosanan dari mainan yang sama. Kelebihan usaha ini termasuk fleksibilitas bagi orang tua untuk memperbarui koleksi mainan sesuai dengan usia dan minat anak, serta solusi ekonomis dibandingkan harus membeli mainan baru secara rutin.

Usaha ini bisa dijalankan secara online atau offline, menjangkau lebih banyak pelanggan dan memudahkan mereka untuk memilih serta mengembalikan mainan. Pemilik usaha dapat memberikan layanan tambahan seperti konsultasi pemilihan mainan yang tepat berdasarkan usia dan tahap perkembangan anak, serta memastikan kebersihan dan keamanan mainan sebelum disewakan kembali.

Bisnis Playground 2 1
Sumber : Google.com

15. Bisnis Playground

Usaha playground menjadi kesempatan berharga untuk memfasilitasi ruang bermain yang aman dan mengasyikkan bagi anak-anak, sekaligus mendukung pertumbuhan mereka secara fisik dan mental. Dengan menyediakan desain yang menarik dan perlengkapan main yang modern, usaha ini tidak hanya memperkaya pengalaman sosial dan edukatif anak-anak tetapi juga memberikan kesempatan bagi mereka untuk belajar sambil bermain. 

Keberhasilan bisnis playground sangat tinggi apalagi di lokasi yang tepat, tak melulu harus perkotaan justru di desa atau kampung lebih tinggi atau berpotensi untuk mendatangkan banyak kustomer karena di desa biasanya tidak memiliki banyak hiburan seperti di kota.

Baca Juga : Kelebihan bisnis playground

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengembangkan bisnis yang tidak hanya menguntungkan tapi juga memberi dampak positif pada perkembangan anak. Jadilah bagian dari solusi rekreasi keluarga dengan memulai bisnis playground. 

Tertarik dengan bisnis playground? Hubungi Happy Play Indonesia sekarang untuk konsultasi dan mulailah langkah pertama Anda dalam membangun playground yang aman, edukatif, dan menguntungkan.

Bagikan Artikel Ini: