logo happy play indonesia

7 Cara Mendidik Anak Keras Kepala Efektif Agar Patuh

Tak perlu memaksakan kehendak anak sampai marah besar karena anak tidak patuh. Memang ada karakter anak yang keras kepala yang cara mendidiknya berbeda. Agar anak mau mendengarkan dan patuh kepada orang tua, didiklah anak sesuai dengan karakternya. 

Ada cara yang lebih efektif dalam mendidik anak keras kepala agar patuh, salah satunya dengan memberikan perhatian secara penuh, bujuklah dengan kata-kata yang lembut, arahkan anak agar peduli dan berempati terhadap lingkungan sekitarnya, dan masih banyak cara lainnya yang bisa Anda coba lakukan, simak artikel selengkapnya. 

Tidak memaksakan kehendak anak
Sumber: tuturma.ma

1. Tidak Memaksa

Cara mendidik anak keras kepala yang pertama adalah tidak memaksa. Memaksakan kehendak kepada anak dapat menimbulkan pemberontakan pada anak. Karena anak mempunyai keinginannya sendiri, dan kita harus menghargai pandangan atau pendapatnya. 

Apapun alasannya kita tidak perlu memaksa anak, yang dapat kita lakukan adalah memberikan perhatian, sudut pandang lain dan membukanya perlahan jika anak tetap bersikap keras kepala. 

Ciptakan Lingkungan Rumah yang Menyenangkan untuk anak
Sumber: familyservicesnew.org

2. Ciptakan Lingkungan Rumah yang Menyenangkan

Keras kepala dapat diartikan sebagai sikap yang tidak mudah menerima pandangan atau nasihat orang lain. Sikap anak yang keras kepala sebenarnya tidak muncul tiba-tiba atau begitu saja. Sikap Si Kecil tersebut bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang terjadi dalam hidupnya. 

Salah satunya adalah karena penerapan pola asuh dan sikap orang tua yang mungkin kurang sesuai saat menghadapi anak, misalnya menunjukkan marah besar saat mama papanya bertengkar di rumah. Maka dari itu, orang tua punya peran penting dalam menciptakan lingkungan rumah yang menyenangkan agar anak tidak keras kepala dan mau mendengar apa kata orang tuanya. 

Mendengarkan cerita anak
Sumber: dongengceritarakyat.com

3. Dengarkan Pendapat Anak

Berkomunikasi dan mendengarkan pendapat merupakan cara efektif mendidik anak yang keras kepala. Komunikasi merupakan hal penting yang dapat dilakukan untuk mencari tahu keinginan anak dan alasan anak mengapa bersikap keras kepala.  Melalui pendekatan ini, secara perlahan anak akan merasa nyaman, percaya kepada orang tua dan akan mematuhi nasihat orang tuanya. 

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

Jadikan anak sebagai teman
Sumber: thumb.viva.co.id

4. Jadikan Anak Sebagai Teman

Hal lain yang menyebab anak keras kepala adalah karena tidak adanya kedekatan antara anak dan orang tua. Cara mengatasi anak yang susah diatur dapat dilakukan dengan memposisikan Anda sebagai temannya. 

Karena terkadang sebagai orang tua terlalu banyak melarang anak. Misalnya anak suka bermain game online, kemudian orang tua melarangnya dengan alasan dapat merusak mata. Dengan hal seperti ini, orang tua bisa melakukan pendekatan dengan bermain game bersama seperti teman, lalu mengarahkannya untuk bermain dengan batas waktu. 

Berikan anak pilihan
Sumber: s3.theasianparent.com

5. Berikan Anak Pilihan

Tidak muncul begitu saja, anak yang keras kepala memiliki alasan kenapa mereka seperti itu, dan salah satu alasannya adalah cara didikan orang tua yang otoriter dan tidak memberikan anak kesempatan untuk memilih. Cobalah berikan mereka beberapa pilihan. 

Misalnya, saat Anda meminta anak untuk membersihkan kamar. Berikan mereka kebebasan untuk memilih bagian kamar mana yang harus dibersihkan terlebih dahulu. Cara mendidik anak yang susah diatur ini dianggap bisa membuat mereka merasa diberikan kepercayaan sehingga mau membersihkan kamarnya secara sukarela.

Mengerti dan pahami cara berpikir anak
Sumber: mommiesdaily.com

6. Pahami Cara Berpikir Anak

Sebelum mendidik anak, alangkah baiknya kita tahu dan memahami cara berpikir anak. Cobalah berkomunikasi dan bayangkan Anda berada di posisi mereka. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui apa yang membuat anak menjadi keras kepala. Usahakan untuk memahami rasa kecewa, marah, dan frustasi anak. Setelah itu, berilah mereka dukungan dan kasih sayang, dengan harapan sifat keras kepalanya bisa hilang dari dalam diri mereka.

Ajarkan anak disiplin dan buat aturan
Sumber: cdn.popmama.com

7. Jangan Ragu Berikan Aturan dan Hukuman

Anak yang keras kepala memerlukan peraturan supaya bisa berkembang. Jadi, cobalah untuk menetapkan batasan dan sampaikan harapan Anda terhadap anak saat berdiskusi dengan mereka. Mintalah masukan dari anak terkait apa hukuman yang tepat jika mereka melanggar peraturan di rumah. Jangan lupa untuk meminta pandangan anak terkait konsekuensi yang akan diberlakukan. 

Mendidik anak yang keras kepala secara efektif agar patuh, dapat Anda lakukan dengan pendekatan dan komunikasi yang baik dengan anak. Cara-cara di atas tadi dapat Anda implementasikan di keseharian anak. 

Baca juga: 

8 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Percaya Diri dan Tangguh

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top