logo happy play indonesia

7 Cara Mendidik Anak Yang Malas Belajar, Ampuh dan Efektif

Banyak orang tua yang merasa khawatir saat melihat anaknya malas belajar, tidak ingin nilai pelajarannya turun, ketinggalan pelajaran dan sebagainya. Perilaku anak yang malas belajar inilah yang perlu orang tua cari tahu apa penyebabnya, apa yang membuat anak malas, dan tidak bersemangat. 

Ada berbagai kemungkinan yang terjadi mengapa anak malas belajar, dan banyak juga yang tidak menyadari bahwa gaya belajar berdampak pada motivasi anak belajar. Untuk itu orang tua perlu peka dalam melihat gaya belajar mana yang paling sesuai untuk anak. Berikut ini dapat Anda aplikasikan 7 cara mendidik anak malas belajar yang ampuh dan efektif. 

Jangan memaksa anak belajar
Sumber: kompasiana.com

1. Jangan Memaksa Anak Belajar

Siapa yang suka dipaksa? Hampir semua orang tidak menyukai hal-hal yang dipaksa dan terpaksa, karena apa yang dilakukan jika dipaksa akan menghasilkan output yang tidak maksimal. Salah satu cara yang tepat untuk mengatasi anak yang malas atau tidak mau belajar adalah jangan memaksanya untuk belajar.

Ajak anak belajar dan terlibat dalam prosesnya
Sumber: s3.theasianparent.com

2. Terlibat Dalam Proses Belajar

Sebagai orangtua, keterlibatan Anda dalam proses belajar adalah hal yang cukup penting. Agar anak Anda tidak malas belajar, Anda bisa mengatasi dengan cara menunjukkan pada anak bahwa Anda peduli dengan aktivitas belajarnya di sekolah.

Anda bisa menunjukkannya dengan menemani anak mengerjakan pekerjaan rumah, bertanya mengenai apa saja yang dipelajarinya di sekolah juga bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi anak yang malas belajar.

Sumber: superbookindonesia.com

3. Ciptakan Suasana Nyaman Untuk Belajar

Anda juga bisa mengatasi anak yang malas belajar dengan cara menciptakan suasana belajar yang kondusif di rumah, lingkungan rumah yang rapi, bersih dan bisa juga Anda sediakan cemilan untuk menemani anak belajar, ini merupakan cara mendidik anak malas belajar dengan cara yang lembut dengan memberikan kenyamanan. 

kenali gaya belajar anak
Sumber: medkomtek.com

4. Kenali Gaya Belajar Anak

Masih banyak orang yang belum familiar dengan gaya belajar. Namun, gaya belajar dekat keberadaannya dengan aktivitas sehari-hari kita, misalnya ada anak yang suka belajar sambil mendengarkan musik (auditori), ada pula yang suka belajar dengan buku yang bergambar (gaya belajar visual) dan ada pula yang menyukai belajar dengan memperagakannya (gaya belajar kinestetik). 

Kenyamanan dan kesukaan tadilah yang dinamakan sebagai gaya belajar, yaitu cara atau gaya belajar dengan media atau tools yang mereka sukai. Setiap anak unik dan memiliki cara tersendiri dalam belajar, mengenali gaya belajar anak bisa membantu anak untuk mengerti pelajarannya dengan lebih baik.

Baca juga: 7 Cara Mendidik Anak Keras Kepala Efektif Agar Patuh

Apresiasi usaha dan pencapaian anak
Sumber: medkomtek.com

5. Hargai Pencapaian Sekecil Apapun

Menghargai usaha anak dalam belajar tidak melulu dengan memberikan hadiah. Dengan tidak memarahinya karena mendapat nilai yang jelek saja sudah menjadi salah satu bentuk “penghargaan”. Anak biasanya merasa tertekan saat Anda marah karena ia tidak berhasil mendapatkan nilai yang baik.

Orangtua sebaiknya menunjukkan apresiasi atau rasa bangga terhadap upaya anak, meski berujung dengan nilai anak tidak sesuai harapan. Anda bisa membicarakan dengan anak perihal ini, dan komitmen apa yang kira-kira bisa Anda dan anak lakukan bersama demi membantunya lebih semangat dalam belajar. Biasanya, anak akan lebih mendengarkan orangtua, jika Anda bisa dianggap bisa memahaminya.

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

Sesuaikan minat dam hobi anak
Sumber: cdn.popmama.com

6. Sesuaikan dengan Minatnya

Agar sesi belajar lebih menarik untuk mereka, maka pastikan materi yang diberikan sesuai dengan minat atau ketertarikan mereka. Hal ini memang tidak mudah dilakukan namun, Anda bisa menggunakan banyak cara.

Ada banyak sekali metode belajar baru yang lebih seru dengan tugas yang didesain untuk membuat si kecil berinteraksi dengan banyak hal. Salah satu contohnya adalah memberikan pertanyaan matematika dengan menambahkan sentuhan gambar dinosaurus. Jika si kecil tertarik dengan hal tersebut, maka proses belajar akan lebih natural dan menyenangkan.

Selain itu, fokus dengan minat dan juga bakat yang mereka miliki. Cara ini pun akan membantu anak untuk lebih mengapresiasi proses belajar.

Gunakan Permainan untuk Membuatnya anak Tertarik
Sumber: bukalapak.com

7. Gunakan Permainan untuk Membuatnya Tertarik

Si kecil masih sangat tertarik dengan hal hal yang membuat mereka senang dan aktif. Dengan demikian, Anda pun bisa membuat mereka lebih tertarik untuk belajar dengan menggunakan permainan. Cara ini sangat efektif untuk mereka yang mudah merasa bosan dengan kegiatan belajar yang itu itu saja.

Seperti mengajak anak bermain monopoli, scrabble, lego blocks, atau puzzle. Secara tidak langsung, cara mengatasi anak malas belajar usia dini yang satu ini akan membiaskan aspek belajar di dalam kegiatan yang seru. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

8 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Percaya Diri dan Tangguh

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top