logo happy play indonesia

5 Cara Mengatasi Perilaku Anak Sulit Diatur Agar Nurut

Perilaku anak yang sulit diatur tentu akan membuat orang tua bingung, dan khawatir, apalagi jika kondisinya sedang berada di luar dan menghadiri pertemuan sosial karena takut anak mereka membuat tamu lainnya merasa tidak nyaman. 

Namun, dibalik perilaku yang Anda takuti akan mengganggu, hal pertama yang Anda lakukan yaitu mencari tahu alasan kenapa anak sulit diatur. Dengan mengetahui alasannya, Anda dan anak akan mendapatkan inti masalahnya, dan bersama-sama mencari solusi. Begini 5 cara mengatasi perilaku anak yang sulit diatur agar jadi penurut.

Berikan Penjelasan Secara Perlahan kepada anak
Sumber: akamaized.net

1. Berikan Penjelasan Secara Perlahan

Cara mengatasi perilaku anak sulit diatur adalah dengan memberikan penjelasan secara perlahan. Anak yang sulit diatur kadang bukan berarti mereka ingin melawan apa kata orangtua. Mereka mungkin hanya tidak mengerti dan tidak tahu mengapa kenapa Anda melarangnya berbuat demikian. 

Misalnya, Anda ingin melarangnya untuk bermain game online. Daripada langsung dengan tegas menolak “Kamu nggak boleh main game, kalau main nanti gak ibu beri uang jajan!” dan mengunci pagar rumah, jelaskan padanya kalau jika ia main game online terlalu lama bisa merusak mata. 

Dengarkan juga respon atau saran dari anak Anda. Hal ini akan membantu anak berpikir logis dan terbiasa mendengarkan Anda. Orang tua sebaiknya memberikan penjelasan secara intensif dan lemah lembut agar bisa dipahami anak dengan baik. Dengarkan juga respon atau saran dari anak. Hal ini akan membantu mereka berpikir logis dan terbiasa mendengarkan ucapan Mama.

Jadilah Pendengar yang Baik untuk anak
Sumber: mommiesdaily.com

2. Jadilah Pendengar yang Baik

Didengar dengan penuh perhatian merupakan hal yang paling disukai, karena dengan menjadi pendengar yang baik orang tua dapat menjadi teman cerita yang baik pula, sehingga apa yang menjadi hambatan anak dapat disampaikan kepada orang tua, dan perilaku yang sulit diatur tersebut tidak ada lagi, anak akan jadi lebih penurut. 

Baca juga: Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar Dalam Keluarga

Hindari memanjakan anak
Sumber: pbskids.org

3. Hindari Memanjakan Anak

Setiap orang pasti ingin melakukan yang terbaik untuk anaknya. Namun, tak sedikit pula yang malah memanjakan anak, apapun yang diinginkan anak pasti dituruti. Memanjakan anak merupakan hal wajar dan sah saja dilakukan. Tapi jika terlalu dimanja, anak akan sulit diatur dan tidak penurut, dan membuat anak menjadi malas, tidak termotivasi, dan juga mudah marah jika keinginannya tidak terpenuhi. Maka dari itu hindarilah memanjakan anak, agar tumbuh menjadi pribadi yang berkarakter, mandiri dan disiplin.

Bersikap Baik Saat Anak Mulai Membangkang
Sumber: kumparan.com

4. Bersikap Baik Saat Anak Mulai Membangkang

Orangtua harus memperlakukan anak dengan penuh kasih sayang dan cinta yang tulus, karena setiap gerak-gerik Mama akan diperhatikan oleh mereka. Maka ketika menghadapi masalah anak yang sedang membangkang dan sulit diatur, Anda harus bersikap tegas namun tetap lemah lembut. Bujuklah ia dengan bersikap manis dan baik padanya. Biasanya anak akan lebih tenang dengan bujukan daripada dimarahi.

Beri Peraturan Tegas
Sumber: medkomtek.com

5. Beri Peraturan Tegas

Membuat peraturan tegas kepada anak yang sulit diatur menjadi jalan terakhir untuk dilakukan. Memberi peraturan tegas bukan berarti tidak sayang, ini merupakan didikan yang baik untuk anak agar teratur. Dalam mendidik anak yang sulit diatur, alangkah baiknya diberi sebuah peraturan mengenai apa saja yang tidak boleh dilanggar. Jangan lupa juga menyediakan penghargaan yang akan didapat anak ketika berhasil mengikuti aturan dengan baik. Hal ini dilakukan agar mereka tahu alasan dari sebuah aturan yang tujuannya untuk kebaikan.

Itulah cara mengatasi anak yang susah diatur. Mendidik sang buah hati agar tumbuh dengan perilaku yang baik merupakan tanggung jawab Mama dan Papa. Jadilah orangtua yang baik di mata anak. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

8 Cara Mendidik Anak Perempuan Agar Percaya Diri dan Tangguh

7 Cara Mendidik Anak Laki Laki Agar Mandiri dan Tanggung Jawab

5 Cara Mengatasi Perilaku Anak Sulit Diatur Agar Nurut

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

Scroll to Top