logo happy play indonesia

Begini Playground di Masa Depan, Yuk Lihat!

Begini Playground di Masa Depan, Yuk Lihat

Taman bermain selalu menjadi bagian penting dari pengalaman masa kecil. Tahun ke tahun playground selalu berinovasi. Penasaran dengan tampilan playground di masa depan? Yuk lihat dan baca lebih lengkap artikel ini. 

Playground di masa depan dengan teknologi terkini memiliki tampilan dan fungsi yang keren. Jenis permainan seperti playground ini, menawarkan kesempatan bagi anak-anak untuk bermain, mengeksplorasi, dan bersosialisasi dengan teman sebayanya. 

Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, cara bermain juga berubah. Di masa depan, kita dapat mengharapkan taman bermain terlihat dan terasa sangat berbeda dari tempat kita dibesarkan. Berikut adalah beberapa tampilan taman bermain di masa depan.

Playground di masa depan happy play indonesia
Sumber: foursquare.com

Permainan Playground Interaktif

Playground di masa depan yang pertama berbentuk playground interaktif. Apa maksudnya playground interaktif? Yaitu salah satu konsep menarik yang dapat diintegrasikan ke dalam taman bermain di masa depan. Teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR) dapat memberikan pengalaman yang imersif bagi anak-anak, memungkinkan mereka untuk menjelajahi lingkungan virtual yang menarik tanpa meninggalkan taman bermain. 

Namun, penggunaan teknologi dalam taman bermain juga menimbulkan pertanyaan tentang interaksi manusia dengan teknologi. Beberapa orang berpendapat bahwa waktu yang dihabiskan jauh dari teknologi sama pentingnya dengan waktu yang dihabiskan menggunakan teknologi. Oleh karena itu, mungkin akan ada kebutuhan untuk mencari keseimbangan antara penggunaan peralatan interaktif dan interaksi manusia dengan dunia nyata.

Desain Ramah Lingkungan

Playground di masa depan dihubungkan selalu dengan kecanggihan teknologi. Sayangnya itu tidak 100% benar. Di Era banyaknya teknologi ini, justru memberikan alasan kepada para kontraktor playground untuk membuat playground desain ramah lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. 

Dengan meningkatnya kepedulian terhadap perubahan iklim dan lingkungan, taman bermain masa depan akan dirancang dengan mempertimbangkan konsep keberlanjutan. Hal ini dapat mencakup penggunaan bahan-bahan yang ramah lingkungan, seperti plastik daur ulang atau bahan-bahan alami seperti kayu dan batu. 

Selain itu, taman bermain dapat menggabungkan ruang hijau dan tanaman, memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk belajar dan berinteraksi dengan alam. Selain mempromosikan keberlanjutan, peralatan taman bermain yang ramah lingkungan juga dapat menggabungkan sumber energi terbarukan. Misalnya, panel surya dapat diintegrasikan ke dalam desain untuk menyalakan penerangan atau stasiun pengisian daya untuk perangkat elektronik. 

Baca juga: 5 Ide Taman Bermain Anak di Rumah, Edukatif dan Aman

Playground di Masa Deoan - Konsep Desain Inklusif
Sumber: www.arch2o.com

Desain Inklusif

Playground di masa depan lainnya menggunakan desain inklusif dalam merancang taman bermain. Desain inklusif ini dapat mencakup integrasi peralatan yang dapat diakses oleh kursi roda, area sensorik, dan peralatan khusus untuk anak-anak dengan disabilitas.

Dalam menghadapi keterbatasan ruang di masa depan, desain taman bermain akan lebih spesifik dan disesuaikan dengan lokasi. Taman bermain akan dirancang untuk menjadi lebih ramah pengguna dan sesuai dengan kebutuhan serta anggaran. Pemikiran yang lebih matang akan diaplikasikan dalam desain taman bermain untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya taman bermain sebagai bagian dari ruang publik.

Taman bermain di masa depan juga dapat dirancang untuk mempromosikan senam dan aktivitas olahraga antargenerasi. Ini akan menciptakan kesempatan bagi keluarga untuk bermain bersama dan mengembangkan komunitas yang lebih inklusif dan multigenerasi. Selain itu, kami juga melihat peningkatan permintaan untuk area bermain yang beragam, yang mengintegrasikan peralatan gym luar ruangan dan skatepark ke dalam desain taman bermain dan ruang publik. Hal ini membantu menjembatani kesenjangan antara generasi dan memperkaya komunitas.

Peningkatan Keamanan Peralatan Taman Bermain

Di masa depan, perancang taman bermain akan terus memprioritaskan keselamatan peralatan taman bermain. Namun, dengan teknologi baru, keamanan dapat lebih ditingkatkan. Misalnya, penggunaan sensor pintar dan kecerdasan buatan dapat membantu mendeteksi dan mencegah kecelakaan sebelum terjadi.

Selain itu, teknologi baru dalam bahan lunak dan permukaan penyerap benturan dapat digunakan untuk menciptakan lingkungan bermain yang lebih aman. Selain itu, teknologi baru juga dapat digunakan untuk memantau dan mengontrol akses ke taman bermain, memastikan keamanan dan perlindungan anak-anak.

Baca juga: Aturan Keamanan Saat Anak Bermain di Outdoor Playground

Begini Playground di Masa Depan sebagai Peluang Belajar
Sumber: www.earthscapeplay.com

Peluang Belajar

Jika dulu hanya berpikir bahwa taman bermain hanya untuk main, ini pemikiran tersebut telah berubah. Playground di masa depan didesain untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih holistik bagi anak-anak, dengan menambahkan elemen pendidikan ke dalam taman bermain. Misalnya, taman bermain dapat menampilkan pajangan interaktif yang mengajarkan konsep-konsep sains, sejarah, dan seni, serta peralatan bermain interaktif yang membantu anak-anak belajar tentang angka, huruf, dan bentuk.

Dalam hal ini, desain taman bermain di masa depan akan mendorong perkembangan intelektual dan kognitif anak-anak, sambil tetap memberikan kesenangan dan pengalaman bermain yang menyenangkan. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, taman bermain masa depan akan terus mengintegrasikan elemen-elemen pendidikan untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih lengkap.

Menjadi Ruang Berkumpul

Kemampuan bersosialisasi anak sangat penting dan dapat dilatih saat main di playground. Maka dari itu, taman bermain masa depan akan difokuskan pada mendorong interaksi sosial dan membangun komunitas. Ini dapat dicapai dengan memasukkan area tempat duduk, meja piknik, dan fasilitas lain yang mendorong pertemuan sosial. 

Selain itu, taman bermain di masa depan dapat berfungsi sebagai pusat komunitas yang menawarkan acara dan kegiatan untuk semua orang. Pada masa depan, taman bermain akan sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang, dengan desain yang lebih berkelanjutan, inklusif, aman, dan memberikan pengalaman belajar melalui pemahaman yang lebih baik tentang manusia lewat permainan sensorik dan motorik di area playground. 

Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Fakta! Permainan Playground Mampu Melatih Motorik dan Sensorik Anak

Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO – Happy Play Indonesia

Bagikan Artikel Ini: