logo happy play indonesia

5 Ide Taman Bermain Anak di Rumah, Edukatif dan Aman

Rumah merupakan tempat tinggal yang menjadi kebutuhan primer bagi orang banyak. Rumah menjadi tempat untuk berlindung dari cuaca panas, hujan, angin yang berhembus dan dari hal lain seperti binatang. 

Tak hanya itu, rumah juga menjadi tempat untuk istirahat setelah melakukan berbagai kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, kebanyakan orang akan memaksimalkan dan mendesain sedemikian rupa agar rumah atau tempat yang ditinggali dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi mereka, misalnya dengan membuat taman bermain di rumah untuk melepas penat. Berikut 5 ide taman bermain di rumah yang edukatif dan aman bagi anak.

Ayunan DIY
Credit: www.bciburke.com

1. Ayunan DIY

Taman bermain anak dirumah adalah ide cemerlang  bikin anak betah di rumah. Anda dapat membuat ayunan sendiri dengan menggunakan alat yang ada di rumah, misalnya dengan kayu, atau kain yang kuat untuk ayunan. 

Sudut berkreasi anak taman
Credit: www.triedandtrueblog.com

2. Sudut untuk Berkreasi

Ide taman bermain anak yang bisa Anda coba di rumah yaitu dengan membuat sudut kreasi, di mana anak dapat berkreasi dan menyalurkan imajinasinya di satu tempat. Misal dengan menempelkan papan tulis, kayu yang disiapkan khusus untuk corat-coret dan ide lainnya yang bisa Anda eksplore sesuai minat, kesukaan anak dan tentunya edukatif. 

Rumah pohon ide taman bermain
Credit: cdn.statically.io

3. Rumah Pohon Mini

Jika sedang menonton film atau drama di televisi, pasti dari kita pernah melihat rumah pohon sebagai setting tempatnya yang dibuat untuk anak-anak. Setiap anak pasti bermimpi untuk bermain di dalam rumah pohon di area belakang rumah mereka. Namun Anda harus membuat dan merancang desain terlebih dahulu, tapi ini akan terbayarkan jika sudah jadi dan dimainkan oleh anak. Rumah pohon mini bisa menjadi ide taman bermain anak di rumah yang menyenangkan. 

Papan mendaki anak taman
Credit: d3p0bla3numw14.cloudfront.net

4. Papan Mendaki

Papan mendaki atau wall climbing mini bisa Anda buat di rumah dan menjadi ide yang menarik untuk melengkapi taman bermain anak. Agar taman bermainnya aman, Anda harus pastikan kembali papannya kuat, tidak rapuh, tidak ada benda tajam disiasati dengan busah empuk yang aman. 

Credit: images.motherandbeyond.id

5. Taman dengan Trampolin

Taman dengan permainan trampolin bisa jadi ide menarik menambah daya tarik dan melengkapi permainan lainnya taman Anda. Permainan trampolin memiliki banyak manfaat, yaitu baik untuk meningkatkan perkembangan otot, memperkuat tulang, dan juga memperkuat sendi anak. 

Credit: https: cdn-asset.jawapos.com

6. Permainan Pasir

Mainan adalah sarana belajar yang menyenangkan dan edukatif untuk anak. Melalui mainan, anak dapat belajar dan mengeksplorasi banyak hal tanpa harus merasa tertekan. Anda bisa menyediakan permainan pasir di rumah agar anak senang, melatih motorik halus anak, sekaligus mengenalkan anak pada tekstur baru. 

Credit: s.yimg.com

7. Taman Bermain Indoor

Bermain sambil belajar di taman bermain indoor dapat meningkatkan perkembangan dan tumbuh kembang anak. Tak perlu keluar rumah, taman bermain indoor atau indoor playground dapat menjadi alternatif permainan edukatif dan aman bagi anak. Itulah ide taman bermain anak di rumah yang edukatif dan aman yang bisa Anda coba bersama keluarga. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

5 Tips Perawatan Playground Mudah di Rumah

5 Ide Kreatif Ajak Anak Main di Rumah Saat Libur

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top