logo happy play indonesia

Bisnis Playground di Kota VS di Daerah atau Desa Untung Mana

Bisnis Playground di Kota VS di Daerah atau Desa Untung Mana

Bisnis playground saat ini sedang berkembang seiring dengan kesadaran akan pentingnya ruang bermain sebagai sarana edukatif untuk anak-anak. Namun, ketika ingin membuka sebuah bisnis playground muncul pertanyaan seperti “apakah lebih menguntungkan membuka bisnis playground di kota besar atau di daerah dan  desa?”. Kedua lokasi tersebut memiliki perbedaannya masing masing dan banyak perbandingan antara bisnis di kota dan desa.

Namun  sebelum memulai sebuah bisnis playground, pertimbangkan beberapa hal-hal yang mempengaruhi bisnis tersebut. Berikut ini beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan dalam bisnis playground.

Perkembangan Anak

Kota

Di kota besar lahan bermain semakin terbatas dan membuat jumlah perkembangan anak semakin meningkat di daerah perkotaan, sehingga membuka potensi untuk memulai sebuah bisnis playground di wilayah perkotaan. Berdasarkan data statistik dari BPS (Badan Pusat Statistik) tercatat sekitar 57,22% penduduk berkategori anak-anak di wilayah perkotaan dengan berbagai kelompok umur. 

Dengan jumlah perkembangan anak yang semakin meningkat, membuka bisnis playground di wilayah perkotaan merupakan solusi yang tepat untuk dilakukan. Membuka bisnis playground di setiap penjuru kota dapat membuat semua anak-anak dapat merasakan pengalaman bermain menyenangkan dengan wahana playground.

Daerah atau Desa

Membuka sebuah bisnis playground di wilayah pedesaan akan sangat membantu, karena wilayah pedesaan memiliki lahan yang cukup luas dibandingkan wilayah perkotaan. Berdasarkan data statistik dari BPS (Badan Pusat Statistik) terhitung jumlah penduduk sekitar 42.78% berkategori anak-anak dengan berbagai kelompok umur. 

Dengan jumlah tersebut, menjadikan wilayah daerah atau desa menjadi tempat yang cocok untuk membuka bisnis playground. 

Lahan Bermain

Kota

Di kota besar seringkali memiliki lahan bermain yang sempit. Dengan memiliki lahan bermain yang sempit, akan berpotensi untuk menciptakan sebuah wahana permainan playground, Mengapa? Karena di wilayah perkotaan jarang sekali ada lahan bermain bagi anak-anak. Kurangnya wahana bermain akan sangat berdampak pada perkembangan anak salah satunya keterampilan sosialnya. 

Membuka bisnis playground di wilayah perkotaan akan berdampak baik bagi para pebisnis. Tak hanya pebisnis saja, anak-anak pun akan merasa senang jika diadakannya wahana bermain playground. Dengan adanya wahana bermain playground, dapat menjadi solusi penting mendukung perkembangan anak-anak.

Daerah atau Desa

Di daerah atau desa justru memiliki lahan yang lebih luas dibandingkan wilayah perkotaan. Didukung dengan lingkungan yang lebih alami, memungkinkan untuk anak-anak dapat menikmati suasana alam. Namun, karena lahan bermain yang luas dan cukup banyak di daerah pedesaan, potensinya tidak sebesar di daerah perkotaan,  Tetapi potensinya tetap akan ada didukung dengan playground yang masih sedikit di wilayah desa.

Dengan membuka bisnis playground di daerah atau desa, akan sangat menguntungkan. Didukung dengan persaingan yang masih sangat rendah, bisnis playground di desa menjadi pilihan yang menarik dan sangat menguntungkan. 

Persaingan

image 1

Kota

Di wilayah perkotaan sudah banyak sekali pesaing terkait bisnis playground. Sudah banyak brand besar yang membuka sebuah bisnis playground yang ada di wilayah perkotaan. Tetapi dengan hal tersebut, minat masyarakat terhadap playground sangat tinggi. Banyaknya keluarga yang tinggal didaerah perkotaan dapat menjadikan playground sebagai kebutuhan hiburan. 

image 2

Daerah atau Desa

Untuk di daerah pedesaan, minimnya persaingan dapat memonopoli sebuah bisnis playground. Banyak di wilayah daerah atau desa masih kekurangan fasilitas wahana bermain yang terstruktur dan aman.  Dengan masalah Bisnis playground merupakan solusi yang tepat. Bisnis Playground dapat mengisi kekosongan dari pasar playground yang terdapat di wilayah desa. 

Namun terkadang daya beli yang dimiliki oleh masyarakat pedesaan, cenderung lebih rendah. Oleh karena itu, dibutuhkan effort marketing yang dapat mempengaruhi daya beli masyarakat pedesaan. 

Itu tadi pembahasan mengenai perbedaan Bisnis Playground di Kota VS di Daerah atau Desa serta keuntungannya di masing-masing wilayah. Dari wilayah tersebut, sebenarnya potensinya sama-sama besar. Namun, jika di wilayah desa apabila anda menjadi pebisnis playground pertama, akan berpotensi mendapatkan keuntungan yang lebih besar, mengapa demikian? Karena hanya anda satu-satunya pebisnis playground yang memulai bisnis di wilayah desa. 

Bisnis ini merupakan bisnis offline yang menjadi lokasi penentu, yang dimana semakin mudah untuk diakses dan semakin banyak orang yang akan datang. Kelebihan yang didapat dari bisnis ini juga tidak main main. Untuk mengetahui tentang kelebihan dari bisnis playground, anda dapat mengunjungi halaman Kelebihan Bisnis Playground dan dapatkan informasi seputar kelebihan dari bisnis playground.

Untuk memulai bisnis playground tidak begitu mudah yang diharapkan, kami memiliki tips tentang bagaimana cara untuk memulai sebuah bisnis playground. Kunjungi halaman Tips Bisnis Playground dan dapatkan informasi seputar tips bagaimana memulai sebuah bisnis playground. 

Atau anda bisa juga berkonsultasi langsung bersama kami seputar bisnis playground. Klik banner di bawah ini untuk mulai berkonsultasi bersama kami dan dapatkan informasi seputar bisnis playground.

Bagikan Artikel Ini: