logo happy play indonesia

Cara Membuat Taman Kota Menjadi Ramai Pengunjung

Cara Membuat Taman Kota Menjadi Ramai Pengunjung

Tidak semua taman kota berarti bagi masyarakat di sekitarnya. Yuk buat taman kota menjadi lebih berarti untuk semua orang, lewat artikel ini kami membahas cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung dan membuat taman berarti untuk semua orang. 

Secara sosial, taman dijadikan sebagai media bersosialisasi, berkumpul, berinteraksi, bermain, dan menikmati keindahan alam. Merasakan kehangatan sinar matahari, mendengar suara burung berkicau, dan mendengarkan tawa riang anak-anak bermain di taman playground dapat meningkatkan suasana bahagia di sekitar taman tersebut. 

Bermain di area terbuka, seperti di taman bermain, tak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan manfaat besar untuk kesehatan fisik, sosial, dan emosional anak-anak, termasuk yang paling muda di komunitas kita. Untuk mendorong pengunjung lebih banyak, ikutilah cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung dari Happy Play Indonesia di bawah ini. 

Cara Membuat Taman Kota Ramai Dengan Fokus pada Inklusivitas dan Aksesibilitas
Sumber: freepik.com

1. Fokus pada Inklusivitas dan Aksesibilitas

Cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung yang pertama adalah coba fokus pada inklusivitas dan aksesibilitas. Mengapa ini diperlukan? Karena hal ini penting untuk memastikan taman Anda dapat diakses oleh semua orang, termasuk mereka yang menggunakan kursi roda atau penyandang disabilitas sensorik. 

Membuat taman yang inklusif mungkin memerlukan penambahan fasilitas khusus seperti jalur ramah kursi roda atau trotoar bertekstur. Di area bermain, penting untuk mematuhi Undang-Undang Penyandang Disabilitas yang ada di Indonesia, memastikan setiap konstruksi baru dapat diakses dengan mudah oleh penyandang disabilitas.

Baca juga: Prinsip Desain Taman Bermain 

Cara Membuat Taman Kota Ramai Dengan Jogging Track Taman Kota - Happy Play
Sumber: freepik.com

2. Gunakan Lahan Taman

Jika taman Anda memiliki ruang ekstra, memanfaatkannya untuk menambahkan berbagai fasilitas bisa menjadi kunci untuk menarik lebih banyak pengunjung. Cobalah ikuti cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung, dengan melakukan survei di komunitas Anda untuk mengidentifikasi fasilitas apa yang paling diminati dan apa saja yang masih kurang. Beberapa ide awal bisa mencakup penambahan area bermain, zona relaksasi, atau bahkan sebuah kafe kecil.

Tambahkan Jogging Track

Menambahkan fasilitas jogging track merupakan cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung. Dengan memberikan jalur khusus untuk jogging atau berjalan santai, Anda menyediakan fasilitas yang mendorong aktivitas fisik sekaligus menikmati keindahan alam. Jalur ini bisa diatur sedemikian rupa agar menampilkan pemandangan terbaik di taman, seperti melintasi area berbunga atau sepanjang danau.

Tambahkan Lebih Banyak Fasilitas

Untuk menarik berbagai kelompok pengunjung, penting untuk menyediakan berbagai jenis fasilitas. Ini bisa berupa area bermain anak, zona olahraga seperti lapangan basket atau voli pantai, serta tempat-tempat istirahat seperti gazebo atau bangku taman. Fasilitas lain seperti toilet umum, area piknik, dan WiFi gratis juga akan meningkatkan daya tarik taman.

Baca juga: Ide Desain Taman Bermain Happy Play

Selenggarakan Acara Tingkatkan Pengunjung Taman - Happy Play
Sumber: freepik.com

3. Tingkatkan Pemasaran Anda

Salah satu alasan orang mungkin belum banyak mengunjungi taman Anda adalah kurangnya kesadaran tentang keberadaan dan kegiatan yang tersedia di sana. Cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung lainnya adalah meningkatkan aktivitas pemasaran, baik melalui media sosial, brosur, atau iklan komunitas, dapat sangat efektif untuk menarik perhatian. Pemasaran yang kreatif dan berkelanjutan seringkali menghasilkan peningkatan jumlah pengunjung secara signifikan.

Manfaatkan Sosial Media

Media sosial adalah alat yang sangat kuat untuk menjangkau komunitas dan menyebarkan berita tentang taman Anda. Cara membuat taman kota menjadi ramai pengunjung salah satunya dengan memanfaatkan platform seperti Instagram, Facebook, dan Twitter untuk memposting foto-foto menarik dari taman, menginformasikan tentang acara mendatang, dan berbagi cerita dari pengunjung. Konten yang menarik dan sering di-update akan menarik lebih banyak pengikut dan pengunjung.

Buat Website Resmi Taman

Website resmi taman bisa menjadi pusat informasi untuk semua hal terkait taman. Sertakan informasi tentang fasilitas, petunjuk arah, jadwal acara, dan foto-foto taman. Website yang informatif dan mudah dinavigasi akan membantu pengunjung merencanakan kunjungan mereka.

Bangun Hubungan

Kerjasama dengan komunitas lokal, sekolah, dan organisasi non-profit bisa membantu meningkatkan visibilitas taman. Mengadakan acara bersama atau program edukasi tentang alam dan lingkungan dapat menarik berbagai segmen pengunjung.

Cara Membuat Taman Kota Menjadi Ramai Pengunjung Dengan Tingkatkan Pemasaran - Happy Play
Sumber: freepik.com

4. Selenggarakan Acara

Taman Anda bisa menjadi pusat hiburan komunitas dengan menyelenggarakan berbagai acara menarik. Dari kelas melukis atau yoga di luar ruangan, pertunjukan konser atau komedi, hingga aktivitas mingguan seperti cerita atau pertandingan sepak bola, semua ini dapat menarik berbagai pengunjung. Anda juga bisa membuka peluang bagi pihak luar untuk menyelenggarakan acaranya sendiri di taman, menjadikan tempat ini tidak hanya area rekreasi, tapi juga titik kumpul komunitas yang hidup. Cara yang tak kalah menarik adalah dengan menghadirkan playground atau trampolin di taman bermain.

Baca juga: Manfaat Taman Kota

Upgrade Taman Kota Anda dengan Playground Bersama Happy Play Indonesia

Dengan menerapkan strategi ini, taman kota Anda tidak hanya menjadi lebih menarik tetapi juga lebih inklusif dan dinamis. Tingkatkan taman Anda dengan peralatan yang sesuai dari penyedia terpercaya seperti Happy Play Indonesia, yang menawarkan berbagai struktur bermain inovatif dan peralatan kebugaran luar ruangan. Untuk lebih lanjut tentang opsi yang tersedia, hubungi konsultan playground kami di sini atau klik banner di bawah!. 

Baca juga:  Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO

Bagikan Artikel Ini: