logo happy play indonesia

Pentingnya Manfaat Taman Kota Bagi Kesehatan Masyarakat

Pentingnya Manfaat Taman Kota Bagi Kesehatan Masyarakat

Pernah mendengar istilah taman kota adalah paru-paru kota? hal itu merupakan salah satu pentingnya manfaat taman kota bagi kehidupan masyarakat, ruang terbuka hijau (RTH) berfungsi sebagai penghasil udara bersih bagi masyarakat dan kehidupan di perkotaan, seperti yang kita tahu kehidupan di kota sudah padat dengan bangunan dan jalan yang penuh dengan asap kendaraan. 

Taman kota sangat penting bagi kesehatan masyarakat, dan hal ini sangat tergantung pada kualitas taman di sekitar lingkungan tempat tinggal masyarakat itu sendiri. Apabila taman kota tidak asri dengan tumbuhan, tidak terawat, dan minim pemeliharaan taman akan menurunkan kualitas taman tersebut. 

Manfaat Taman Kota

Kehadiran taman kota mempunyai peran penting dan memberikan dampak positif pada lingkungan, tidak hanya untuk manusia tetapi ekosistem termasuk di dalamnya tumbuhan, hewan bahkan serangga kecil yang ada di sekitar, ada pun keberadaan taman kota atau ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan dapat menjadi salah satu sarana dalam membentuk interaksi sosial masyarakat perkotaan. 

Proporsi RTH pada kawasan perkotaan minimal harus sebesar 30% yang terdiri atas 20% ruang terbuka hijau publik dan 10% terdiri atas ruang terbuka hijau privat. Mengapa diatur sedemikian rupa? karena memiliki manfaat dan fungsi taman kota untuk kehidupan, berikut akan dibahas fungsi taman kota. 

Baca juga: Tips Membuat Taman Kota dengan Playground – Happy Play

Fungsi Taman Kota

Fungsi taman kota tak lain adalah, untuk menjaga keserasian dan keseimbangan ekosistem perkotaan yang meliputi unsur ekologi, sosial dan budaya masyarakat di sekitar pemukiman, berikut pembahasanya. 

Fungsi ekologi taman kota - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

1. Fungsi Ekologi

Taman kota memiliki fungsi ekologi dan sosial yang cukup tinggi, keberadaan taman kota dapat membantu mengurangi polusi udara perkotaan dan dapat dijadikan sebagai wadah untuk menciptakan interaksi sosial guna membentuk budaya kota yang sehat.

Bayangkan, setiap daun hijau di taman dapat menyerap delapan karbon dioksida, yang setara dengan karbon dioksida yang dihembuskan oleh orang pada saat bersamaan. Hal ini tentunya dapat meminimalisir risiko berbagai gangguan kesehatan pada masyarakat perkotaan, itulah alasan mengapa taman kota disebut sebagai paru-paru kota. 

2. Fungsi Hidrologi

Secara hidrologi taman juga berfungsi untuk mengelola ketersediaan air hujan dan air tanah. Dalam hal pengelolaan air hujan, taman yang baik dapat mengurangi tidak hanya air limpasan di dalam kawasan tetapi juga air dari luar kawasan. Air hujan yang ditangkap dapat bertindak sebagai resapan air tanah dangkal atau sebagai reservoir kelembaban tanah.

Dengan kondisi tersebut, tanaman dapat tumbuh lebih baik dan bertahan lebih lama tanpa disiram. Ada dua pendekatan untuk meningkatkan daya tampung air hujan taman, yaitu pendekatan pertama mengarah pada tinjauan konstruksi, sedangkan pendekatan kedua bertujuan untuk memperbaiki struktur tanah penyusun taman.

Fungsi ekologi taman kota - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

3. Fungsi Estetika

Secara fungsi estetika, taman kota sangatlah indah dipandang. Kehadiran taman memperindah kota yang sudah penuh dengan bangunan. Taman juga sering diaplikasikan untuk memperindah kompleks perumahan, perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan lain-lain. 

Bayangkan jika suasana tempat Anda tinggal dalam kondisi kering, lalu bandingkan dengan kantor, sekolah, apartemen, dan pusat perbelanjaan yang hijau penuh dengan tanaman yang telah ditata. Bukan hanya hati dan emosi yang mendingin. Pikiran bisa terpanggil untuk berpikir lebih jernih dan kreatif. 

4. Menjadi Tempat Berkumpul Masyarakat

Masyarakat perkotaan dengan mobilitas tinggi memerlukan tempat untuk berinteraksi, salah satu wadah untuk tempat berkumpul masyarakat adalah taman kota. Taman kota dapat dijadikan sebagai wadah untuk menciptakan interaksi sosial guna membentuk budaya yang sehat bagi masyarakat perkotaan.

Tak hanya itu, manfaat taman kota yaitu sebagai media bagi masyarakat sekitar untuk saling berkomunikasi, mendapatkan pendidikan, tempat untuk kegiatan sosial seperti olahraga dan rekreasi bagi anak-anak karena tersedianya playground dan outdoor fitness di taman. 

Fungsi  taman kota sebagai tempat berolahraga di outdoor fitness - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

5. Sarana Ruang Olahraga

Sudah dibahas sedikit, manfaat taman kota bagi kehidupan masyarakat sekitar yaitu sarana ruang olahraga yang dapat diakses oleh siapa saja dan kapan saja secara gratis. Beberapa taman kota menawarkan perlengkapan olahraga seperti area jogging track dan outdoor fitness yang dilengkapi dengan rubber flooring untuk berolahraga. Dengan adanya outdoor fitness ini bisa membuat warga sekitar memiliki habit sehat yang baik dengan rajin berolahraga.

Selain itu juga tersedia lapangan olahraga seperti lapangan umum yang dilengkapi dengan rubber flooring yang nyaman untuk bermain berbagai cabang olahraga seperti bulutangkis, tenis, basket, voli dan lain-lain. Ini adalah bukti bahwa pemerintah benar-benar berusaha memaksimalkan taman kota sebagai sumber daya bagi warga kota untuk memanfaatkannya dalam tindakan afirmatif. 

Sarana taman kota yang lengkap dan nyaman akan memberikan dampak yang luar biasa, ini akan memberikan kebiasaan sehat untuk bagi masyarakat sekitar. Mau perlengkapan taman kota seperti rubber flooring untuk jogging track, outdoor fitness yang menyehatkan dan playground seru untuk anak bermain? Semua ada di Happy Play Indonesia. Klik banner di bawah untuk konsultasi dan penawaran terbaik. 

Baca juga: 

Manfaat Ruang Terbuka Hijau

Manfaat Taman Bermain

Project Outdoor Playground & Rubber Floor – Taman Jatijajar Depok

Bagikan Artikel Ini: