logo happy play indonesia

Lihat Perbedaan Wisma dan Hotel, Mana yang Cocok Untuk Anda

Sama-sama jadi tempat singgah untuk istirahat, tapi masih banyak orang yang belum tahu perbedaan wisma dan hotel. Jika diartikan satu persatu, kata “Hotel” dalam KBBI diartikan sebagai bangunan berkamar banyak yang disewakan sebagai tempat beristirahat atau menginap untuk semua orang, mereka nantinya akan diberikan pelayanan, penginapan, makan dan minum dengan sebaik mungkin. 

Sedangkan, kata “Wisma” dalam KBBI diartikan sebagai bangunan atau tempat tinggal, kantor, pemukiman, perumahan atau tamu rumah yang banyak digunakan sebagai tempat pendidikan atau pelaksanaan kegiatan. Itulah pengertian dari kata wisma dan hotel. Namun, apa sebenarnya perbedaan mendasar antara keduanya? Mari kita telusuri lebih lanjut dalam artikel ini. 

Perbedaan Wisma dan Hotel

Saat berbicara tentang tempat menginap, banyak orang yang sering bingung antara wisma dan hotel. Padahal, kedua tempat tersebut memiliki ciri khas dan perbedaan mendasar. Mari kita jelajahi lebih dalam perbedaan antara wisma dan hotel.

1. Ukuran

Wisma, pada umumnya, memiliki skala yang lebih kecil dibandingkan dengan hotel. Wisma biasanya seperti rumah yang disewakan beberapa kamarnya, sedangkan hotel bisa memiliki puluhan hingga ratusan kamar. Contohnya, Wisma Tugu di Yogyakarta memiliki sekitar 10 kamar, sementara Hotel Indonesia Kempinski di Jakarta memiliki lebih dari 300 kamar.

2. Manajemen

Sebagian besar wisma dikelola oleh pemilik secara langsung atau oleh keluarga, sementara hotel, terutama hotel berbintang, dikelola oleh tim profesional dengan standar pelayanan tertentu. Wisma Aneka di Bandung, misalnya, dikelola oleh sebuah keluarga setempat, sedangkan Marriott Hotel di Bali dikelola oleh jaringan hotel internasional.

3. Fasilitas

Wisma biasanya menawarkan fasilitas dasar seperti tempat tidur, kamar mandi, dan mungkin dapur kecil. Hotel, terutama yang berbintang, menawarkan berbagai fasilitas mulai dari kolam renang, gym, spa, hingga restoran dan bar.

4. Kualitas

Meskipun tidak mutlak, perbedaan wisma dan hotel cenderung menawarkan kualitas layanan dan fasilitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan wisma. Hal ini tercermin dari standar pelayanan dan keberagaman fasilitas yang ditawarkan.

Baca juga: 

Perbedaan Apartemen dan Hotel

Perbedaan Resort dan Hotel

5. Durasi Menginap

Wisma sering kali lebih fleksibel dalam hal durasi menginap dan mungkin lebih sesuai untuk tinggal dalam jangka waktu yang lebih panjang. Sementara itu, hotel lebih sering dipesan untuk kunjungan jangka pendek atau liburan.

6. Harga

Sejalan dengan fasilitas dan kualitas yang ditawarkan, perbedaan wisma dan hotel bisa dilihat dari segi harga. Harga menginap di hotel cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan wisma. Namun, wisma dapat memberikan nilai yang lebih baik bagi mereka yang mencari akomodasi dengan anggaran terbatas.

Antara wisma dan hotel, meskipun keduanya menawarkan tempat bermalam, memiliki perbedaan mendasar dalam hal ukuran, manajemen, fasilitas, kualitas, durasi menginap, dan harga. Karena itu, pilihlah akomodasi tergantung pada kebutuhan, preferensi, dan anggaran Anda.

Tertarik untuk mengeksplorasi lebih lanjut tentang hotel? Tidakkah Anda penasaran dengan bisnis hotel? Klik di sini untuk mengunjungi halaman Strategi Pemasaran Hotel. Di sana, Anda akan menemukan tips berharga dalam mengelola bisnis hotel.

Baca juga: 

10 Fasilitas Hotel Paling Dicari

Manfaat Playground untuk Hotel

Sebagai upaya untuk meningkatkan pengalaman menginap, banyak hotel dan wisma saat ini menambahkan fasilitas tambahan. Salah satu fasilitas yang bisa menambah daya tarik adalah playground, terutama bagi pengunjung yang membawa anak-anak. Playground tidak hanya menarik bagi anak-anak tetapi juga memberikan kenyamanan bagi orang tua dan pebisnis untuk meningkatkan kunjungan. 

Happy Play Indonesia menawarkan solusi playground yang aman dan menarik untuk meningkatkan kunjungan di berbagai fasilitas. Jika Anda berminat menambahkan playground di wisma atau hotel Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami. Silakan klik banner di bawah ini untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Bagikan Artikel Ini: