logo happy play indonesia

Material Lantai Pinggir Kolam Renang yang Aman dan Menarik

Material Lantai Pinggir Kolam Renang yang Aman dan Menarik

Dalam pembuatan kolam renang, salah satu faktor yang sangat penting untuk diperhatikan adalah material pinggir kolam renang yang aman dan menarik untuk finishing. Material finishing ini memiliki peran yang besar dalam menciptakan hasil yang indah, mewah, dan elegan secara visual.

Namun, perlu diingat bahwa pekerjaan finishing ini tidaklah mudah. Hal ini dikarenakan hasil akhir kolam renang setelah diisi dengan air sangat dipengaruhi oleh pemilihan material yang tepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak sembarangan dalam memilih material untuk kolam renang.

Kolam renang bukan hanya digunakan untuk sementara waktu, tetapi akan digunakan dalam jangka panjang, bahkan selamanya. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dengan matang dalam memilih material yang sesuai agar kolam renang tetap indah dan berfungsi dengan baik dalam jangka waktu yang lama, misalnya dengan material pool deck.

Apa itu pool deck? Pool deck merupakan permukaan yang digunakan di sekitar pinggiran kolam renang. Biasanya, material yang sering digunakan untuk pool deck adalah keramik atau semen ekspos karena harganya yang lebih terjangkau. Namun, ternyata ada banyak pilihan material lain yang dapat kamu gunakan untuk pool deck, lho! 

Jenis-Jenis Material Lantai Pinggir Kolam Renang

Jadi, yuk kita simak artikel tentang material pool deck yang bisa kamu pertimbangkan untuk kolam renangmu di bawah ini!

Kermamik adalah material lantai pinggir kolam renang
Sumber: freepik.com

1. Keramik

Kamu mungkin sering menemukan lantai keramik di pinggiran kolam renang di rumah-rumah di Indonesia. Mungkin ada kekhawatiran bahwa penggunaan keramik akan membuat permukaan licin. Namun, keramik yang digunakan untuk pool deck berbeda dengan pemilihan material lantai pinggir kolam renang yang digunakan di dalam rumah. 

Keramik untuk pinggiran kolam biasanya dirancang dengan pola dan motif yang beragam untuk menghindari kelicinan. Selain itu, harga keramik juga cukup terjangkau, sehingga cocok untuk anggaran yang terbatas.

2. Batu Alam

Jika kamu menginginkan tampilan kolam renang yang lebih alami dan modern, kamu bisa menggunakan batu alam sebagai pool deck. Terdapat berbagai jenis batu alam yang cocok digunakan untuk lantai pinggiran kolam renang, seperti batu andesit, batu basalto, dan batu paras jogja. Setiap jenis batu alam memberikan kesan yang berbeda pada kolam renang.

batu sikat material lantai playground kolam renang - happy play indonesia
Sumber: freepik.com

3. Batu Sikat

Material lantai pinggir kolam renang ini termasuk dalam kategori yang mewah untuk pool deck karena memerlukan biaya yang cukup besar dan perlu dilakukan dengan hati-hati dalam proses pengerjaannya. Namun, hasilnya sebanding dengan tampilan alami yang dihasilkan dan sangat cocok untuk rumah dengan lahan yang luas.

4. Semen

Semen seringkali menjadi pilihan material untuk pool deck karena harganya yang terjangkau dan memberikan kesan industrial pada kolam renang di rumah. Namun, salah satu kekurangannya adalah permukaan semen yang mudah licin saat terkena air, sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menambahkan pola pada permukaan semen untuk memberikan daya cengkeram yang lebih baik.

Kayu material lantai pinggir kolam renang.jpg
Sumber: freepik.com

5. Kayu

Material kayu saat ini semakin populer dan banyak digemari. Menggunakan kayu sebagai pinggiran kolam renang dapat memberikan kesan mewah dan indah. Kayu memiliki tekstur yang kuat namun mudah dibentuk, sehingga cocok digunakan untuk pool deck. Namun, perlu diingat bahwa kayu membutuhkan perawatan khusus karena rentan terhadap cuaca dan harganya relatif lebih mahal.

6. Kayu Conwood

Dalam dunia kolam renang, terdapat material menarik lainnya yang bisa kamu gunakan, yaitu kayu conwood atau kayu olahan. Kayu conwood adalah bahan yang terbuat dari semen yang telah melalui proses fabrikasi khusus.

Meskipun terbuat dari semen, kayu conwood memiliki penampilan yang menyerupai kayu asli. Keunggulan menggunakan kayu conwood sebagai pinggiran kolam renang adalah kamu bisa mendapatkan tampilan pinggiran yang mirip dengan kayu asli. Keuntungan ini bisa kamu nikmati tanpa harus repot memberikan perawatan yang rumit.

Selain mudah dalam perawatannya, material ini juga tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Kayu conwood juga memiliki ketahanan yang baik terhadap air dan cuaca, sehingga tidak mudah rusak meskipun sering terkena air atau paparan cuaca.

Batu bata material lantai untuk kolam renang - happy play indonesia.jpg
Sumber: freepik.com

7. Batu Bata

Batu bata merupakan material pool deck yang dapat memberikan kesan rustic dan romantis pada kolam renangmu. Penggunaan bata merah pada pinggiran kolam sangat cocok untuk rumah dengan nuansa klasik atau gaya barat.

8. PVC

PVC, yang terbuat dari daur ulang plastik, kini juga digunakan sebagai material untuk pinggiran kolam. Tampilannya menyerupai kayu, tetapi perawatannya lebih mudah dan tahan lama. Namun, di Indonesia, masih sulit menemukan material PVC untuk pool deck.

Rubber flooring untuk lantai kolam renang - happy play Indonesia.jpg
Sumber: freepik.com

9. Rubber Flooring

Dengan menggunakan bahan karet EPDM yang kuat dan dirancang khusus, Anda dapat berjalan dengan aman tanpa khawatir licin. Selain itu, bahan karet ini memberikan keamanan saat Anda menginjaknya karena elastisitasnya yang menyesuaikan dengan tekanan, sehingga Anda tetap aman dan terhindar dari risiko cedera. 

Bahan karet ini juga terkenal karena daya tahan yang baik, sehingga lantai karet tidak mudah rusak dan dapat bertahan lama. Oleh karena itu, bahan karet EPDM merupakan pilihan terbaik sebagai dasar lantai karet kolam renang Anda.

Pilihlah Lantai Pinggir Kolam Renang yang Aman

Pilihan material lantai pinggir kolam renang yang aman dan menarik dapat memberikan variasi dan gaya yang berbeda pada pengalaman pengunjung. Penting untuk memilih material yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan selera pribadi.

Dengan memilih salah satu dari material-material di atas, kamu dapat memberikan sentuhan unik dan menarik pada pinggiran kolam renangmu. Pastikan memilih material yang sesuai dengan gaya rumahmu, kebutuhan, dan anggaran yang dimiliki.

Penanggung jawab atau kontraktor kolam renang yang berpengalaman juga memengaruhi tingkat keamanan dan kenyamanan kolam renang, maka dari itu pilihlah kontraktor berpengalaman dan punya produk yang lengkap.

Happy Play Indonesia selama lebih dari 17 tahun telah menjalankan bisnis wahana permainan anak, dengan project lebih dari 3689+ tersebar di wilayah Indonesia. Kami siap membantu Anda mewujudkan kolam renang impian yang aman dan menarik. Klik banner di bawah untuk konsultasi dan pemesanan. 

Baca juga: 

Tips Memilih Lantai Pinggir Kolam Renang

Apa itu Rubber Flooring?

Bagikan Artikel Ini: