logo happy play indonesia

Tips Memilih Lantai Pinggir Kolam Renang – Happy Play

Tips Memilih Lantai Pinggir Kolam Renang - Happy Play

Estetika kolam renang dapat ditentukan oleh beberapa faktor, dan salah satunya adalah lantai pinggir kolam renang. Maka dari itu penting untuk mengetahui tips memilih lantai pinggir kolam renang agar semakin memiliki daya tarik yang khas. Berikut beberapa poin penting yang perlu dipertimbangkan sebelum memasang lantai pada kolam renang. 

Lantai kolam renang rubber floor aman dan tidak licin.jpg
Sumber: freepik.com

Tips Memilih Lantai Pinggir Kolam Renang

Ada beberapa material yang bisa dipertimbangkan sebelum memilih yang terbaik. Setiap material memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Berikut adalah beberapa jenis material yang bisa Anda pertimbangkan sebagai referensi untuk lantai pinggir kolam renang.

1. Cari dan Gunakan Material Lantai Anti Slip

Selain memperhatikan keindahan, keamanan juga menjadi faktor penting dalam memilih lantai pinggiran kolam renang. Material yang digunakan harus memiliki sifat anti slip, mengingat kolam renang sering terpapar air yang membuat permukaan menjadi licin. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih material seperti kayu ulin atau batu alam yang lebih aman.

2. Pilih Material yang Tahan Air

Lantai pinggir kolam renang harus tahan terhadap air agar lebih tahan lama dan meminimalisir kebutuhan perawatan. Selain itu, sifat tahan air juga penting untuk menjaga keamanan. Kayu adalah salah satu material yang direkomendasikan karena memiliki ketahanan terhadap air yang baik. Kayu juga dapat memberikan beragam pilihan bentuk, motif, dan warna untuk menciptakan tampilan pinggiran kolam renang yang menarik.

3. Tahan Terhadap Sinar Matahari Langsung

Pilihlah material yang dapat tahan terhadap sinar matahari langsung. Kayu merupakan salah satu material yang mampu bertahan dalam kondisi terpapar sinar matahari secara langsung. Jenis kayu seperti kayu ulin, bengkirai, dan keruing dapat digunakan sebagai lantai pinggir kolam renang dengan baik.

4. Memiliki Estetika yang Baik

Menciptakan suasana yang alami dan estetis dalam lingkungan hunian merupakan impian banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk menghadirkan keindahan melalui pemilihan material lantai pinggir kolam renang. Kayu menjadi salah satu alternatif yang dapat Anda pertimbangkan, karena selain tahan terhadap cuaca, kayu juga dapat memberikan keindahan yang dapat disesuaikan dengan berbagai elemen seperti batu alam, marmer, warna cat, tanaman, dan lainnya.

Project Rubber Floring Lantai Kolam Renang
Sumber: Project Rubber Floring Lantai Kolam Renang

Rekomendasi Lantai yang Aman

Dari penjelasan di atas, berikut adalah beberapa material yang direkomendasikan untuk digunakan sebagai lantai pinggir kolam renang. Berikut adalah pilihan material lantai yang dapat Anda pertimbangkan:

1. Lantai Batu Alam

Batu alam merupakan pilihan kedua yang populer untuk lantai pinggir kolam renang. Material ini memiliki permukaan yang bagus, tidak licin, dan memberikan nilai estetika yang tinggi. Kelebihan lainnya adalah kekuatan batu alam yang berasal dari bahan alam terbaik. Dengan menggunakan batu alam, Anda dapat menciptakan suasana alami dan sejuk di sekitar kolam renang.

2. Lantai Semen

Lantai semen adalah pilihan pertama yang sangat cocok untuk deck samping kolam renang. Selain harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan material lain, lantai semen juga memiliki tekstur pijakan yang tidak licin. Jika Anda memiliki rumah dengan konsep industrial minimalis, lantai semen cocok digunakan karena warnanya yang netral dan sesuai dengan tema tersebut.

3. Lantai Kayu

Lantai kayu asli merupakan rekomendasi terakhir yang sangat disarankan. Material ini semakin populer karena kelebihan yang ditawarkannya. Tampilan dari lantai kayu asli sangat menawan dan elegan. Jenis kayu yang sering digunakan untuk lantai kayu outdoor ini antara lain kayu ulin, kayu merbau, kayu keruing, dan kayu bengkirai. 

Anda dapat memilih jenis kayu sesuai dengan preferensi dan anggaran Anda. Lantai kayu asli memiliki sifat tahan terhadap cuaca, tahan air, dan tidak licin, sehingga aman untuk digunakan di sekitar kolam renang.

4. Lantai Karet (Rubber Flooring)

Tips memilih lantai pinggir kolam renang selanjutnya adalah yang memiliki keunggulan daya serap tinggi, tidak licin, mudah dibersihkan dan tentunya dapat memberikan kenyamanan kepada pengunjung kolam renang saat berwisata. 

Memilih pinggiran kolam renang harus dipikirkan matang-matang, pilihlah yang paling aman untuk digunakan. Kenali kami lebih dalam lagi, karena Happy Play Indonesia adalah perusahaan terbaik dan terlengkap yang akan memenuhi kebutuhan Anda mendesain taman kolam renang dan wahana permainan anak lainnya. Klik banner di bawah untuk konsultasi dan pembelian lantai pinggir kolam renang. 

Baca juga: 

Material Lantai Pinggir Kolam Renang

Apa itu Rubber Flooring

Bagikan Artikel Ini: