logo happy play indonesia

Tips Menghindari Desain Playground yang Buruk – Happy Play

Tips Menghindari Desain Playground yang Buruk - Happy Play

Pelanggan memiliki hak, diantaranya mendapatkan produk atau jasa yang terbaik. Namun kondisi di lapangan tidak mulus, akan ada ditemukan produk atau jasa yang tidak sesuai pesanan. Untuk itu berikut akan dibahas tips menghindari desain playground yang buruk bagi Anda yang ingin memesan playground, semoga artikel ini dapat membantu Anda mewujudkan playground impian dan amanah sampai ke tangan Anda. 

Desain playground yang buruk dan ini cara menghindari playground buruk
Sumber: freepik.com

Tanda Desain Playground yang Buruk

Ketika Anda menemukan artikel ini, itu tandanya Anda sudah ditahap matang dalam pembelian playground. Anda berada di website yang tepat, kami akan bagi pengalaman tentang tanda desain playground buruk yang harus dihindari. 

1. Tidak Menarik dan Membosankan 

Pertama, tips menghindari desain playground yang buruk adalah jangan pilih playground yang membosankan atau tidak menarik ketika Anda atau anak Anda lihat. Jadilah berada di sudut pandang customer, apakah Anda akan main di playground tersebut jika membelinya di perusahaan tersebut. 

Apabila Anda sendiri memilih tidak akan main, maka janganlah memaksa untuk membeli. Cari perusahaan kontraktor playground yang kredibel, dan memiliki selera desain playground yang bagus dan menarik untuk dimainkan agar anak tidak bosan dan mau cepat pulang. 

2. Tidak Memenuhi Standar Keamanan

Selanjutnya, agar tidak mendapatkan menyesal, Anda harus menghindari desain playground yang buruk tidak memenuhi standar keamanan. Standar keamanan yang dimaksud adalah desain playground yang asal tidak memikirkan keamanan anak saat bermain. 

Pernahkah Anda melihat kasus anak cedera di playground? Selain pengawasan yang lalai, desain playground yang buruk dapat berdampak pada keamanan anak. Maka dari itu, desain playground harus dipikirkan matang-matang, wahana apa saja yang ada di sana, apakah itu aman atau tidak dan sebagainya. 

3. Alur Permainan dan Tata Letak yang Buruk

Fitur kunci lain untuk menghindari desain playground yang buruk, salah satunya tidak menunjukkan manajemen atau ketentuan bermain yang baik. Taman bermain Anda terlihat bagus di foto itu indah, tetapi keindahan saja tidak cukup playground harus dibuat ramah pengguna. Kondisi playground yang padat, selain merusak keindahan, hal ini dapat menimbulkan pengalaman negatif seperti cedera dan stimulasi berlebihan di taman bermain.

Jika taman bermain Anda penuh sesak, anak-anak tidak akan dapat menggunakan atau menikmatinya sebanyak mungkin. Ini sangat penting di taman bermain berbasis sekolah di mana anak-anak akan menggunakannya dalam kelompok besar sekaligus.

4. Estetika yang Buruk

Taman bermain yang tidak menarik adalah hasil dari desain yang tidak diperhatikan secara matang agar kohesif, efektif, dan menyeluruh. Tampilan taman bermain menggairahkan dan mendorong anak-anak untuk bermain. Meskipun nilai taman bermain tidak sepenuhnya bergantung pada estetika, ini adalah cara yang bagus untuk menambah nilai lebih lanjut.

Teknik hebat untuk memastikan desain estetika yang efektif di taman bermain Anda adalah dengan melihatnya melalui mata anak-anak. Pastikan desain Anda terlihat memikat, penuh petualangan, dan mengasyikkan bagi seorang anak. Ini akan meningkatkan pengalaman anak-anak dengan taman bermain Anda.

5. Tidak Menyediakan Area Pengawasan

Baik taman bermain publik maupun pribadi harus mengizinkan pengawasan. Taman bermain yang tidak memperhitungkan pengawasan akan memberikan hasil yang buruk. Furnitur dan tata letak perlu didesain agar orang dewasa dapat mengawasi anak-anak dengan nyaman dan dalam jarak yang aman. 

Menyediakan area pengawasan yang dirancang dengan baik berarti anak-anak memiliki ruang untuk menikmati taman bermain mereka dengan bebas dan menantang diri mereka sendiri sambil tetap memiliki pengawasan yang aman di dekatnya.

Pilih dan seleksi kontraktor dan desainer playground Anda, pilih mereka yang profesional dan berpengalaman. Seorang desainer yang baik akan membawa Anda menuju keinginan dan ekspektasi Anda, dan tentunya setiap desain memiliki alasan dan keamanan di dalamnya. 

Cara Menghindari Desain Playground yang Buruk
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia

Cara Menghindari Desain Playground yang Buruk

Cara menghindari desain playground yang buruk bisa Anda lakukan dengan beberapa hal, antara lain. Misalnya dengan selalu cari pemasok taman bermain yang menunjukkan bahwa mereka bermain dengan serius. Wahana permainan anak harus diperlakukan seperti sains, sesuatu yang membutuhkan pendekatan yang dipertimbangkan dengan hati-hati dan melibatkan banyak elemen yang digabungkan.

Atur prioritas Anda pada saat ingin mengambil keputusan. Karena jika membuat keputusan hanya berdasarkan biaya dapat menghasilkan hasil yang negatif. Anda ingin fokus untuk mendapatkan nilai permainan maksimal dari anggaran Anda. Menghabiskan lebih banyak tidak selalu memastikan hasil nilai yang lebih tinggi.

Yang perlu kita fokuskan adalah apa yang akan dan tidak akan memberikan nilai permainan bagi grup pengguna Anda. Peralatan yang akan mendorong manfaat perkembangan bagi anak-anak masih dapat dibuat sangat terjangkau karena nilai bermain dan nilai dolar yang sebenarnya tidak sama.

Sementara nilai estetika adalah bagian dari apa yang membuat taman bermain yang baik, itu saja tidak akan menjamin kesuksesan desain secara keseluruhan. Jika seorang desainer hanya memperhatikan tampilan taman bermain, mungkin mereka telah mengabaikan elemen lain yang menjadikan taman bermain sebagai bagian berharga dari tumbuh kembang anak.

Anak-anak membutuhkan peralatan yang sesuai dengan usia dan kemampuan mereka sambil tetap mendorong mereka untuk menghadapi tantangan; daripada sesuatu yang terlihat mengesankan tetapi sebenarnya tidak cocok.

Peralatan tersebut juga perlu mempertimbangkan logistik penting seperti arus lalu lintas, spesifikasi lokasi, dan nuansa lain dari ringkasan desain yang unik. Taman bermain dirancang untuk digunakan bukan untuk dilihat, sehingga harus aman, menyenangkan, menarik, dan dapat digunakan untuk anak-anak sebelum dibuat estetis.

Desain permainan yang baik berasal dari keseimbangan banyak elemen penting untuk menghasilkan desain yang dipertimbangkan dan sukses. Desain permainan yang buruk berarti anak-anak tidak akan memiliki akses ke permainan yang memperkaya yang sangat penting di awal kehidupan mereka.

Ketika Anda mencari kontraktor playground terbaik di Indonesia, penting bagi Anda untuk bekerja dengan desainer dan produsen yang menunjukkan sikap yang benar dalam menciptakan desain permainan, mau menerima saran, terlatih dalam bidang permainan dan membuat taman bermain yang bernilai luhur. 

Mencari tim desainer permainan yang hebat? Hubungi tim konsultan Happy Play Indonesia, klik banner di bawah untuk konsultasi dan pemesanan playground!.  

Baca juga:

25 Ide Desain Playground

Kontraktor Playground Indonesia 15+ Tahun Pengalaman

Paket Usaha Playground Indoor, Outdoor dan Trampoline

Bagikan Artikel Ini: