logo happy play indonesia

Usaha Playground Rumahan : Peluang, Modal dan Cara Mulainya

Usaha playground rumahan

Memulai usaha playground rumahan menjadi pilihan yang menjanjikan bagi banyak orang. Dalam era dimana ruang bermain publik menjadi semakin menyempit dan kebutuhan akan lingkungan bermain yang aman dan edukatif terus meningkat, usaha playground rumahan menawarkan solusi yang menguntungkan. Ini bukan hanya tentang menyediakan ruang bagi anak-anak untuk bermain, tetapi juga menciptakan sebuah lingkungan yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan kognitif serta motorik mereka. Berikut alasan kenapa usaha playground rumahan sangat berpeluang saat ini.

Usaha playground rumahan
sumber: jualrumahjakarta.com

Peluang Usaha Playground Rumahan

1. Lapangan Bermain Kian Menyempit

Dengan banyaknya pembangunan saat ini membuat lahan bermain menyempit sehingga anak bingung bermain dimana, dan playground adalah solusi tepatnya menawarkan ruang aman dan terstruktur bagi anak-anak untuk bergerak, bereksplorasi, dan mengembangkan keterampilan sosial serta motorik mereka. 

Playground tidak hanya membantu dalam memenuhi kebutuhan fisik anak-anak tetapi juga mendukung perkembangan emosional dan sosial mereka, menjadikannya solusi yang sangat berharga dalam kondisi saat ini.

2. Jumlah Anak dan Balita Kian Meningkat

Peningkatan populasi anak balita dapat mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sosial dan ekonomi, termasuk kebutuhan akan fasilitas pendidikan awal yang lebih banyak dan berkualitas, layanan kesehatan anak, serta infrastruktur dan fasilitas publik yang ramah anak. Hal ini juga bisa menstimulasi pertumbuhan industri yang berkaitan dengan produk dan jasa untuk anak-anak, termasuk industri mainan, pakaian anak, dan tentu saja, fasilitas bermain seperti playground.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah anak usia dini di Indonesia diperkirakan sebanyak 30,2 juta jiwa pada 2023. Jumlah tersebut setara dengan 10,91% dari total penduduk Indonesia pada tahun ini.

Jumlah yang besar ini membuat peluang bisnis playground sangat besar didukung dengan kebutuhan bermain anak yang harus dipenuhi.

3. Orang Cenderung Mencari yang Terdekat

Orang seringkali mencari sesuatu yang terdekat karena berbagai alasan praktis dan psikologis. Secara insting, manusia cenderung memilih opsi yang meminimalkan usaha dan waktu untuk mencapai suatu tujuan. Ini berakar pada konsep efisiensi dan kenyamanan, di mana memilih alternatif terdekat dapat mengurangi energi fisik dan mental yang dibutuhkan.

Oleh karena itu menjalankan bisnis playground di suatu daerah sangat menguntungkan, apalagi jika daerah tersebut belum banyak pebisnis playground dengan daya beli yang tinggi.

4. Persaingan Belum Terlalu Tinggi

Keberadaan lahan bermain untuk anak-anak menjadi semakin penting mengingat terbatasnya ruang publik yang aman dan menyenangkan untuk kegiatan anak. Dengan meningkatnya kesadaran orang tua tentang pentingnya bermain dalam pengembangan fisik dan psikologis anak, permintaan terhadap playground yang berkualitas juga ikut meningkat.

Mengembangkan bisnis playground di daerah bukan hanya berpotensi menghasilkan keuntungan finansial yang baik, tapi juga memberikan kontribusi sosial dengan menyediakan ruang bermain yang aman dan merangsang pertumbuhan anak-anak.

Persaingan bisnis playground di terutama di daerah tidak sebesar persaingan di kota besar yang sudah diduduki oleh brand besar. Bisnis playground di daerah masih memiliki peluang besar karena persaingan belum setinggi di kota, jadi mulailah jadi yang pertama di daerah masing-masing.

5. Material Playground Berumur Panjang

Material playground yang ditawarkan oleh Happy Play Indonesia (HPI) terbuat dari bahan berkualitas tinggi yang dirancang untuk ketahanan dan keamanan maksimal. Dengan penggunaan besi galvanis dan plastik LLDPE (Linear Low-Density Polyethylene), setiap komponen playground dibuat untuk menjamin umur panjang dan durabilitas yang luar biasa. 

Besi galvanis memberikan perlindungan ekstra terhadap korosi, memastikan struktur yang kokoh dan aman untuk anak-anak bermain dalam jangka waktu yang panjang. Sementara itu, plastik LLDPE terkenal dengan fleksibilitasnya yang tinggi dan resistansi terhadap retakan, menjadikannya pilihan ideal untuk peralatan playground yang sering terpapar sinar matahari dan perubahan cuaca ekstrem.

Dari kualitas material yang digunakan tersebut bisa membuat playground menjadi berumur lebih lama, dimana hal ini bisa membuat sebuah bisnis lebih untung karena tidak perlu repot mengganti materialnya.

6. Bisa Cross Selling

Membuka bisnis playground bisa disandingkan dengan bisnis lainnya, seperti contoh dalam penjualan tiket kita bisa memasukkan keuntungan dari penjualan kaos kaki, buka cafe di playground, tempat makan, dan ide lainnya.

Penambahan ide bisnis seperti ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga membantu dalam meningkatkan pendapatan keseluruhan dari usaha playground. Ini menunjukkan bagaimana diversifikasi dalam penawaran dapat membantu dalam memaksimalkan potensi pendapatan dari investasi playground.

7. Balik Modal Cepat

Membangun usaha playground dapat menjanjikan pengembalian investasi yang cepat dengan strategi yang tepat, terutama mengingat minat bermain anak-anak yang tak pernah surut. Anak-anak selalu mencari tempat baru untuk bermain dan menghabiskan energi mereka, membuat playground menjadi salah satu pilihan utama untuk kegiatan rekreasi keluarga.

Balik modal dalam bisnis playground juga termasuk cepat, melihat dari beberapa klien kami yang sudah menjalankan bisnis playground mereka bisa mendapatkan hasil balik modal kurang dari satu tahun.

Baca juga: Alasan Bisnis Playground Cepat Balik Modal

Menghitung Usaha Playground Rumahan
sumber: freepik.com

Perhitungan Modal Usaha Playground di Rumah atau Ruko

Usaha Playground Mini

Usaha playground mini merupakan konsep bisnis yang fokus pada penyediaan area bermain untuk anak-anak dalam skala yang lebih kecil dan biasanya dirancang untuk ditempatkan di dalam ruangan (indoor) atau di area terbatas. 

Konsep ini sangat cocok untuk diimplementasikan di berbagai tempat seperti pusat perbelanjaan, area komersial, perkantoran, hingga perumahan, yang memiliki keterbatasan ruang tetapi ingin menyediakan fasilitas bermain yang aman dan menarik bagi anak-anak. Harga sangat terjangkau untuk usaha playground mini dengan harga awal nya mulai dari 60 sampai 100 juta Rupiah.

Usaha Playground Middle

Usaha playground middle menawarkan solusi sempurna bagi mereka yang ingin menyediakan area bermain anak dengan variasi permainan yang lebih luas dan menantang, namun masih dengan pertimbangan ruang dan anggaran yang efisien. Dengan investasi sekitar Rp 400 juta hingga Rp 500 juta Rupiah, Anda dapat mendirikan playground dengan skala menengah yang dilengkapi dengan peralatan seperti jungle gym, ayunan, perosotan, kolam bola, hingga area panjat yang dirancang khusus untuk menarik minat anak-anak usia sekolah dasar. Harga tersebut sudah termasuk desain, produksi, hingga pemasangan, memberikan nilai terbaik bagi investasi Anda.

Usaha Playground Large

Usaha playground large merupakan investasi ideal bagi Anda yang ingin mendirikan sebuah area bermain dengan skala besar dan lengkap dengan berbagai jenis permainan yang dapat melayani banyak anak sekaligus. Dengan kisaran harga dari Rp 600 juta hingga Rp 1 miliar, playground ini dirancang untuk memberikan pengalaman bermain terbaik dengan fitur-fitur unik seperti tower slide, trampoline area, labirin, dan area tematik yang dirancang khusus untuk menstimulasi imajinasi serta keterampilan fisik anak-anak. 

Biaya investasi ini mencakup perencanaan, pembuatan, dan pemasangan peralatan playground yang dirancang sesuai dengan standar keamanan dan kualitas terbaik, memastikan keawetan dan daya tahan produk dalam jangka panjang.

Kami memastikan bahwa desain playground akan optimal dalam memanfaatkan luas area yang tersedia, sambil tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan pengguna. Selain itu, kami juga menyediakan opsi kustomisasi desain agar sesuai dengan kebutuhan khusus Anda, baik dari segi tema, warna, hingga jenis permainan yang diinginkan. Proses konsultasi ini bertujuan untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan playground yang tidak hanya menarik dan menyenangkan, tapi juga aman, awet, dan berharga investasi jangka panjang.

Memulai Usaha Playground Perumahan
sumber: freepik.com

Tips Memulai Bisnis Playground di Rumah

1. Analisa Kompetitor

Melakukan analisa terhadap kompetitor merupakan langkah penting dalam bisnis playground. Ini membantu Anda memahami strategi apa yang mereka gunakan, apa kelebihan dan kekurangan mereka, serta menentukan apa yang dapat Anda tawarkan agar berbeda dan lebih menarik bagi pelanggan. Analisa ini juga berguna untuk mengidentifikasi peluang pasar yang belum terjamah.

2. Rencanakan Promosi

Promosi yang efektif adalah kunci untuk menarik pengunjung ke playground Anda. Rencanakan strategi promosi yang kreatif dan menarik, baik secara online maupun offline. Ini bisa berupa iklan di media sosial, event khusus, kolaborasi dengan influencer, atau program loyalitas untuk pengunjung setia.

3. Kerjasama dengan Instansi Sekitar

Bekerjasama dengan instansi sekitar seperti sekolah, pemerintah setempat, atau organisasi komunitas dapat meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Kerjasama ini bisa dalam bentuk event bersama, diskon khusus untuk anggota organisasi, atau program edukasi yang melibatkan playground Anda sebagai sarana pembelajaran.

4. Siapkan Bisnis Cross Selling

Integrasi bisnis cross selling dapat meningkatkan pendapatan Anda. Misalnya, menjual kaos kaki untuk anak-anak yang lupa membawa saat ingin bermain di playground, membuka kafe atau kios makanan dan minuman di area playground, atau menjual merchandise khusus playground. Ini tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan, tetapi juga menambah nilai bisnis Anda.

5. Buat Aturan di Playground

Penting untuk menetapkan aturan bermain yang jelas di playground untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan semua pengunjung. Aturan bisa mencakup batasan umur, jam operasional, peraturan penggunaan alat bermain, hingga protokol kesehatan. Pastikan aturan ini mudah dipahami dan terpampang jelas di area masuk playground.

Baca juga: Kelebihan Bisnis Playground

Memulai usaha playground rumahan bisa menjadi peluang emas untuk menghadirkan kebahagiaan dan tawa anak-anak di lingkungan Anda, sekaligus menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. 

Dengan perencanaan yang matang, pemilihan lokasi yang strategis, dan pemanfaatan layanan profesional untuk desain hingga instalasi, Anda bisa menciptakan tempat bermain yang aman, edukatif, dan menghibur. 

Jika anda ingin tau lebih dalam seputar bisnis playground segera konsultasikan bersama kami dan kami akan membantu Anda menemukan solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Klik banner dibawah ini.

Bagikan Artikel Ini: