logo happy play indonesia

Apa Itu TPV Rubber? Rubber Granules untuk Lantai Karet

Apa Itu TPV Rubber Rubber Granules untuk Lantai Karet

Pernahkah Anda mendengar tentang apa itu TPV Rubber? Rubber Granules untuk lantai karet yang sudah dikenal dalam industri lantai karet. Sebenarnya, ada banyak jenis material yang digunakan untuk menciptakan permukaan yang aman dan tahan lama. 

Salah satu jenis material yang semakin populer adalah TPV Rubber, singkatan dari Thermoplastic Vulcanizate Rubber. TPV, kependekan dari vulkanisat termoplastik, menawarkan jenis bahan tpv rubber yang sesuai dengan keluarga elastomer termoplastik (TPE). 

TPV dan TPE berbeda satu sama lain karena cara komponen karet memasuki persamaan senyawa. Lalu seperti apa perbedaan antara karet TPV dari TPE? Simak selengkapnya. 

Baca juga: Tips Merawat Rubber Flooring Agar Berumur Panjang

 Apa itu TPV Rubber Rubber granules untuk lantai karet aman.png
Sumber: greatmats-com

Apa Perbedaan Karet TPV Dari TPE?

TPE merupakan kombinasi plastik dan karet yang memberikan sifat termoplastik dan elastomer. Ketika diberikan tekanan atau hambatan, senyawa TPE akan meregang dan kembali ke bentuk semula setelah tekanan dihilangkan.

Saat membandingkan TPV dengan TPE, TPV terbuat dari campuran plastik polipropilena dan karet EPDM. Namun, dalam proses pembuatannya, karet pada TPV mengalami vulkanisasi, yang memberikan kepaduan ini sifat kompresi dan ketahanan panas yang kuat.

Meskipun TPV diproses dengan metode serupa seperti plastik, setelah selesai, sifat TPV mirip dengan karet. TPV memiliki daya tahan yang baik dan akan tetap terlihat baru selama bertahun-tahun. Beberapa keunggulan TPV antara lain:

  • Tahan terhadap asam dan minyak dalam tingkat yang tinggi.
  • Menjaga integritasnya pada suhu rendah.
  • Tahan terhadap sinar UV.
  • Tersedia dalam berbagai tingkat kekerasan.
  • Harganya lebih terjangkau.
  • Mudah dicocokkan dengan berbagai pilihan warna yang tersedia.

Bagaimana TPV Dibandingkan dengan PVC?

Karet TPV dan PVC (polivinil klorida) memiliki beberapa kesamaan dalam sifatnya. Kedua jenis karet ini digunakan oleh pabrikan dalam situasi yang serupa, termasuk sebagai lantai, tetapi terdapat perbedaan signifikan di antara keduanya.

Salah satu penggunaan umum TPV dan PVC yang tidak terkait dengan lantai adalah sebagai bahan tpv rubber penutup. TPV merupakan pilihan yang tangguh dan memiliki daya tahan yang sangat baik dari waktu ke waktu, sehingga menjadi pilihan yang populer dibandingkan dengan PVC dalam penggunaan seperti ini.

Ketika digunakan sebagai lantai, baik TPV Rubber maupun PVC berfungsi sebagai lantai dalam atau luar ruangan, namun penggunaan TPV yang paling umum terjadi di luar ruangan. Jarang digunakan sebagai ubin lantai di dalam ruangan.

Lantai PVC yang dirancang untuk penggunaan di luar ruangan kadang-kadang memiliki desain berlubang yang memungkinkan air hujan mengalir ke bawah beton di bawahnya. Sementara itu, lantai karet TPV memiliki konstruksi yang kokoh dan umumnya sedikit lebih tebal daripada lantai PVC.

Ada Berapa Pilihan untuk Ubin TPV Karet? - happy play indonesia

Ada Berapa Pilihan untuk Ubin TPV Karet?

Desain Sterling Roof Top Tile adalah pilihan yang populer untuk ubin eksterior yang terbuat dari TPV. Dengan menggunakan TPV, ubin ini menawarkan beragam kombinasi warna yang menakjubkan, memberikan banyak pilihan bagi pemasang untuk menciptakan tampilan ruangan yang sesuai.

Ubin ini menciptakan area berkumpul yang aman dan mulus yang memiliki jumlah bantalan yang tepat bagi mereka yang berjalan di atasnya. Mereka akan dengan mudah menangani berat furnitur teras luar ruangan tanpa menunjukkan keausan.

Setiap ubin terhubung melalui slot yang saling terkait di tepi ubin yang berdekatan. Pemasang mungkin perlu merekatkan slot untuk tata letak yang aman

Pilihan warna yang kita jual:

  • Dark Blue
  • Light Blue
  • Grey Blue
  • Orange
  • Rose Red
  • Bright Red
  • Pink
  • Light Yellow
  • Golden Yellow
  • Yellow
  • Brick Red
  • Dark Purple
  • Light Purple
  • Apple Green
  • Light Green
  • Dark Green

Apakah TPV Berfungsi untuk Instalasi Tuang di Tempat?

Untuk pemasangan profesional yang harus mencakup area yang luas, beberapa pemasang akan memilih karet TPV Rubber yang dituangkan di tempat daripada ubin padat yang saling mengunci. Ini adalah bahan permukaan yang telah digunakan selama beberapa dekade, dan memberikan hasil yang baik di area yang luas. Ini memiliki biaya yang masuk akal per kaki persegi cakupan saat menuangkannya, tetapi TPV yang dituangkan di tempat jauh lebih sulit untuk dipasang daripada ubin TPV bagi mereka yang mencari proyek DIY.

Sangat mudah untuk mewarnai butiran sebelum menuangkannya ke permukaan, karena TPV dapat menerima pewarna dan menghasilkan warna yang tampak hebat. TPV juga mempertahankan warnanya dengan baik dari waktu ke waktu, bahkan saat terkena sinar matahari biasa. Saat menggunakan TPV yang dituangkan di tempat, mungkin cenderung rapuh dari waktu ke waktu, kehilangan sedikit elastisitasnya. Itu sebabnya beberapa penginstal lebih memilih format ubin karet untuk TPV, menciptakan opsi yang lebih tahan lama.

Baca juga: Lokasi Pemasangan Rubber Flooring yang Efektif – Happy Play

rubber flooring happy play indonesia

Sedang Membutuhkan Kontraktor Rubber Flooring?

Jika Anda membutuhkan jasa kontraktor rubber flooring untuk proyek rumah, pembuatan taman, lapangan olahraga, playground atau keperluan lainnya, jangan ragu untuk mengunjungi website Happy Play Indonesia. Kami siap membantu mewujudkan ide-ide Anda dalam menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman dengan lantai karet berkualitas. Temukan lebih banyak informasi tentang produk kebutuhan Anda dan hubungi tim kami dengan mengklik banner di bawah ini.

Baca juga:

Kontraktor rubber flooring

Apa itu Rubber Flooring

Manfaat rubber Flooring pada Playground

Hal Penting Dalam Pembuatan Rubber Floor

Bagikan Artikel Ini: