logo happy play indonesia

Cara Memilih Trampolin yang Aman dan Berkualitas

Cara Memilih Trampolin yang Aman dan Berkualitas -

Bermain trampolin bisa menjadi cara yang bagus bagi anak-anak untuk bersenang-senang, berolahraga, dan mengembangkan koordinasi, tetapi sayangnya, trampolin juga sering menjadi sumber cedera. Maka dari itu kami akan membahas cara memilih trampolin yang aman dan berkualitas untuk Anda.

Melompat dan jadi lebih tinggi sangat menyenangkan untuk anak-anak, bahkan tak jarang orang dewasa ikut bergabung di wahana trampolin. Namun di beberapa kejadian, sebagian besar permainan trampolin belum memenuhi standar keamanan.

Aspek keamanan dan kenyamanan saat bermain trampolin sangatlah penting bagi kita semua, jangan sampai keseruan bermain berubah jadi kesedihan karena trampolin yang tidak mementingkan kualitas dan keamanan wahananya. Mari hindari dan meminimalisir hal ini dengan mempertimbangkan beberapa hal ini, cara memilih trampolin yang aman dan berkualitas. 

Cara Memilih Trampolin yang Aman dan Berkualitas - Perhatikan Material
Sumber: freepik.com

1. Perhatikan Material

Sebelum jadi permainan trampolin, ada material-material besi yang harus disusun dan rapikan sampai jadi barang yang utuh, inilah yang jadi dasar atau awal mula terbentuknya trampolin. Perhatikanlah material trampolin ini: 

  1. Bantalan Pengaman

Bantalan pengaman sangat penting untuk keamanan saat bermain. Biasanya trampolin disusun dari rangka besi, pengait, dan pegas, bantalan pengaman ini membantu besi dan pegas tertutup agar tidak bersentuhan secara langsung dengan tubuh, jika kita melompat atau terjatuh tubuh terlindungi oleh bantalan pengaman. 

  1. Jaring Pengaman

Selain bantal pengaman, cara memilih trampolin yang aman dan berkualitas adalah jaring pengaman. Pernahkah Anda melihat trampolin yang dilindungi oleh jaring di sekelilingnya? Ya itu disebut jaring pengaman, sebuah jaring yang digunakan untuk keamanan saat bermain agar tidak meloncat melebihi dari jaring dan keluar dari area bermain. 

  1. Pegas atau Karet

Trampolin tidak akan pernah menjadi trampolin jika tidak ada pegas dan karet. Karena trampolin adalah alat yang terdiri dari sepotong kain yang direntangkan dan direntangkan di atas rangka baja dengan rangkaian pegas koil.

  1. Perhatikan Standar SNI

Bukan hanya helm, Standar Nasional Indonesia atau SNI adalah syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh produk yang aman dan berkualitas, dengan adanya standar ini produk mudah terdeteksi mana yang sesuai keamanan mana yang tidak. 

  1. Besi Galvanis

Keunggulan besi galvanis sangat penting dalam pembangunan konstruksi rumah termasuk permainan trampolin. Pipa besi galvanis merupakan pipa yang dilapisi dengan bahan seng yang dapat melindunginya dari segala macam kondisi. Ini membuat besi galvanis lebih kuat untuk kondisi iklim dan lingkungan yang berbeda.     

2. Pastikan Trampolin Sesuai Ukuran Ruangan

Cara membuat trampolin aman untuk dimainkan adalah dengan memperhatikan luas wilayah dan besarnya trampolin. Ada banyak jenis dan ukuran trampolin, dari kecil sampai besar bahkan Anda juga bisa memesan trampolin khusus satu ruangan di Happy Play Indonesia. 

Sebelum Anda memesan, pastikan ada ruang luas untuk melingsirkan trampolin, dan menata taman bermain Anda agar nyaman digunakan dan mudah untuk orang berlalu-lalang tanpa perlu kesempitan karena ruangan yang sempit.  

Baca Juga: Ragam Desain Playground Anak dan Jenisnya

Cara Memilih Trampolin yang Aman dan Berkualitas - Perhatikan Kapasitas Beban
Sumber: freepik.com

3. Perhatikan Kapasitas Beban

Tips memilih trampolin untuk keamanan lainnya adalah dengan memperhatikan kapasitas beban dinamis, sebuah beban yang berubah-ubah dari waktu ke waktu karena adanya pergerakan akibat beban tubuh manusia karena melompat di trampolin. 

Jika diperhatian banyak wahana permainan memberikan ketentuan usia, tinggi badan dan berat badan untuk beberapa permainan tertentu demi keamanan dan kenyamanan pengunjung taman bermain. 

Baca Juga: Ide Desain Playground Indoor

4. Perhatikan Keberadaan Pegangan dan Jaring

Bagi Anda yang belum terbiasa main trampolin pasti akan merasa sulit menjaga keseimbangan, demi keamanan Anda bermain pilihlah trampolin yang memiliki pegangan dan dilengkapi jaring, itu tips memilih trampolin anak demi menjaga keseimbangan Anda berdiri dan meloncat-loncat di trampolin. 

5. Lihat Penawaran Harga

Harga permainan trampolin beragam menyesuaikan dengan ukuran trampolin, bahan material, pengiriman, desain sampai pemasangan. Ketika Anda ingin membeli trampolin, selain harga yang terjangkau, Anda harus melihat semua aspek ini.

Terkadang pembeli mundur secara perlahan karena melihat harga yang begitu mahal, jika kita melihat harga mahal ini dari sudut pandang yang luas, melihat bagaimana proses dan materialnya yang dipilih kokoh dan mampu bertahan sampai bertahun-tahun.

Harga yang Anda kira mahal itu jadi nilai yang tidak seberapa, karena Anda akan menikmati keuntungan yang lebih baik dari permainan trampolin, Anda sebagai pelanggan juga punya hak untuk melakukan penawaran kepada penjual playground hingga mencapai kesepakatan bersama. 

Permainan trampolin bukan sekedar permainan, ini adalah investasi untuk kesehatan dan bisnis yang mendatangkan keuntungan kepada pemilik dan pelanggannya. Saat ini Anda juga bisa menjadi pebisnis trampolin yang sukses, lakukan konsultasi bisnis trampolin sekarang juga hanya di Happy Play Indonesia. 

Baca juga: 

Manfaat Bermain Trampolin

Alasan Bisnis Playground Cepat Balik Modal

Cara Promosi Bisnis Playground dan Trampolin

Bagikan Artikel Ini: