logo happy play indonesia

Cara Memulai Bisnis dari Nol Hingga Sukses, Yuk Kamu Bisa!

Setiap bisnis besar dimulai dengan dorongan, passion, semangat dan mimpi yang diwujudkan secara perlahan dengan usaha dan doa. Bahkan para pebisnis terkenal dunia seperti Jack Ma, Steve Jobs, Achmad Zaky, Chairul Tanjung, Ciputra memulai bisnis mereka dari nol. 

Kisah perjalanan pebisnis sukses di atas sudah banyak dibahas, di buku biografi, buku bisnis, film bahkan acara-acara televisi, mereka menceritakan bagaimana proses awal berbisnis sampai sukses seperti sekarang, dan telah dirangkum menjadi beberapa tahap, berikut tips memulai bisnis dari nol yang dapat kamu lakukan. 

Tips Memulai Bisnis dari Nol
Sumber: thebusinesspress.in

Tips Memulai Bisnis dari Nol

Memulai bisnis dari nol memang tidak mudah, ada tahap, serta proses yang perlu dijalankan dengan susah payah, dari segi waktu, modal usaha dari kecil hingga modal bisnis yang besar yang harus dikeluarkan.

Memulai bisnis dari nol atau tidak, keduanya punya resiko masing-masing tapi itu wajar. Hanya saja kamu perlu belajar, bukan hanya secara teori, tetapi praktik dan belajar dari pengalaman pebisnis sebelumnya hingga membuat kamu kuat secara mental hingga sukses. Berikut beberapa tips memulai bisnis dari nol hingga sukses. Yuk simak, pasti bisa.

1. Maksimalkan sesuai dengan passion

Tidak perlu jauh-jauh memikirkan bisnis yang tidak kamu mengerti, kamu bisa memulai bisnis dengan mengikuti passion kamu, hal yang kamu suka dan kamu inginkan, itu adalah cara memulai bisnis dari nol hingga sukses. 

Bahan pertama untuk sebuah bisnis adalah hasrat yang membara untuk industri tempat kamu menjadi bagiannya. Jika kamu di dalamnya tidak lebih dari uang, Anda sedang membuat resep untuk bencana. 

Memulai bisnis akan sulit pada awalnya. Tetapi semangat akan membuat kamu tetap ulet dan haus akan kesuksesan bahkan ketika tantangan datang.

2. Siapkan model bisnis

Langkah kedua dalam memulai bisnis adalah mencari tahu apa yang kamu inginkan. Menemukan ide bisnis kecil adalah tugas yang dapat kamu mulai dekati secara sistematis dengan mengandalkan pendekatan yang telah teruji waktu yang telah berhasil untuk pengusaha lain. 

Pastikan untuk melakukan analisis pasar untuk memastikan ada cukup permintaan dan persaingan tidak terlalu ramai. Ketahui terlebih dahulu model bisnis apa yang akan kamu pilih, hal tersebut akan mempengaruhi strategi bisnis kamu dalam waktu yang panjang. 

3. Susun rencana dan visi misi

Tips memulai bisnis dari nol selanjutnya yaitu menyusun rencana bisnis, visi dan misi bisnis. Visi dan misi sangat penting dibuat, karena akan membantu menjelaskan apa yang menjadi keinginan, atau cita-cita bisnis.

Selain itu, melalui visi misi tadi diharapkan dapat menginspirasi dan mengarahkan energi orang. Adanya visi dan misi juga membantu kamu menentukan strategi bisnis. 

Strategi adalah keseluruhan rencana kampanye yang mungkin melibatkan pengambilan keputusan yang kompleks untuk mengatur pelaksanaan taktis (taktik adalah tindakan terperinci yang akan kamu ambil untuk mewujudkan tujuan kampanye).

4. Lakukan riset Pasar

Salah satu cara terbaik untuk memulai bisnis kamu dari nol adalah dengan melakukan analisis pasar. Tujuan dari riset pasar adalah untuk lebih memahami target pasar dan pesaing Anda untuk menyusun rencana bisnis yang efektif.

Dengan melakukan riset pasar kamu akan mengetahui seberapa besar peluang potensial bisnis kamu, kamu mengetahui siapa saja pesaing di bidang bisnis kamu, tahu siapa saja target audiens kamu agar dapat membantu kamu sukses.

5. Siapkan modal

Jika berbicara tentang bisnis, pasti kita akan berpikir tentang modal usaha. Ya, modal adalah uang atau fasilitas yang digunakan sebagai bahan pokok untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Berapa besar modal yang dibutuhkan dan fasilitas yang kamu keluarkan tergantung dari jenis bisnis yang kamu jalankan.

Modal usaha sebenarnya tidak melulu tentang uang banyak, bisa dengan modal kecil, dan memanfaatkan barang-barang atau fasilitas yang kamu punya. 

6. Pelajari strategi bisnis

Untuk mendapat untung dan tetap bertahan, kamu harus selalu mengembangkan bisnis Anda dengan mempelajari strategi bisnis. Misalnya dengan berkolaborasi dengan merek yang lebih mapan di industri kamu adalah cara yang bagus untuk mencapai pertumbuhan. 

Kamu juga bisa bekerja sama atau bermitra dengan organisasi amal, dan sumbangkan sebagian waktu atau produk untuk memperkenalkan bisnis kamu. 

Persiapkanlah diri kamu untuk berkembang, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri secara menyeluruh, dan belajar beradaptasi dengan situasi yang terus berubah.

7. Tentukan produk atau layanan

Cara lain untuk memulai bisnis dari nol adalah menentukan produk dan layanan bisnis secara detail yang dapat membantu pelanggan dalam memecahkan masalahnya, dan tentunya dapat menguntungkan bisnis kamu. 

Bisnis ada berbagai macam, ada yang produknya berbentuk barang ada pula yang berbentuk jasa, untuk itu tentukanlah produk atau layanan seperti apa yang akan kamu kembangkan, lalu uji dengan menjual produk atau layanan.

8. Kelola keuangan dengan baik

Setelah kamu mendapatkan cukup banyak ide tentang cara memulai rencana bisnis, hal berikutnya yang harus difokuskan adalah menetapkan tujuan keuangan. Setiap bisnis membutuhkan keuangan, tetapi itu tidak berarti kamu harus menghabiskan banyak uang.

Bahkan beberapa bisnis sudah dimulai dari nol dan masih meraih kesuksesan yang lebih besar.

Jadi, tetapkan tujuan keuangan untuk setiap enam bulan, dan kamu perlu berusaha keras untuk mewujudkannya. 

Kamu perlu menyiapkan daftar apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan, juga daftar Anda harus memiliki tugas sehari-hari dan rencana Anda tentang keuangan. Kamu perlu menetapkan tujuan yang dapat dicapai oleh Anda.

9. Tingkatkan kualitas diri dan produk atau layanan

Sebagai seorang pengusaha, kebanyakan dari kita menyadari bahwa dunia terus mengalami perubahan. Maka dari itu penting bagi kita untuk terus bertumbuh dan berusaha untuk meningkatkan kualitas diri termasuk produk atau layanan bisnis kita. 

Apa pun bisnis yang kamu jalani, hal-hal pasti berubah seiring berjalannya waktu. kamu dapat dengan mudah menjadi buta dan tertinggal dengan menggeser pasar, teknologi baru, atau perubahan lain jika kamu tidak mengikutinya dan ikut berubah. 

Hal-hal ini terjadi sepanjang waktu, karena dunia tampaknya bergerak menuju masa depan yang tidak terlihat melalui kemajuan teknologi dan daya tarik yang meningkat untuk membuat segalanya lebih sederhana dan lebih cepat.

10. Evaluasi

Cara memulai bisnis dari nol hingga sukses yang terakhir yaitu melakukan evaluasi. Sebelum memulai bisnis, kamu perlu mengajukan banyak pertanyaan kepada diri sendiri dan tentunya tentang bisnis kamu. 

Tanyakan pada diri sendiri hal-hal apa yang kamu kuasai? Bisakah kamu menangani penolakan dari pelanggan? Apakah kamu punya pemahaman  tentang angka dan akuntansi? Jika kamu mendapatkan jawaban untuk semua pertanyaan ini maka kamu dapat melanjutkan ke proses selanjutnya.

Juga, evaluasi ide kamu, apakah bisnis kamu memasukkan produk atau layanan baru, dan bahkan meminta pendapat kepada orang lain. Sehingga kamu dapat mengumpulkan banyak informasi yang tidak diketahui tentang bisnis kamu dan menggunakannya untuk mengembangkan ide dan riset pasar kamu.

Kesimpulan

Memulai bisnis dari nol hingga sukses seperti tokoh-tokoh besar bisa dicapai siapa pun, dan kapan pun. Namun, untuk mencapai tujuan kesuksesan tersebut, ada tahap dan proses yang perlu kamu lakukan. Artikel di atas merupakan tips dan cara memulai bisnis yang dapat kamu lakukan, semoga sukses. 

Baca juga: 

Penyebab Kegagalan Pebisnis Pemula, Harus Dihindari

Tips Bisnis Playground

Dampak Positif Menjalankan Bisnis Sesuai Minat Jadi Modal Besar

Bagikan Artikel Ini: