logo happy play indonesia

Lari di Treadmill vs Luar Ruangan, Lebih Sehat Mana?

Lari di Treadmill vs Luar Ruangan, Lebih Sehat Mana

Teknologi membantu manusia dalam menjalankan kegiatannya, termasuk berolahraga. Lalu, jika dibandingkan olahraga lari di treadmill vs lari di luar ruangan, lebih sehat mana? Treadmill adalah salah satu alat fitnes untuk olahraga adalah treadmil, mari kita bahas bersama kelebihan dan kekurangan dari kedua olahraga ini. 

Lari di Treadmill vs Luar Ruangan, Lebih Sehat Mana?
Sumber: webflow.com

Intensitas: Luar Ruangan

Lari di luar ruangan bukan hanya sekadar aktivitas fisik yang menyenangkan, tetapi juga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kesejahteraan Anda. Terlepas dari apakah Anda seorang pelari berpengalaman atau pemula, Anda benar-benar mendapatkan lebih banyak aktivasi otot saat berlari keluar. Itu karena gerakan sabuk treadmill melakukan beberapa pekerjaan yang mendorong Anda maju dengan setiap langkahnya. Selain itu, Anda bisa berisiko lebih besar mengalami cedera di atas treadmill karena gerakannya sangat berulang dan linier. Pada dasarnya, berlari di luar lebih kondusif untuk gaya berjalan alami sekaligus membutuhkan lebih banyak tenaga.

Kenyamanan: Treadmill

Lari di Treadmill vs luar ruangan, lebih sehat mana? Pertanyaan itu sering muncul dan ditanyakan oleh orang-orang, karena adanya pilihan ini Anda bisa mencoba dan mempelajari olahraga keduanya untuk melihat dan merasakan perbandingan mana yang lebih sehat dan nyaman untuk Anda. 

Kenyamanan saat berolahraga adalah hal penting dan utama yang harus Anda perhatikan, karena dimana ada kenyamanan, disitulah olahraga Anda bisa dilakukan secara optimal dan secara tidak langsung Anda menyukai dan tidak terbebani dengan olahraga tersebut. 

Dilihat pengalaman dari kebanyakan orang, mereka merasakan Treadmill unggul dalam hal kenyamanan. Jika Anda memilikinya di rumah, Anda dapat berlari dengan aman kapan saja, siang atau malam. 

Anda dapat mengawasi anak-anak Anda daripada mengatur penitipan anak. Anda dapat menyimpan air di dekat Anda dan menonton TV atau mendengarkan musik. Sedangkan jika berlari di luar, di sisi lain, membutuhkan perencanaan ke depan. Misalnya, Anda dapat menggunakan FlipBelt untuk membawa ponsel dan headphone, botol air, dan keperluan lainnya saat Anda berlari di luar ruangan. 

Baca juga: Tips Merancang Area Fitnes Luar Ruangan – Happy Play

Biaya: Luar Ruangan

Berlari di luar ruangan gratis tidak perlu biaya, yang menjadikannya pemenang yang jelas dalam kategori ini. Anda dapat keluar kapan saja Anda mau tanpa harus membayar sepeser pun. Sedangkan olahraga lari di treadmill, di sisi lain, adalah investasi yang relatif mahal.

Mereka yang tidak mampu membeli treadmill atau tidak memiliki ruang untuk treadmill harus mendapatkan akses melalui gym atau dengan kata lain membayar keanggotaan kelas gym, yang memerlukan biaya bulanan dan tidak menjamin mesin akan selalu tersedia saat Anda membutuhkannya.

Kontrol: Treadmill

Lari di treadmill vs luar ruangan, perbedaan yang cukup  terlihat adalah jika menggunakan treadmill Anda bisa mengontrolnya sendiri. Jauh lebih mudah untuk membuat pengaturan yang terkontrol saat Anda menggunakan treadmill. Jika Anda akan berlari di perbukitan. Misalnya, Anda dapat menggunakan treadmill untuk mensimulasikan kondisi tersebut (yang sangat membantu jika Anda tidak memiliki bukit untuk berlari di dekat rumah Anda).

Anda juga dapat mengontrol kecepatan dan melacak jarak tempuh Anda dengan mudah. Memang mungkin untuk melakukan hal-hal itu saat berlari di luar ruangan, tetapi itu akan membutuhkan lebih banyak usaha dan perencanaan dari pihak Anda. Menggunakan Sabuk Lari Resleting FlipBelt memastikan bahwa Anda dapat menyimpan barang-barang penting di dekat Anda

Apakah bisa treadmill di luar ruangan? - Happy Play Indonesia
Sumber: www.tgogc.com

Lingkungan dan Cuaca: Tergantung

Lari di treadmill vs luar ruangan, lebih sehat mana? Keduanya memiliki kelebihan, dan salah satunya tergantung dengan lingkungan dan cuaca. Jika ditanya mana yang lebih baik, hal itu bisa dijawab dari hasil penelitian. Ternyata, telah ditemukan fakta bahwa olahraga di luar ruangan menawarkan manfaat bagi kesehatan mental Anda. Dikelilingi oleh lingkungan alami membantu mengurangi ketegangan dan depresi serta dapat membuat Anda merasa lebih berenergi dan segar kembali setelah berolahraga. 

Namun, kondisi seperti jalan licin, panas ekstrem, atau badai besar dapat membahayakan Anda saat berlari keluar. Saat gelap, penting juga untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra dengan mengenakan alat untuk keamanan tambahan. Treadmill, di sisi lain, memungkinkan untuk tetap berpegang pada rutinitas lari Anda atau berolahraga bahkan ketika cuaca di luar tidak mendukung.  

Treadmill dan berlari di luar ruangan masing-masing memiliki pro dan kontra. Berlari di luar lebih baik untuk kebugaran dan aktivasi otot Anda, tetapi treadmill bisa menjadi alternatif yang bagus saat tidak nyaman atau aman. Dan sementara treadmill sangat bagus untuk persiapan balapan dan kontrol kecepatan, yang terbaik adalah menggabungkan beberapa lari di luar ruangan dalam pelatihan Anda juga untuk mendapatkan manfaat dari keduanya.

Mau Treadmill di Luar Ruangan?

Setelah membaca artikel di atas, sudahkah Anda memutuskan mau berolahraga di treadmil atau olahraga di luar ruangan? Dari pada bingung, ada solusi lain. Ternyata alat fitnes treadmill bisa di tempatkan di luar ruangan juga!. Penasaran seperti apa? Lihat produk di sini dan klik banner di bawah untuk konsultasi mengenai produk alat fitness outdoor dari Happy Play Indonesia

Baca juga: Manfaat Outdoor Fitness untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

Bagikan Artikel Ini: