logo happy play indonesia

Olahraga Indoor dan Outdoor, Lebih Sehat Mana?

Olahraga Indoor dan Outdoor, Lebih Sehat Mana

Semua olahraga memang menyehatkan bagi tubuh, tapi diantara dua jenis olahraga indoor dan olahraga outdoor, lebih sehat mana? Pada artikel ini akan kita bahas bersama. Tentu, melihat pertanyaan tadi membuat kita kembali melihat, bahwa salah satu cara menciptakan tubuh yang sehat adalah dengan berolahraga. 

Namun dengan adanya kemajuan jaman dan teknologi telah membuat manusia semakin mudah untuk berolahraga dan bisa memilih. Karena, olahraga dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, baik menggunakan alat ataupun tanpa menggunakan alat. Saat ini banyak pusat-pusat kebugaran yang dibangun dengan berbagai fasilitas yang semakin memudahkan orang untuk berolahraga.

Baca juga: Manfaat Olahraga Untuk Anak Hingga Remaja – Happy Play

Olahraga Indoor dan Outdoor, Lebih Sehat Mana? Liat Kelebihan dan Kekurangan Olahraga Indoor
Sumber: dorangadget.com

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga Indoor

Tapi tahukah Anda, bahwa tempat-tempat olahraga yang kini banyak berdiri baik indoor maupun outdoor ternyata memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, diantaranya. 

1. Lingkungan Terkendali

Olahraga indoor atau olahraga dalam ruangan memiliki kelebihan dan kekurangan. Karena di dalam ruangan, artinya kondisi lingkungan terkendali, pengguna tidak akan merasakan panas yang terik atau debu yang terbawa angin. Karena di dalam ruangan pengguna akan merasa adem, beberapa diantaranya dilengkapi dengan kipas angin atau pendingin lain seperti AC, jadi udara pun bersih tidak seperti saat olahraga di luar ruangan. 

2. Fasilitas Lengkap

Dalam ruang olahraga, Anda akan menemukan fasilitas lengkap yang mendukung semua kegiatan olahraga Anda. Selain alat fitnes atau gym, Anda akan membutuhkan ruang ganti atau ruang bilas seperti sauna, shower bahkan spa. Inilah kelebihan olahraga indoor dibanding olahraga outdoor, karena punya fasilitas yang lengkap.      

3. Adanya Instruktur

Olahraga indoor vs olahraga outdoor yang paling menonjol adalah olahraga indoor memungkinkan adanya instruktur atau trainer. Bagi Anda seorang pemula yang baru ingin belajar olahraga, Anda bisa mencoba olahraga indoor dengan trainer. 

Instruktur pribadi dapat membantu Anda memutuskan bagaimana memulai dan seberapa banyak latihan yang dapat Anda tangani pada awalnya. Karena trainer akan merancang rencana pelatihan khusus berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dan mengaturnya sesuai jadwal, hal ini dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi bugar hingga lebih dari 30 persen. 

4. Biaya Cukup Mahal

Karena fasilitas yang lengkap, nyaman, ada instruktur, harga yang dibandrol untuk setiap kelas olahraga indoor cukup mahal berkisar 200-500 ribu per bulan tergantung tempat dan kelas mana yang Anda pilih. 

Biaya cukup mahal dalam olahraga indoor merupakan hal yang wajar, karena untuk mengumpulkan alat olahraga diperlukan dana yang cukup besar, belum lagi perawatan dan harga pendidikan kelas olahraga yang akan diajarkan oleh instruktur profesional. 

Baca juga: Manfaat Alat Fitnes Air Walker dan Tips Latihannya

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga Outdoor
Sumber: www.freshairfitness.co.uk

Kelebihan dan Kekurangan Olahraga Outdoor

Jika tadi sudah dibahas kelebihan dan kekurangan olahraga di indoor, kini akan dibahas apa saja kelebihan dan kekurangan olahraga outdoor, simak selengkapnya. 

1. Meningkatkan Kualitas Mental

Olahraga indoor vs outdoor yang membedakan adalah dari kualitas mental. Dibandingkan dengan olahraga di dalam ruangan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa berolahraga di “lingkungan alami” dikaitkan dengan “perasaan revitalisasi dan keterlibatan positif yang lebih besar, penurunan ketegangan, kebingungan, kemarahan dan depresi” dan lebih banyak energi.

Orang-orang dalam penelitian yang berolahraga di luar merasa lebih bahagia, lebih puas dan ingin mengulangi aktivitas tersebut di kemudian hari. Studi kecil lainnya menunjukkan penurunan kadar kortisol, hormon pemicu stres, setelah berolahraga di luar dibandingkan dengan di dalam.   

2. Latihan Lebih Maksimal

Kelebihan olahraga outdoor yang kedua adalah, Anda bisa latihan lebih maksimal dibanding olahraga indoor, karena olahraga dalam ruangan biasanya dibatasi waktu tergantung dengan kelas atau paket mana yang Anda pilih. 

Olahraga outdoor berarti Anda berada di luar ruangan, itu memungkinkan Anda merasakan iklim di luar ruangan, baik cuaca terik atau teduh Anda bisa merasakannya sendiri, kondisi ini memungkinkan Anda merasakan udara alami dari alam langsung, bukan dari pendingin udara. 

3. Mendapatkan Asupan Vit D

Jika ditanya lebih sehat mana antara olahraga indoor atau olahraga outdoor, mungkin Anda sendiri yang bisa menilai dan merasakannya secara langsung. Secara sederhananya, olahraga di luar ruangan berarti membuat Anda terkena paparan sinar matahari, yang memberi Anda vitamin D. 

Vitamin D ini sangat bermanfaat bagi manusia, karena tubuh kita membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium untuk pertumbuhan tulang yang kuat, membantu penyerapan kalsium dan fosfor, mendorong pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi, menjaga kesehatan otot, meningkatkan mood dan mencegah depresi, menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem saraf. 

4. Gratis

Salah satu manfaat olahraga di luar ruangan adalah kemampuan untuk keluar dari rumah dan pergi! Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak dan daftar keanggotaan untuk sekedar olahraga seperti berjalan, berlari, bersepeda, atau melakukan aktivitas lain di luar. Olahraga di outdoor gratis tanpa dipungut biaya, Anda bisa kapan saja berolahraga tanpa perlu instruktur. Bahkan di beberapa tempat seperti taman kota saat ini sudah terdapat beragam alat fitnes outdoor yang bisa digunakan secara gratis.

5. Cuaca yang Tidak Menentu

Sayangnya, saat memilih olahraga outdoor itu artinya Anda mengikuti kehendak alam, saat Anda berolahraga di luar bisa saja terjadi hujan maupun angin kencang – Anda tidak dapat mengendalikan semua itu. Jika berolahraga di luar adalah tujuan Anda, Anda harus siap menghadapi segala jenis cuaca. 

Ini juga berarti bahwa tinggal di kota atau daerah berpenduduk padat akan membuat Anda terpapar polutan udara dan kemungkinan alergen. Anda juga bisa berbangga, ada banyak penelitian dan fakta yang mengklaim bahwa berolahraga di luar lebih baik dan lebih sehat, tetapi Anda harus memperhatikan jumlah olahraga yang tepat.

Membutuhkan Alat Fitnes Outdoor? Pesan di Happy Play Indonesia

Membutuhkan Alat Fitnes Outdoor?

Untuk menjaga kesehatan saat berolahraga di luar ruangan, jangan berolahraga di luar saat cuaca terlalu panas atau hujan karena tidak sehat tetapi akan menimbulkan gangguan kesehatan. Hindari aktivitas fisik yang terlalu berat atau membahayakan keselamatan Anda, serta persiapkan kebutuhan dan perlengkapan Anda untuk aktivitas di luar ruangan.

Bagi Anda yang ingin membuat taman olahraga di dalam atau di luar ruangan secara pribadi atau keperluan bisnis alat fitness, beli di Happy Play Indonesia bisa menjadi ide menarik. Kami menyediakan produk alat fitnes indoor dan outdoor, jasa pemasangan hingga jasa perawatan untuk keperluan Anda dengan harga yang terjangkau, fasilitas lengkap dan nyaman Anda tidak akan kecewa. Klik banner di bawah untuk konsultasi dan dapatkan penawaran harga terbaik Anda.  

Bagikan Artikel Ini: