logo happy play indonesia

6 Permainan Angka untuk Anak PAUD yang Asyik

Ada 6 permainan anak PAUD yang dapat dijadikan media untuk mengenalkan dan mengajarkan angka pada anak. Melalui permainan angka yang asyik, secara otomatis dapat memberikan stimulus dan rangsangan kepada anak untuk mengembangkan kemampuan mengenal angka dengan baik dan optimal, termasuk pada pengembangan kognitifnya. 

Kemampuan kognitif anak dapat meningkat dengan pengembangan berhitung. Pada proses ini anak mulai berpikir atau memproses serta mengolah informasi, seperti pengetahuan umum, sains, konsep bentuk, warna, ukuran, pola, konsep dan lambang bilangan. Anda dapat melatih kemampuan ini lewat beberapa permainan. Berikut 6 permainan angka untuk anak PAUD yang asyik. 

Cara Seru Mengenalkan Angka Pada Anak

Menyanyikan lagu tentang angka
Sumber: kakadikitana.files.wordpress.com

1. Menyanyikan lagu tentang angka

Melatih kemampuan berhitung dan mengenal angka dapat Anda lakukan lewat lagu. Terlepas dari suara yang merdu atau tidak, faktanya hampir semua orang suka menyanyi, baik anak kecil maupun orang dewasa.

Cara seru untuk mengenalkan angka kepada anak yang dapat Anda lakukan adalah dengan bernyanyi lagu tentang angka, misalnya lagu balon ku terdapat lirik lagu ‘Balon ku ada 5, rupa-rupa warnanya’, salah satu lirik ini mengenalkan angka jumlah balonnya ada lima. 

Menggunakan benda mengajarkan anak
Sumber: grid.id

2. Menggunakan benda

Mengajarkan angka kepada anak PAUD dapat dilakukan sambil bermain menggunakan benda-benda sederhana. Salah satu permainan yang asyik yaitu permainan lego. 

Lego merupakan permainan bongkah plastik kecil yang terkenal hampir di seluruh dunia, dengan potongan lego Anda dan anak dapat membentuk berbagai benda sesuai keinginan, misalnya menyusun lego seperti angka-angka. 

Baca juga: Permainan Anak SD yang Mendidik dan Menunjang Belajar

Anak paud mengelompokkan dalam kotak
Sumber: detik.com

3. Mengelompokkan dalam kotak

Memanfaatkan benda sekitar sebagai media permainan angka dapat Anda coba. Benda-benda yang ada di dalam sekolah PAUD juga bisa Anda jadikan sebagai sarana belajar angka bagi sang anak. Untuk bisa belajar angka dengan metode ini, maka Anda terlebih dahulu harus bisa

memasukkan benda ke dalam wadah, lalu mengelompokkan benda tadi misalnya sesuai dengan warna, besar atau beratnya benda, kemudian dihitung ada berapa jumlah benda-benda tadi.  

Baca juga: Inilah 8 Jenis Mainan Edukasi Anak PAUD yang Kaya Manfaat

Memasak bersama
Sumber: kompasiana.com

4. Memasak bersama

Siapa sangka memasak merupakan salah satu media belajar yang dapat dilakukan sambil bermain, untuk mengajarkan anak tentang angka. Saat memasak, akan ada proses dari mulai menyediakan bahan, membuat adonan sampai memasaknya ke dalam panggangan atau media lainnya. 

Waktu memasak ini menjadi materi pembelajaran yang dapat Anda berikan kepada anak PAUD, misalnya  tentang cara menghitung waktu dalam suatu kegiatan. siswa juga menghitung lama kegiatan, dari memulai memasak sampai selesai memasak. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memasak tersebut. Kemudian, ajak siswa untuk mengubah satuan waktu yang telah mereka dapatkan menjadi satuan menit dan detik.

Belajar menggambar
Sumber: sehatq.com

5. Belajar menggambar

Jika anak tidak suka dengan matematika namun suka mewarnai, ajaklah anak belajar mengenal angka sambil menggambar. Anda bisa menggunakan gambar yang menarik dan ditulis dengan angka, kemudian ajarkan si kecil untuk mengenal angka.

Anak paud TK memancing ikan kertas
Sumber: i.ytimg.com

6. Memancing ikan kertas

Bermain permainan angka seperti memancing ikan kertas dapat menjadi media lain untuk mengajarkan anak dengan angka. Permainan ikan kertas merupakan permainan edukatif menyenangkan yang dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, khususnya berkaitan tentang pemahaman konsep bilangan anak usia 4-5 tahun.

Cara membuat mainan memancing ikan kertas cukup mudah, Anda bisa membuat sendiri kolam-kolaman kecil dari kotak bekas sepatu yang berisi potongan kertas berwarna biru, beberapa ekor ikan, dan alat pancingnya. 

Buat gambar bentuk ikan di atas kertas karton atau lembaran busa warna-warni, lantas gunting. Tulis angka 1 sampai 6 di setiap badan ikan, dan selipkan klip kertas. Taruh ikan-ikan tersebut di “kolam” buatan Anda. Siapkan alat pancing yang terbuat dari seutas tali yang satu ujungnya diikatkan pada sebuah tusuk satai, dan ujung yang lain pada magnet kecil.

Ada banyak metode pembelajaran yang dapat Anda coba untuk mengenalkan dan mengajarkan angka, selain lewat musik ada beberapa permainan sederhana yang memanfaatkan benda-benda di sekitar Anda. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga:

Cara Merancang Taman Bermain Balita dan PAUD yang Sempurna

Permainan Anak TK Edukatif & Bisa Dilakukan Dirumah

Bagikan Artikel Ini: