logo happy play indonesia

Cara Membuat Rencana Pemeliharaan Playground Agar Maksimal

Cara Membuat Rencana Pemeliharaan Playground Agar Maksimal

Rencana pemeliharaan playground agar maksimal adalah cara terbaik bagi Anda untuk menyiapkan taman bermain yang aman dan menyenangkan bagi anak-anak. Banyak manfaatnya melakukan perawatan playground, diantaranya dapat mencegah cedera, membatasi tanggung jawab, dan memperpanjang umur peralatan taman bermain Anda. 

Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang membuat jadwal pemeliharaan dan menjaga taman bermain Anda dalam kondisi prima. Selanjutnya kami akan membahas bagaimana cara membuat rencana pemeliharaan playground agar maksimal, simak selengkapnya. 

Mengapa Membutuhkan Rencana Pemeliharaan Playground?
Sumber: freepik.com

Mengapa Membutuhkan Rencana Pemeliharaan Playground?

Banyak pengelola taman bermain tidak melihat perlunya rencana pemeliharaan berkelanjutan, dengan pertimbangan hal itu mereka pikir akan menghemat waktu dan uang mereka. Padahal sebaliknya, inspeksi rutin dan pemeliharaan preventif tidak akan menghabiskan uang mereka, justru akan menghemat uang sekaligus membuat anak-anak bermain lebih aman dari waktu ke waktu.

Inspeksi dan pemeliharaan yang tepat akan membantu membatasi tanggung jawab Anda jika terjadi cedera atau kecelakaan. Dan, menjaga taman bermain Anda dalam kondisi yang baik akan memperpanjang umurnya dan membantu Anda menghindari perbaikan besar yang tidak terduga yang dapat merusak anggaran Anda.

Langkah Membuat Rencana Perawatan Playground
Sumber: freepik.com

Langkah Membuat Rencana Perawatan Playground

Jika Anda lama tidak melakukan perawatan di taman bermain Anda, gagasan untuk membuat jadwal perawatan mungkin akan menakutkan. Ikuti enam langkah sederhana ini untuk mengetahui cara membuat rencana pemeliharan playground dan dapatkan taman bermain Anda dalam bentuk terbaik. 

1. Pastikan Anggaran

Cara membuat rencana maintenance playground yang pertama, yaitu memahami anggaran yang Anda miliki. Apakah Anda memiliki dan mengelola taman bermain sendiri atau perlu check-in dengan tim, mencari tahu berapa banyak yang dapat Anda belanjakan untuk perawatan playground Anda. 

2. Susun Tim Terbaik dan Buat Jadwal Rutin Perawatan

Tips membuat rencana maintenance taman bermain kedua, yaitu mulailah menyusun tim Anda. Jika Anda memiliki tim pemeliharaan atau taman dan rekreasi yang Anda inginkan. Jika individu yang memelihara taman adalah tim Anda, Anda dapat dengan mudah memahami kekuatan masing-masing individu dan di mana mereka dapat membantu. 

Namun, jika Anda adalah mencari tim untuk melakukan pemeliharaan playground, pilihlah perusahaan yang terpercaya dan berpengalaman dibidang playground seperti Happy Play Indonesia. Ini akan jadi cara paling strategis untuk membantu memelihara taman bermain Anda.

Selanjutnya lakukan jadwal rutin perawatan playground yang akan dilakukan oleh tim terbaik untuk menjaga playground atau taman bermain agar tetap terawat. 

3. Rencanakan untuk Hal yang Tidak Terduga

Meski perencanaan strategis sudah dibuat, terkadang ada hal yang terlewat dan hal diluar kontrol diri kita terjadi, bisa saja playground yang sudah dicek tiba-tiba mengalami masalah. Maka dari itu, buatlah rencana untuk hal yang tidak terduga, seperti maintenance taman bermain. 

Bagian terpenting dalam membuat rencana pemeliharaan taman bermain adalah menetapkan jadwal agar Anda tetap pada jalurnya. Jadwal ini harus berisi perkiraan atau tanggal pasti untuk:

Inspeksi taman bermain Pembersihan dan sanitasi perbaikan dan pemeliharaan perbaikan permukaan taman bermain (untuk permukaan yang menyatu) atau isi ulang (untuk permukaan yang lepas).

Saat ingin menetapkan tangga pemeliharaan playground, cari informasi pendukung agar semua orang memiliki pemahaman yang sama tentang tugas yang harus diselesaikan seperti; tanggal dan waktu setiap tugas pemeliharaan yang akan dilakukan (pertimbangkan waktu ketika taman bermain akan kosong untuk menghindari penutupan), Siapa yang bertanggung jawab atas tugas Anggaran (waktu, tenaga kerja dan/atau material) yang dialokasikan.

Jadwal ini akan berfungsi sebagai rencana pemeliharaan taman bermain utama Anda untuk menjaga peralatan Anda tetap aman dan bersih untuk anak-anak saat bermain, jadi luangkan waktu Anda dan lakukan selengkap mungkin.

4. Dokumentasikan Semua Hal

Cuaca buruk seringkali tidak dapat diprediksi, terkadang panas dan hujan lebat. Hal ini lama-kelamaan bisa mempengaruhi taman bermain di seluruh negeri dan sering menyebabkan penutupan sambil menunggu pemeriksaan atau perbaikan. Cara terbaik untuk menghindari penutupan taman bermain Anda adalah merencanakan keadaan tak terduga ini sebaik mungkin.

Misalnya, jika Anda mengelola taman bermain di dekat rumah Anda, rencanakan inspeksi taman bermain dua kali lebih banyak selama musim angin topan, dokumentasikan semua hal agar jadi pertimbangan bersama jika terjadi kerusakan. 

Lalu, sisakan ruang dalam anggaran Anda untuk perbaikan terkait apa pun. Meskipun cuaca buruk tidak dapat diprediksi, mengambil beberapa langkah ekstra untuk bersiap menghadapi yang terburuk akan mencegah penutupan taman bermain yang diperpanjang dan mencegah Anda melanggar anggaran.

5. Percayakan Pada Ahlinya

Jika Anda kewalahan dengan salah satu tugas dalam rencana pemeliharaan taman bermain Anda, inspektur bersertifikat kami siap membantu. Apakah Anda memerlukan bantuan untuk maintenance playground, perbaikan sparepart playground, pembersihan area taman bermain, dan lainnya. 

Happy Play Indonesia akan memecahkan masalah Anda dengan cepat dan tepat. Tim terbaik kami akan membantu Anda memanfaatkan keahlian inspektur bersertifikat dengan biaya yang terjangkau dan hasil yang memukau.  Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Inilah Tanda Playground Harus Maintenance

Program Maintenance Playground Happy Play Indonesia

Bagikan Artikel Ini: