logo happy play indonesia

Cara Mencegah Korosi Pada Playground – Happy Play

Cara Mencegah Korosi Pada Playground - Happy Play

Jika Anda memiliki playground, Anda perlu lebih memperhatikan bahan yang digunakan saat memilih peralatan taman bermain Anda, jangan sampai terjadi korosi. Artikel ini akan membahas bagaimana cara mencegah korosi pada playground untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan bermain. Dapatkan informasi selengkapnya dan baca sampai akhir.

Apa Itu Korosi dan Bagaimana Cara Mencegah Korosi Pada Playground ?
Sumber: freepik.com

Apa itu Korosi?

Sebelum membahas bagaimana cara mencegah korosi pada playground, tahukah Anda apa itu korosi? Korosi menggambarkan kerusakan material (terutama logam dan paduan logamnya) atau sifat-sifatnya karena interaksinya dengan lingkungan seperti oksigen, arus listrik, hidrogen, hingga kondisi lembab juga mempengaruhi terjadinya korosi. Ada juga pengertian lain bahwa karat adalah penghancuran logam oleh zat penyebab karat.

Korosi memiliki dampak buruk, bisa menyebabkan kerugian akibat hilangnya material konstruksi, pencemaran lingkungan termasuk pada keselamatan bermain. Jika tidak dikelola dengan benar, korosi akan menimbulkan masalah yang serius. Pada artikel ini kami berharap dapat membantu Anda dengan beberapa cara untuk meminimalkan kemungkinan korosi.

Tips ini lebih dari sekadar pemilihan material dan memastikan kualitas produk untuk bertahan di lingkungan yang sulit. Anda juga perlu memikirkan cara berkelanjutan untuk mengelola risiko. Beberapa keuntungan terbesar dari menghindari korosi di taman bermain adalah keamanan untuk anak-anak, peningkatan umur dan pengurangan waktu tunggu. Ini adalah topik yang tidak boleh diabaikan.

Baca juga: Detail Material Playground – Happy Play Indonesia

cara mencegah korosi pada playground
Sumber: Dok. Happy Play Indonesia

Cara Mencegah Korosi Pada Playground

Happy Play Indonesia telah mengerjakan lebih dari 3950(+) project playground hampir di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke, kami paham betul bagaimana membuat playground yang baik dan nyaman bagi anak, termasuk dalam melakukan maintenance untuk mencegah korosi pada playground. Berikut cara mencegah korosi pada playground Anda. 

1. Pengecatan

Tips mencegah korosi pertama adalah dengan melakukan pengecatan. Pernis atau cat mampu melindungi besi dari kontak dengan air dan udara. Beberapa jenis cat yang mengandung timbal dan seng melindungi besi dengan lebih baik. Pastikan proses pengecatan dilakukan dengan sempurna agar tidak ada bagian yang tidak tertutup oleh cat. Besi yang dicat juga akan terkorosi jika bagian yang tidak dicat mulai terkorosi. 

2. Melapisi Logam dengan Krom

Cara pencegahan korosi pada playground selanjutnya yaitu dengan melapisi logam dengan  Chromium (Cr) atau krom. Bahan chromium membentuk lapisan pelindung pada logam melalui proses elektrolisis untuk memberikan tampilan mengkilap pada logam berlapis krom. Krom tetap dapat menawarkan perblindungan meskipun lapisan kromnya rusak. Krom sering digunakan pada mobil, misalnya bemper atau pelek mobil. 

3. Powder Coating

Melapisi besi playground dengan powder coating merupakan salah satu tips mencegah korosi. Lapisan bubuk atau powder coating adalah lapisan bubuk anti karat termoplastik dengan ketahanan asam dan alkali yang lebih baik dan mencegah degradasi UV. Pelapis bubuk tidak mengeluarkan pelarut dan mudah dipulihkan, menjadikannya ramah lingkungan dan berguna dalam pengendalian polusi. 

Cat bubuk anti karat tidak memerlukan primer bahkan dengan bahan galvanis, mudah diproses, dan melekat dengan baik. Oleh karena itu, lapisan ini menunjukkan kinerja anti-korosi yang sangat baik di area yang rusak akibat garam dan berbagai lingkungan korosif.

4. Pemeliharaan

Korosi playground terjadi akibat seringnya terpapar dengan zat dilingkungannya, termasuk hujan dan sinar matahari yang menyorot playground siang hari. Sebagai bentuk pencegahan, lakukanlah pemeliharaan pada playground dengan menggunakan air dan kain lap secara teratur untuk menghilangkan garam atau bahan abrasif yang dapat merusak cat.

Playground umumnya diletakkan di sekitar taman bermain, beberapa juga ada yang di daerah pantai. Sayangnya percikan air asin ini dapat meningkatkan kemungkinan korosi, dan di daerah di mana hujan jarang terjadi dan puing-puing dapat menumpuk, frekuensi pencucian peralatan mungkin perlu ditingkatkan. 

Ini adalah penyebab karat atau korosi dan ada beberapa cara untuk mencegahnya. Tentu Anda tidak ingin karat pada benda-benda logam di sekitar Anda. Bersama Happy Play Indonesia playground Anda bebas karat. 

Baca juga: Program Maintenance Playground Happy Play Indonesia

Bersama Kami Playground Bebas Karat

Playground Happy Play Indonesia telah teruji dan berbahan dasar material yang kuat dan kokoh, kami memilih besi galvanish untuk mendukung keamanan, kenyamanan dan ketahanan playground dari segala kondisi, terutama outdoor playground yang sering ditempatkan di luar ruangan. 

Bersama kami playground Anda bebas karat dan terjamin kualitasnya, kami juga menyediakan jasa maintenance playground untuk peremajaan playground Anda tetap prima, apabila ada kerusakan dan butuh penggantian sparepart kami menyediakan peralatan sparepart kebutuhan Anda. 

Klik banner di bawah untuk GRATIS konsultasi dan dapatkan penawaran menarik. Ayo wujudkan playground yang aman dan nyaman untuk bermain. 

Baca juga:

Cara Membuat Perencanaan Pemeliharaan Playground

Tips Merawat Playground yang Mudah

Bagikan Artikel Ini: