logo happy play indonesia

Cara Menghitung Anggaran Pembuatan Playground – Happy Play

Cara Menghitung Anggaran Pembuatan Playground

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan

Banyak faktor yang mempengaruhi desain taman bermain, tetapi yang paling penting adalah mengetahui cara menghitung anggaran pembuatan playground, dengan melihat aspek seperti gaya dan fitur taman bermain, persiapan lokasi, permukaan bawah, ukuran sekolah Anda, kelompok usia dan kebutuhan pengguna siswa, persyaratan naungan, dan fitur lanskap.

Cara Menghitung Anggaran Pembuatan Playground - Happy Play

1. Ukuran Taman Bermain

Cara menghitung anggaran pembuatan playground yang pertama adalah dengan melihat ukuran taman bermain. Ukuran taman bermain ditentukan berdasarkan ukuran taman atau sekolah Anda dan jumlah pengunjung untuk menghindari kepadatan. Jika Anda memiliki ruang terbatas, Anda dan kontraktor playground Anda harus memikirkan dengan hati-hati tentang cara memaksimalkan kesempatan bermain dengan luas wilayah saat ini.

Kami merekomendasikan untuk memanfaatkan ruang vertikal jika halaman taman atau sekolah padat, tak lupa untuk memperhatikan pemilihan peralatan taman bermain itu sendiri, untuk memastikan bahwa Anda mencakup berbagai pengalaman bermain.

Terakhir, penting agar taman bermain Anda untuk menghitung perkiraan dimana letak zona jatuh atau area benturan, tentu zona ini harus ditutupi oleh permukaan yang meredam benturan seperti rubber flooring atau evamats agar anak aman dan nyaman saat bermain.

Fitur dan Macam Permainan dan tentukan harga playground

2. Fitur dan Macam Permainan

Fitur khusus dan peralatan bertema dapat mempengaruhi biaya taman bermain. Elemen khusus, seperti landai, jembatan, panel atau material khusus dapat menambah anggaran. Namun, dengan fitur tersebut Anda juga mendapatkan taman bermain yang jauh lebih menarik, menciptakan tampilan yang jauh lebih lengkap.

Kehadiran fitur dan macam permainan akan menambah budget pengeluaran, Anda perlu mencari cara menghitung anggaran pembuatan playground agar budget tidak membludak terlalu banyak, dan akan memberatkan Anda di kemudian hari. 

Baca juga: Macam-Macam Permainan Playground

3. Usia

Perhatikan usia anak dan tentukan harga playground Anda
Sumber: freepik.com

Saat mendesain taman bermain sekolah, berpikir seperti anak kecil itu bermanfaat. Peralatan apa yang paling disukai siswa Anda? Haruskah taman bermain Anda sesuai dengan rentang usia terbatas atau melayani semua pengunjung dari berbagai usia dan berat tubuh yang beragam?

Membangun profil pengguna taman bermain, berdasarkan usia, preferensi, dan kebutuhan khusus mereka akan membantu Anda merumuskan desain taman bermain yang sesuai usia dan kemampuan agar maksimal. Ukuran playground yang menyesuaikan karakter anak, akan memengaruhi keuangan Anda, maka dari itu hitung anggaran pembuatan playground dengan teliti. 

Happy Play Indonesia percaya bahwa taman bermain inklusif menambah nilai bagi instansi, bisnis, komunitas, dan sekolah. Inklusivitas dapat diatasi dengan menggabungkan fitur desain yang dipilih dengan cermat dan peralatan bermain universal – seringkali tanpa investasi tambahan. 

Baca juga: Di Usia Berapa Anak Sudah Bisa Diajak Bermain Playground?

Persiapan Area taman bermain Anda
sumber: Dok. Happy Play Indonesia

4. Persiapan Area

Jika wahana permainan yang disarankan untuk taman bermain Anda tidak rata atau perlu dibersihkan pesan program maintenance playground dari Happy Play Indonesia, playground Anda akan kami sulap jadi mengkilap, dan terbebas dari kotoran. Happy Play Indonesia hadir sebagai perusahaan  One Stop Service yang menyediakan berbagai kebutuhan wahana permainan anak.

Fokus utama dalam proses pembuatan playground yaitu persiapan area. Area pemasangan playground harus sesuai standar, aman dari batu dan alat berbahaya. Setelah area steril, tim kontraktor playground akan melakukan pemasangan playground untuk taman bermain anak. Persiapan lokasi akan memakan waktu dan keuangan Anda, siapkan dan hitung anggaran pembuatan playground Anda dengan baik. 

Desain playgrounf happy play indonesia
Sumber: Dok Happy Play Indonesia

5. Permukaan Playground

Saat memilih permukaan, ada baiknya membandingkan biaya awal dengan biaya pemeliharaan yang sedang berlangsung. Permukaan lantai karet atau rubber flooring, misalnya, membutuhkan lebih banyak investasi di muka tetapi perawatannya jauh lebih sedikit daripada alternatifnya. 

Baca juga: 4 Manfaat Menggunakan Rubber Floor Pada Playground

Butuh Bantuan Menghitung Anggaran dan Merencanakan Playground?

Pembangunan playground mungkin masih terdengar asing dan belum banyak orang ketahui tahap apa saja yang mesti dilalui, bagaimana cara menghitung anggaran playground? Dan di mana memesan playground?. Jangan khawatir, semua bisa diatasi hanya dengan menghubungi tim konsultan Happy Play Indonesia. 

Kami akan bantu mempersiapkan rancangan playground Anda diberbagai fasilitas, seperti playground untuk fasilitas sekolah, fasilitas perumahan, fasilitas hotel, fasilitas rumah sakit hingga playground sebagai fasilitas di pusat perbelanjaan. 

Konsultasikan kebutuhan playground mu sekarang dan klik banner di bawah untuk GRATIS konsultasi!. 

Baca juga: 

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Hal Penting Dalam Pembuatan Rubber Floor, Siapkan Semuanya

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground

Produk Terkait