logo happy play indonesia

Ini Alasan Playground Penting untuk di Rumah

Ini Alasan Playground Penting untuk di Rumah

Salah satu alasan playground penting untuk di rumah adalah agar mendukung perkembangan anak. Taman bermain yang dilengkapi berbagai jenis permainan sering disebut juga dengan playground. Playground merupakan tempat bermain anak yang menyenangkan, yang memberikan ruang bermain bagi anak artinya Anda mendukung perkembangan si kecil, hingga membantu kekompakkan si kecil dengan keluarga dan lingkungannya. Yuk pahami alasan playground penting untuk di rumah buat anak bahagia!.  

Ini Alasan Playground Penting untuk di Rumah
Sumber: freepik.com

Kenapa Playground Penting?

Membaca judul artikel ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya, mengapa playground penting untuk anak dan apa saja alasan indoor playground penting dibuat di rumah?. Ya, memang informasi mengenai permainan dan hubungannya dengan anak belum sepenuhnya diketahui orang banyak. Diharapkan dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda menemukan sudut pandang lain tentang plaground dan kebahagiaan anak. 

Alasan Playground Penting untuk di Rumah

Secara umum, kita tahu bahwa anak sangat menyukai bermain, dari sudut pandang dokter pun begitu mengatakan bahwa sifat naluriah manusia khususnya anak adalah bermain. Bermain adalah kebahagiaan bagi anak-anak untuk menunjukkan perasaannya selain itu dengan bermain juga mampu membantu anak meningkatkan kemampuan sosial dan adaptasi si kecil. 

Dengan bermain di playground baik indoor playground ataupun outdoor playground bisa membantu perkembangan anak dari sisi psikologis maupun fisik. Dari bermain, sesungguhnya anak-anak juga memproses dalam pikiran dan penglihatannya, mereka belajar dan bertumbuh dari apa yang dilihat dan dilakukannya. Membuat playground di rumah adalah solusi tepat membantu mengembangkan tubuh dan kemampuan anak

alasan penting buat playground di rumah adalah buat anak betah di rumah
Sumber: republika.co.id

1. Membuat anak betah di rumah

Anak-anak yang tidak punya ruang bermain tentu akan merasakan kebosanan, mereka hanya bisa bermain permainan seadanya yang dimiliki. Kebosanan itu membuat anak ingin pergi dan mencari permainan baru. Nah! Jika Anda merasakan hal yang sama pada anak kecil, buatlah playground di rumah supaya anak betah di rumah. 

2. Meningkatkan quality time orang tua dan anak

Bermain di rumah merupakan pilihan yang bagus untuk Anda yang ingin melakukan serta meningkatkan kualitas waktu bersama anak tersayang. Alasan playground penting untuk di rumah adalah agar Anda tidak perlu mengeluarkan budget tambahan untuk bermain keluar, hingga melewatkan waktu berharga karena lamanya dalam perjalanan menuju taman bermain. 

Di zaman ini, dengan padatnya aktivitas, membuat orang tua jadi kekurangan waktu bersama anak, mari luangkan waktu, jangan sampai anak kehilangan figur orang tua. Jadi, bermain playground penting untuk meningkatkan kualitas diskusi, dan ikatan emosional yang baik antara orang tua dan anak. 

Alasan playground penting di rumah untuk mendorong perkembangan motorik anak
Sumber: republika.co.id

3. Mendorong perkembangan motorik anak

Segala aktivitas yang dilakukan akan memiliki pengaruh terhadap pengalaman termasuk perkembangan otak secara kognitif. Tak hanya itu alasan mengapa playground penting untuk di rumah adalah karena playground dapat mendorong perkembangan kemampuan motorik anak. 

Di dalam playground tersedia berbagai macam permainan, itu salah satu cara jitu mendidik anak agar mendapat pengalaman baru, ajaklah si kecil mencoba berbagai permainan indoor playground

4. Membuat anak lebih bahagia

Playground punya peran penting untuk membuat anak lebih bahagia. Kita tahu bahwa anak dunianya bermain, dengan menyediakan tempat bermain dalam ruangan yang nyaman dilengkapi permainan dan warna yang disukai pasti akan menambah kebahagiaan anak saat bermain playground, itulah alasan playground penting di rumah.

Baca juga: Pentingnya Kebahagiaan untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Playground mernafaat meningkatkan kreativitas anak
Sumber: popmama.com

5. Membangun kreativitas

Dibangunnya taman bermain di rumah menawarkan anak-anak kesempatan untuk bebas berkreativitas dengan imajinasi dan kreativitas mereka. Karena indoor playground memiliki struktur yang memungkinkan anak-anak membangun dan merancang sambil bermain.

Selain itu, taman bermain di dalam rumah membuat anak lebih ekspresif saat berinteraksi satu sama lain dan memberi mereka kesempatan untuk belajar banyak melalui permainan yang ditawarkan. Dengan cara ini, anak menjadi lebih bebas dan dapat mengeksplorasi kreativitas bersama keluarga dan melatih imajinasinya tanpa rasa takut. 

6. Membuat anak bisa tetap bermain ketika cuaca buruk 

Alasan mengapa penting membuat playground di rumah adalah agar anak tetap bisa main dalam kondisi atau cuaca buruk di luar. Selain itu, playground dalam ruangan akan membuat anak lebih ekspresif karena telah diberi kesempatan untuk belajar banyak melalui permainan yang ditawarkan. Dengan cara ini, anak bisa bermain kapan saja tanpa harus khawatir dengan cuaca di luar sana. Anda pasti tidak maukan membuat anak sedih karena tidak bisa main di luar? Ayo buat indoor playground di rumah Anda sekarang juga dan rasakan manfaat bermain playground untuk perkembangan anak. 

Playground tak hanya buat anak bahagia loh, karena playground bisa jadi ide bisnis cemerlang untuk Anda menghasilkan passive income setiap hari dan cepat balik modalnya. Tertarik membuat indoor playground di rumah? Hubungi kami konsultan playground terbaik di Indonesia, dan dapatkan informasi bermanfaat lainnya hanya di Happy Play Indonesia. Klik di sini.

Baca juga:

Manfaat Orang Tua Bermain dengan Anak, Wajib Diketahui

Mengenal Apa Itu Indoor Playground dan Jenis Permainannya

5 Ide Taman Bermain Anak di Rumah, Edukatif dan Aman

Bagikan Artikel Ini: