logo happy play indonesia

Permainan Anak Perempuan yang Seru dan Edukatif

Masa kanak-kanak adalah masa bermain. Anak-anak sangat menyukai permainan, Anda dapat menghabiskan waktu bersama anak dengan memainkan permainan seru, edukatif dan mengasyikan. Beragam permainan yang bisa dimainkan oleh anak perempuan maupun laki-laki, artikel kali ini akan membahas permainan anak perempuan seru, edukatif dan mengasyikan yang bisa dimainkan bersama. 

Baca juga: 13 mainan jaman dulu

Permainan Seru dan Edukatif Anak Perempuan

Credit: i.ytimg.com

1. Masak-Masakan

Masak-masak identik dengan perempuan, tak terkecuali anak perempuan juga menyukai permainan masak-masakan. Hampir anak perempuan memiliki alat masak mini untuk bermain, mereka akan berimajinasi, berpura-pura masak makanan, dan menyajikan makanan tersebut bersama teman mainnya, mereka akan bermain peran. 

Credit: //i.ytimg.com

2. Permainan Menari

Menari adalah seni dari gerakan badan yang indah, bermakna, dan sering diiringi dengan musik dan bunyi-bunyian. Menari adalah aktivitas menyenangkan bagi anak-anak perempuan, menari membuat kreatifitas anak meningkat, dan ekspresif dalam menyalurkan perasaannya. 

Credit: media.istockphoto.com

3. Bermain Hula Hoop

Hula hoop merupakan alat bermain berbentuk lingkaran yang terbuat kayu dan plastik. Cara bermain hula hoop yaitu dengan memasukan hula hoop ke badan, pegang hula hoop di atas pinggang, tarik dan putar menggunakan badan. Mainan hula hoop umumnya dimainkan oleh anak perempuan, tapi tidak menutup kemungkinan anak laki-laki tidak boleh main, siapapun bisa memainkan permainan hula hoop. Bukan sekedar permainan, bermain hula hoop juga dapat menyehatkan jantung, dan membakar kalori yang ada di perut dan pinggang juga loh. 

Credit: pict.sindonews.net

4. Bermain Boneka

Boneka adalah produk mainan yang memiliki bentuk beragam, berkarakter dari mulai karakter hewan, manusia maupun figur lainnya. Mainan boneka biasa dimainkan oleh anak perempuan, mereka bermain dengan boneka dan imajinasinya dengan bercerita dan menganggap boneka teman mainnya. 

Credit: bloximages.newyork1.vip.townnews.com

5. Membuat Karya Seni atau Kerajinan Rumah-Rumahan

Benda yang diciptakan, dibuat sedemikian rupa dengan bentuk yang indah dan artistik itulah karya seni. Karya seni memiliki berbagai jenis seperti seni lukis, seni patung, seni grafis, seni fotografi dan sebagainya. Anak perempuan banyak yang menyukai karya seni yang dibuat dari hal sederhana berbentuk kerajinan rumahan. Misalnya menggambar, membuat kolase dari kertas dan sebagainya. 

Credit: dpmpddukcapil.ntbprov.go.id

6. Permainan Lompat Tali

Saat duduk dibangku SD kebanyakan anak perempuan menyukai memainkan permainan lompat tali karet, mereka main bersama teman dan tak jarang juga permainan ini jadi kompetisi antar kelas maupun sekolah. Permainan lompat tali ini biasanya terbuat dari kumpulan karet kecil yang dianyam, disusun menjadi satu, diikat sampai panjang. Setelah dibuat lalu mengumpulkan teman-teman untuk bermain lompat tali karet. 

Credit: s0.bukalapak.com

7. Bermain Plastisin atau Playdough

Plastisin atau playdough adalah jenis permainan yang disukai anak perempuan karena dapat dibentuk sesuai keinginan dan kesukaan anak perempuan. Plastisin adalah lilin mainan warna-warni yang biasa ditemukan di warung mainan anak-anak, dan kini sudah dijual di marketplace online shop. Main plastisin memiliki kelebihan dan manfaat bagi perkembangan dan mengedukasi anak, dengan plastisin anak dapat melatih dan meningkatkan motorik halus karena melalui ini anak mengamati, menciptakan dan membentuk benda plastisin menjadi bernilai seni. 

Credit: p2.piqsels.com

8. Bermain Istana Pasir

Bermain istana pasir biasanya dilakukan di dekat pantai yang berpasir, pasir yang bercampur dengan air akan dapat dibentuk sesuai dengan keinginan misalnya membentuk istana pasir. Namun kecanggihan jaman saat ini tidak perlu ke pantai dulu, kamu juga bisa membeli pasir mainan di pusat perbelanjaan atau toko mainan. 

Credit: cdn.statically.io

9. Bermain Air

Anak main air masih dimarahi? Berhenti memarahi anak jika bermain air, karena dengan bermain air akan membuat anak senang, dan menjadikan itu pengalaman yang seru. Anda dapat menyalurkan kesukaan anak dengan bermain air di rumah. 

Credit: id-test-11.slatic.net

10. Mencetak Pasir

Anak perempuan juga menyukai permainan dengan media pasir kinetik. Anak bisa mencetak pasir menjadi aneka bentuk menggunakan pencetak. Melalui media ini juga dapat membantu anak melatih kemampuan motorik halusnya. 

Itulah beberapa permainan yang bisa Anda mainkan bersama anak perempuan Anda untuk memberikan pengalaman dan edukasi yang mengasyikkan. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 10 permainan tradisional indonesia

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top