logo happy play indonesia

5 Wisata Panjat Tebing Anak di Jakarta dan Sekitarnya

5 Wisata panjat tebing anak di jakarta dan sekitarnya5 Wisata panjat tebing anak di jakarta dan sekitarnya

Liburan tanpa gadget, wisata panjat dinding bisa jadi alternatif lain. Apalagi jika anak sudah terlihat suka memanjat pohon sampai memanjat pagar jangan dimarahi, salurkan saja hobinya menjadi hal yang bermanfaat lewat permainan panjat dinding, selain bisa bikin sehat hal ini dapat melatih anak berpikir kritis juga lho. Berikut 5 wisata panjat dinding anak di Jakarta dan sekitarnya: 

Climb On panjat dinding anak
Sumber: @climbon.official

1. Climb On

Wisata pertama datang dari Climb On. Climb on menyediakan fasilitas wall-climbing untuk anak dari usia 6 tahun sampai dengan orang dewasa. Berlokasi di Mall Plaza Semanggi lantai 1, Jakarta. Berbagai program tersedia, mulai dari private class, member adult, group Sispala/ Mapala, hingga member kids. Pada kategori Kids terdapat beberapa program diantaranya pengenalan gerakan motorik panjat tebing yang dapat melatih sensorik anak, lalu ada program adaptasi memanjat, simulation train courage, controls fear of heights. Olahraga yang dikenal ekstrem ini mungkin membuat anda khawatir mengenai keselamatan anak, apakah aman atau tidak. Tapi anda tidak perlu khawatir karena Climb On memiliki tenaga profesional, dengan pengawasan yang ahli dibidangnya didukung pengawasan orang tua, olahraga tersebut akan memberikan kenyamanan dan keamanan untuk anak anda. Informasi selengkapnya  dapat anda kunjungi akun Instagram @climbon.official .

Bremgra Indonesia panjat tebing anak
Sumber: @bremgra_id

2. Bremgra Indonesia 

Berlokasi di Jalan Cilenggang Raya No.123, Serpong, Tangerang Selatan. Bremgra Indoor Climbing Gym terbuka untuk dewasa hingga ana-anak. Bremgra Indonesia menyediakan berbagai mainan panjat tebing anak, funwall, ropes, dan go-kart yang telah disesuaikan dengan usia dan tingkat kesulitannya. Memiliki daya tarik tersendiri untuk anak karena warna dan bentuk yang beragam dapat untuk meningkatkan daya tubuh dan mengembangkan motorik di usia pertumbuhan kalian. Tak hanya itu, Bremgra Indonesia menyediakan studio yang biasanya digunakan untuk zumba. Informasi selengkapnya dapat mengunjungi akun Instagram resmi : @bremgra_id

Tempat latihan panjat dinding peak to peak
Sumber: @peaktopeakclimbing

3. Peak to Peak

Tempat pelatihan panjat tebing Peak to Peak terbuka untuk umum, baik dewasa maupun anak-anak bisa bergabung. Dilatih oleh para profesional dan ahli dibidangnya, pusat pelatihan ini berada di Jalan Raya Serpong, Ruko Sutera Niaga 1 No 18 Banten. Berbagai kelas disediakan dari yang tahunan sampai bulanan. Mainan panjat tebing anak tentu aman, namun jika masih ragu dan baru ingin mencoba, kamu bisa pilih kelas harian sesuai keinginan. Bagi kamu yang ingin bergabung bisa langsung mengunjungi situs resmi atau akun Instagramnya @peaktopeakclimbing.

Wisata panjat dinding anak - Jakarta Climbers
Sumber: @jakartaclimbers

4. Jakarta Climbers

Jakarta Climbers merupakan sebuah komunitas, kemudian berkembang menyediakan kelas panjat dinding  dengan fasilitas dan peralatan kelas atas. Salah seorang pendiri komunitas yaitu Panji Susanto ikut melatih pada komunitas ini, Ia merupakan seorang personal trainer sekaligus pecinta fotografi, dilihat dari postingan di akun @jakartaclimbers sudah banyak aktivitas yang telah dibagikannya seputar panjat dinding atau biasa disebut dengan Wall-Climbers.  Tertarik bergabung dengan komunitas Jakarta Climbers? Kunjungi akun Instagram resmi @jakartaclimbers atau langsung datang ke halaman parkir Universitas Bakrie,Pasar festival, Jl HR Rasuna Said No 9, Jakarta.

4 Wisata Panjat Tebing Anak di Jakarta - Indoclimb FX Sudirman Jakarta
Sumber: @indo.climb

5. Indoclimb Indoor Climbing FX Sudirman 

Indoclimb, merupakan salah satu mainan panjat tebing anak yang berada di indoor gym di FX Sudirman Mall. Wahana wall climbing ini menawarkan pengalaman mendaki yang cukup menantang. Dari bouldering hingga toprope climbing. Wisata Indoclimb buka mulai pukul 11:00. sampai jam 9:00 malam. WIB.

Jika Anda ingin berkunjung ke mainan panjat tebing anak ini, siapkan budget mulai dari Rp 155.000 untuk satu orang di hari biasa dan Rp 175.000 pada akhir pekan. Anda juga dapat mendaftarkan kartu member atau keanggotaan untuk mendapatkan diskon besar dengan mengunjungi langsung Instagram Indoclimb atau booking kursus di website resminya, hemat dapat sehat pun dapat. 

Manfaat Wisata Panjat Dinding untuk Anak

Wisata panjat dinding bukan hanya menghibur tapi menyehatkan dan membantu menguatkan fisik serta mental anak sedari kecil. Melihat panjat dinding sebagai olahraga ekstrim, sebagian orang tua mungkin masih khawatir. Tak apa, khawatir wajar namun tak perlu berlebihan. Berikut akan kami sampaikan manfaat wisata panjat dinding untuk anak.

1. Fisik yang sehat

Pada olahraga panjat dinding atau panjat tebing ini menggunakan bagian tubuh untuk bergerak, dan memerlukan hampir seluruh kekuatan otot , baik itu otot tangan, otot kaki, dan otot tubuh lainnya. Tubuh akan menggunakan kekuatan otot untuk memegang erat batuan kecil dan mengangkat beban atau massa tubuh menaiki tiap-tiap dinding. 

2. Mental yang Kuat

Menaiki dinding yang tinggi membutuhkan keberanian juga, hal ini dapat melatih mental anak menjadi kuat dan lebih berani dalam menghadapi ketinggian dan keloknya dinding yang dipanjat. 

3. Meningkatkan Konsentrasi dan Fokus

Dengan ketinggian dinding dan sulitnya lintasan memerlukan fokus dan konsentrasi. Melalui wisata panjat dinding selain meningkatkan kesehatan dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus dalam memecahkan masalah. 

Baca juga: 5 Permainan yang Melatih Konsentrasi Anak Agar Fokus

4. Berpikir Cepat Mengambil Keputusan

Saat panjat dinding, tangan dan kaki harus menaiki batuan kecil yang cukup sulit, dan setiap berpindah batu dibutuhkan untuk berpikir cepat dalam mengambil keputusan, tentunya keputusan tersebut sudah dipikirkan dan diperhitungkan dengan baik agar tepat mengambil pijakan dan tidak jatuh saat melangkah. 

Itulah rekomendasi wisata panjat dinding untuk anak dan manfaat yang akan didapatkan si kecil. Apabila Anda masih merasa khawatir tentang keamanan bermain wall claimbing, ada cara untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, yaitu Anda sebagai orang tua dapat mencari tahu lebih lanjut lagi pada wisata tersebut mengenai keamanan dilihat dari sertifikasi trainer, fasilitas dan alat yang digunakan. Dapatkan informasi seputar playground dan tips bermain yang aman hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Manfaat Wall Climbing untuk Perkembangan Anak

Cara Memilih Tempat Jual Playground Anak Berkualitas

Bagikan Artikel Ini: