logo happy play indonesia

5 Negara Paling Banyak Menjajah Negara Lain di Dunia

Hampir di seluruh negara-negara di dunia pernah mengalami penjajahan atau kolonialisme dan pernah melakukan penjajahan. Banyak motif dan tujuan negara-negara tersebut menjajah negara lain, antara lain ingin memperluas wilayah kekuasaannya, penjajahan dilakukan sebagai strategi yang jitu untuk mengambil alih dan memanfaatkan sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada di negara tersebut untuk memenuhi tujuan dan kepentingan mereka.

Penjajahan yang dilakukan ini tentu memberikan dampak negatif yang luar biasa, banyaknya orang yang mati dibunuh atau disiksa, banyak orang yang kehilangan harta benda dan keluarganya, dan masih banyak dampak buruk lainnya, Berikut ini 5 negara yang paling banyak menjajah negara lain dan punya banyak wilayah kekuasaan di dunia.

1. Inggris

Negara Inggris menjadi negara paling banyak memiliki daerah jajahan di dunia. Pada abad ke-16, Inggris mulai membangun kerajaannya dan menyebarkan kekuasaan negara di luar perbatasannya melalui proses yang disebut ‘imperialisme’. Dengan adanya imperialisme membawa perubahan besar pada masyarakat, industri, budaya, dan kehidupan orang-orang di seluruh dunia.

Berdasarkan laporan dari Indy 100, Inggris telah menjajah lebih dari 115 negara di dunia, lima diantaranya Australia, Selandia Baru, Kanada, Indonesia, dan Hong Kong. Tahun 1839 telah terjadi Perang candu pertama antara China dan Inggris, karena itu China untuk sementara menyerahkan Pulau Hong Kong ke Inggris.

2. Prancis

Negara yang dikenal dengan menara Eiffel yang penuh cinta, pernah menjajah beberapa negara, yang memberikan luka dan duka mendalam bagi para korban jajahan. Kebanyakan negara yang dijajah perancis berasal dari negara islam seperti Aljazair, Afrika Utara, dan negara lainnya. Memiliki daerah jajahan mencapai lebih dari sepuluh juta kilometer persegi dengan total negara jajahan itu terletak di benua Afrika. 

3. Portugal

Negara Portugal atau Portugis adalah salah satu negara yang pernah menjajah Indonesia untuk mengambil rempah-rempah. Awal kedatangan Portugis ke Indonesia yaitu untuk melakukan ekspedisi mengarungi samudera karena adanya peristiwa jatuhnya wilayah kekuasaan Konstantinopel ke tangan Turki Usmani, melakukan ekspedisi dan menaklukkan beberapa daerah di Indonesia seperti Maluku.

Bukan hanya Indonesia, Portugal pernah menjajah dan menguasai 52 negara pada masa kejayaannya. Di tahun 1500-an mereka telah menjajah negara Afrika barat, Guinea-Bissau dan dua negara Afrika Selatan yaitu Angola dan Mozambik. Jika di Indonesia mengambil rempah-rempah, di Afrika mereka memaksa penduduk asli untuk bekerja, menanam gula, tembakau, kapas, kopi dan tanaman lainnya di Brazil. 

4. Spanyol

Spanyol negara yang paling banyak menjajah negara lain. Penjajahan ini kebanyakan diawali sejak kedatangan Hernan Cortes ke ibukota Aztec. Moctezuma, Kaisar Aztec menyambut baik Cortes dan ada yang percaya bahwa orang Spanyol merupakan Dewa yang kembali dalam legenda Aztec.Kemudian keduanya mengalami konflik dan perang, hal ini menjadi penyebab Kaisar Cuauhtemoc menyerah dan melahirkan penjajahan spanyol dan telah tercatat Spanyol menjajah Meksiko selama tiga ratus tahun. Negara lain seperti Kolombia, Kuba dan Indonesia pernah dijajah oleh Spanyol. 

5. Belanda

Belanda negara yang pernah menjajah Indonesia ini juga banyak menjajah di negara lain. Sejak abad ke-17, dengan total 29 negara jajahan, Belanda pernah menjajah negara Amerika hingga Asika dan Afrika seperti Ghana, Angola, Namibia dan Senegal, di bagian Eropa juga ada Belgia, Luxembourg, dan masih banyak negara lainnya. Ada banyak alasan mengapa Belanda menjajah, namun alasan Belanda menjajah Indonesia adalah karena rempah-rempah yang dimiliki Indonesia dapat dijadikan bahan makanan dan pengawet, dan secara perlahan ingin merampas seluruh wilayah Indonesia. 

Itulah lima negara yang paling banyak menjajah negara lain. Semoga kedamaian selalu menyertai kita semua dan tidak ada lagi perang di dunia, karena akan menimbulkan lebih banyak dampak negatif bagi kehidupan kita semua. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

Negara Terkecil Di Asia Tenggara

6 Negara yang Pernah Menjajah Indonesia, Tercatat Sejarah

Negara Tertua di Dunia, Ribuan Tahun Sebelum Masehi Loh

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top