logo happy play indonesia

Cara Menggunakan Sepeda Statis untuk Pemula

Cara Menggunakan Sepeda Statis untuk Pemula

Mengendarai sepeda statis adalah cara yang efisien dan efektif untuk membakar kalori. Dibandingkan dengan beberapa jenis peralatan kardio lainnya, sepeda statis mengurangi tekanan pada persendian Anda, artikel ini membahas bagaimana cara menggunakan sepeda statis untuk pemula, simak selengkapnya. 

Baca juga: Manfaat Olahraga Untuk Anak Hingga Remaja – Happy Play

Cara Menggunakan Sepeda Statis - Happy Play Indonesia
Sumber: istockphoto.com

Cara Menggunakan Sepeda Statis

Saat kecil, Anda pasti pernah punya sepeda di rumah, sepeda yang sering Anda gunakan untuk beraktivitas setiap hari seperti bermain, alat transportasi untuk ke sekolah atau olahraga bersama teman-teman. 

Bersepeda adalah pilihan olahraga alternatif yang tepat di masa pandemi ini karena meminimalisir risiko terpapar virus, misalnya virus corona dari kerumunan. Selain memberikan manfaat fisik yang besar, bersepeda secara teratur juga berdampak positif bagi kesehatan mental.

Bagi Anda yang ingin berolahraga tanpa perlu jauh-jauh ke luar rumah, Anda bisa menggunakan sepeda statis. Tahukah Anda apa itu sepeda statis? Sepeda statis adalah alat olahraga yang dirancang untuk menirukan gerakan bersepeda di luar ruangan, tetapi digunakan di dalam ruangan. Alat ini biasanya digunakan untuk latihan kardio dan latihan kekuatan kaki, dan sering ditemukan di gym atau pusat kebugaran. Beginilah cara menggunakan sepeda statis. 

1. Kenali Sepeda Statis

Cara menggunakan sepeda statis untuk pemula yang pertama, kenalilah sepeda statis Anda dengan baik. Cari tahu lebih dalam apa itu sepeda statis, apa saja fitur dan manfaatnya, bagaimana cara mengoperasikannya dari pedal, kursi, hingga roda. Hal ini bertujuan agar Anda bisa berolahraga dnegan aman dan nyaman, sekaligus mempermudah Anda dalam menggunakannya. 

2. Pemanasan Sebelum Mulai

Sama dengan olahraga lainnya, siapapun Anda pemula atau profesional, cara menggunakan sepeda statis adalah dengan melakukan pemanasan sebelum mulai. Pemanasan juga berguna untuk mengurangi risiko cedera seperti kram. Beberapa bagian yang bisa disasar untuk melakukan pemanasan adalah meregangkan leher, pundak, tangan, dan kaki.

3. Atur Posisi Agar Nyaman

Setelah melakukan pemasanan, cara naik sepeda statis untuk pemula yaitu mengatur posisi duduk dan memegang stang Anda agar nyaman. 

4. Mulai dengan Perlahan

Mengatur posisi duduk di sepeda akan membantu Anda olahraga dengan nyaman. Jika Anda pemula, mulailah gowes sepeda statis secara perlahan, jangan terlalu terburu-buru, apabila memungkinkan lakukan latihan secara bertahap dari kecepatan rendah ke kecepatan sedang. 

5. Atur Kecepatan

Jika Anda merasa nyaman setelah mengatur posisi duduk, selanjutnya atur kecepatan Anda dengan menambah irama atau memuatnya di ergometer. Saat Anda bersepeda lebih cepat atau lebih keras, Anda lebih banyak berkeringat dan membakar kalori dengan lebih mudah.

6. Pendinginan

Cara terakhir menggunakan sepeda statis adalah dengan tidak melupakan pendinginan atau perakitannya. Anda bisa pelan-pelan memperlambat sepeda statis dan beristirahat hingga suhu tubuh kembali normal. Hal ini dilakukan agar otot tidak merasakan goncangan sehingga mengurangi risiko cedera.

Itulah beberapa manfaat dan kegunaan sepeda statis bagi pemula yang perlu Anda ketahui. Selain langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, jangan lupa kenakan pakaian yang nyaman seperti kemeja dan celana olahraga yang menyerap keringat. 

Jadi jika Anda akan memulai pelatihan dengan sepeda statis tetapi masih ragu apakah Anda memilih produk terbaik, Anda tidak perlu khawatir. Happy Play Indonesia punya rekomendasi produk yang bisa kamu pertimbangkan, lihat di sini

Tertarik? Klik banner di bawah untuk konsultasi, dan dapatkan penawaran harga terbaik Anda, nikmati dan rasakan manfaatnya segera!.

Baca juga: Manfaat Olahraga Sepeda Statis dan Tips Latihan Maksimal

Bagikan Artikel Ini: