logo happy play indonesia

Detail Material Outdoor Playground dan Waterplay Waterpark

Detail Material Outdoor Playground dan Waterplay Waterpark

Playground outdoor dan waterplay merupakan wahana permainan yang dirancang khusus untuk digunakan di luar ruangan. Karena itu detail material outdoor playground dan waterplay waterpark memiliki perbedaan dan kesamaan tersendiri. 

Material dan Bahan Outdoor Playground dan Waterplay yang Kami Gunakan

Happy Play Indonesia pusat wahana permainan anak banyak menyediakan keseruan dan kegembiraan bagi setiap pengguna, tetapi juga menawarkan pengalaman bermain yang sehat dan memperkaya interaksi sosial. Berikut material dari outdoor playground dan waterplay yang wajib Anda ketahui. 

Detail Material Outdoor Playground dan Waterplay Waterpark
Sumber: freepik.com

1. Tiang (Pipa Galvanis)

Material waterplay yang Happy Play Indonesia gunakan adalah pipa galvanis pada setiap tiang dan rangka playground. Penggunaan pipa galvanis ini memiliki alasan yang kuat, karena pipa galvanis memiliki kekuatan dan ketahanan optimal. 

Dengan menggunakan pipa galvanis, masa penggunaan playground dapat diperpanjang karena terhindar dari korosi. Jadi, pipa galvanis adalah pipa yang terbuat dari besi atau seng yang telah melalui proses galvanisasi, di mana pipa tersebut dicelupkan ke dalam seng cair sebagai pelindung permukaannya. Lapisan seng ini sangat efektif dalam mencegah karat pada pipa, sehingga pipa tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama.

2. Joint Ring

Joint ring merupakan komponen penting dalam playground yang digunakan untuk menghubungkan bagian-bagian besi secara solid, tanpa menggunakan pengelasan. Material outdoor playground dan waterplay ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan pengelasan konvensional. Pengelasan sering kali membutuhkan biaya operasional yang tinggi karena melibatkan proses manual yang memakan waktu lama. Selain itu, hasil pengelasan bersifat permanen dan sulit untuk diubah jika ingin melakukan perubahan pada struktur playground.

Dalam menghadapi tantangan tersebut, Happy Play Indonesia menerapkan prinsip keamanan, efisiensi, dan efektivitas dengan menggunakan joint shock pada playground mereka. Joint ring memungkinkan pemasangan playground menjadi lebih mudah dan cepat, tanpa memerlukan pengelasan. Selain itu, joint ring juga berfungsi untuk meredam getaran saat bermain, sehingga memberikan pengalaman bermain yang lebih nyaman dan aman bagi pengguna. Dengan penggunaan joint ring ini, konsumen juga dapat memasang playground sendiri dengan lebih mudah, tanpa memerlukan keahlian pengelasan.

3. Platform

Happy Play Indonesia menggunakan platform berbahan besi untuk pembuatan playground. Platform adalah besi yang dilapisi dengan lapisan yang tahan terhadap api, seperti eternit atau semen fiber. Bahan ini umumnya digunakan untuk pembuatan soft deck, yang sering digunakan pada tangga, lantai, aksesoris, dan mainan playground lainnya.

Penggunaan platform pada playground dilengkapi dengan pelapis kain, sehingga memberikan keamanan saat anak-anak bermain di playground. Dengan menggunakan platform, Happy Play Indonesia memastikan bahwa playground yang mereka buat aman, tahan lama, dan sesuai dengan standar keselamatan yang tinggi. Dengan demikian, anak-anak dapat bermain dengan nyaman dan menyenangkan di playground Happy Play Indonesia.

Detail playground - Plastic LLDPE
Sumber: freepik.com

4. Plastik LLDPE

Detail material outdoor playground dan waterplay waterpark dari Happy Play Indonesia, menggunakan plastik LLDPE (Linear Low Density Polyethylene) sebagai material utama dalam pembuatan playground. LLDPE adalah jenis plastik yang sangat fleksibel jika dibandingkan dengan polietilena lainnya. LLDPE merupakan campuran dari LDPE (Low Density Polyethylene), yang memberikan daya regang yang lebih kuat dan kelembutan yang membuatnya lebih fleksibel. 

Dengan menggunakan plastik LLDPE, playground Happy Play Indonesia dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi anak-anak saat bermain. Plastik LLDPE ini juga memiliki kekuatan yang dapat menahan beban hingga 180 kg, sehingga memberikan jaminan keandalan dalam penggunaan playground.

5. Pagar Pembatas dan Pegangan

Detail material outdoor playground dan waterplay waterpark menggunakan pagar pembatas atau pegangan, untuk memberikan keamanan bagi pengunjung saat bermain. Pemasangan pagar pembatas atau pegangan dapat melindungi anak dari bahaya, terutama anak-anak yang aktif bergerak.

Pagar pengaman yang dipasang di tangga playground berfungsi sebagai penghalang yang melindungi anak-anak dari bahaya yang mungkin terjadi. Keamanan anak merupakan salah satu manfaat utama dari penggunaan pagar pengaman. Dengan memasang pagar pengaman di tangga playground, anak-anak akan dijauhkan dari area yang berpotensi berbahaya. Pagar pengaman ini menciptakan zona bermain yang aman, sehingga orang tua dapat memiliki ketenangan pikiran sambil mengawasi anak-anak mereka.

6. Pengikat dan Sekrup

Pengikat dan sekrup merupakan detail material outdoor playground dan waterplay waterpark, yang memiliki peran utama sebagai pengikat yang kuat, menghubungkan dua atau lebih benda dengan erat. Dengan desain ulir pada batangnya, sekrup dapat menembus benda yang dilubangi dan memberikan kekuatan tarik yang memadai untuk menjaga benda-benda tersebut terhubung dengan kokoh. Fungsi ini memiliki peranan penting dalam berbagai aktivitas seperti konstruksi, perakitan furnitur, perbaikan rumah, dan banyak lagi.

Detail materail playground - Powder Coating
Sumber: freepik.com

7. Powder Coating

Powder Coating adalah proses finishing kering yang diciptakan oleh muatan listrik yang menyebabkan bubuk kering melebur ke permukaan logam. Alasan detail material outdoor playground dan waterpark waterplay menggunakan powder coating karena memiliki ketahanan yang baik. 

Material ini dibuat dengan cara dipanggang dalam oven pengawet untuk mendapatkan lapisan yang halus. Biasanya digunakan untuk membuat hasil akhir yang lebih keras daripada cat konvensional.

Salah satu manfaat powder coating adalah memberikan hasil akhir yang lebih tahan lama. Itu membuat logam lebih tahan terhadap keausan meskipun aplikasinya. Hasil akhir tahan terhadap pudar, terkelupas, aus, dan tergores

Dengan menggunakan material seperti pipa galvanis, plastik LLDPE, joint shock, dan multiplex, Happy Play Indonesia menjamin kekuatan, keamanan, dan kenyamanan dalam merancang wahana permainan anak. Material di atas akan memberikan kekuatan dan ketahanan optimal dengan perlindungan dari karat. Plastik LLDPE memberikan keamanan dan fleksibilitas saat anak-anak bermain, dengan daya regang yang kuat pada playground.

Baca juga: Apa itu Waterpark dan Perbedaannya dengan Waterplay

Dengan mengutamakan kualitas dan keamanan, Happy Play Indonesia menjamin pengalaman bermain yang menyenangkan dan aman bagi anak-anak. Jika Anda tertarik untuk merancang wahana permainan anak, Anda dapat mengunjungi website kami dan mengklik banner di atas untuk mendapatkan konsultasi dan melakukan pemesanan.

Dapatkan wahana permainan yang berkualitas dan terbaik hanya di Happy Play Indonesia, tempat terpercaya untuk memenuhi kebutuhan permainan anak dengan standar keamanan yang ketat.

Baca juga: 

Tips Bisnis Kolam Renang Waterpark

Analisis Bisnis Peluang Usaha Waterpark

Bagikan Artikel Ini: