logo happy play indonesia

Playground Besi VS Playground Kayu, Lebih Bagus Mana?

Hai, saat ini Anda sedang ada di dalam website kami Happy Play Indonesia yang bergerak sebagai konsultan playground nomor 1 di Indonesia. Apa Anda sedang mencari perbandingan playground besi dan playground kayu? Ingin membelikan anak Anda playground? ya tepat sekali. 

Dalam artikel ini kami akan membahas perbandingan playground besi dan kayu mulai dari daya tahan, keamanan, pemeliharaan dan lainnya. Lihat selengkapnya dan baca sampai habis perbandingan antara dua playground dengan material favorit ini.

Baca juga: Arti Kata Playground Beserta Manfaatnya

Perbedaan playground besi dan playground kayu happy play indonesia
Perbedaan playground besi dan playground kayu

Perbandingan Playground Besi dan Playground Kayu

Apakah Anda berencana untuk membelikan anak-anak Anda playground terbaik untuk membuat mereka tetap aktif sepanjang hari? Ada banyak pilihan untuk dipertimbangkan sebelum memesan playground, salah satunya dengan playground bahan besi dan playground berbahan kayu. 

Playground besi vs playground kayu, tahukah Anda apa perbedaan antara dua playground tersebut, berapakah harga dari playground besi dan playground kayu, dan kira-kira mana diantara playground besi dan playground ini yang lebih bagus dan tahan lama menurut Anda? Berikut penjelasannya. 

1. Daya Tahan

Sebelum Anda membeli playground anak apa pun, salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan adalah seberapa tahan lama playground itu. Ingat, playground yang tahan lama akan membantu Anda menghemat uang. Ini akan memungkinkan Anda untuk berinvestasi dalam jenis playground lain karena anak-anak Anda akan senang memiliki variasi.

Apa yang Menentukan Daya Tahan Playground?

Perbedaan daya tahan playground besi dan playground kayu ini akan sangat bergantung pada di mana Anda akan menempatkannya dan penggunanya.  Jika Anda meletakkan playground kayu di tempat yang lembab, kemungkinan besar akan membusuk atau berjamur, sehingga mengurangi umurnya, penggunaan playground kayu juga kemungkinan akan digerogoti rayap.

Hal yang sama berlaku untuk playground logam karena rentan terhadap karat dan menjadi lemah ketika dibiarkan di tempat terbuka di mana air masuk ke permukaannya. Karena kedua playground dapat tahan lama sesuai dengan jenis yang Anda pilih dan di mana Anda mendapatkannya, disarankan untuk mempertimbangkan hal ini setelah pembelian. 

Sejalan dengan daya tahan playground, Anda perlu memeriksa harganya. Misalnya, playground besi yang murah berarti terbuat dari logam berkualitas rendah, yang dapat dengan mudah patah atau bengkok, terutama jika tidak dirawat dengan baik. 

Sedangkan playground yang terbuat dari besi logam tebal memiliki kualitas tinggi, yang kuat menahan beban statis dari pergerakan anak saat bermain, lebih tahan terhadap cuaca, dan akan lebih hemat di kantong karena jasa maintenancenya yang tidak rumit.  

Jadi, pilihlah playground logam atau kayu berkualitas tinggi untuk taman bermain Anda, yang akan bertahan lebih lama karena dapat bertahan dalam kondisi ekstrem. Untuk playground kayu, Anda dapat memilih playground yang terbuat dari kayu cedar atau redwood, yang tahan busuk dan tidak memerlukan pengawet untuk bertahan lama, sedangkan playground logam pilihlah yang terbuat dari besi hot dip galvanis. 

Ingin dapatkan playground besi berkualitas? Hubungi Happy Play Indonesia, perusahaan wahana anak yang menawarkan berbagai permainan yang bisa disesuaikan dengan usia anak, dengan besi berkualitas hot deep galvanis yang tahan dari segala cuaca dan kuat menahan beban statis anak-anak saat bermain. 

2. Keamanan

Hal utama lain yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih salah playground besi atau playground logam adalah seberapa amannya mereka. Perhatikan bahwa meskipun produsen playground ini mengikuti pedoman keselamatan, sesuai dengan keamanan yang telah lulus atau bersertifikat SNI dan ISO, agar playground anak Anda terhindar dari bahan kimia berbahaya dan sistem playground yang tidak bekerja sebagaimana mestinya. 

Baca juga: Perusahaan Playground Bersertifikat SNI dan ISO

Lalu, Apa yang Mempengaruhi Keamanan Playground ?

Pertama, sebelum Anda membeli playground pertimbangkan kembali kualitas dan bahan dari mana playground yang dibuat. Playground berkualitas tinggi cenderung aman digunakan. Tak hanya itu, periksa juga fitur keamanan lainnya seperti stabilitas dan aksesibilitas ke playground. Misalnya, jika ini adalah ayunan, struktur panjat harus bertekstur, tidak tinggi tetapi cukup besar untuk mencegah kecelakaan, dan kuat. 

Lalu, periksa kembali apakah permainan dapat menjadi tempat bertelur bagi beberapa serangga seperti tawon yang dapat membahayakan kehidupan anak-anak. Playground kayu, dalam hal ini, cenderung menampung serangga seperti itu, membuatnya tidak aman untuk anak-anak Anda kecuali Anda memeriksanya secara menyeluruh sebelum digunakan, maka dari itu pilihan terbaiknya dengan membeli playground besi yang kokoh.

Baca juga: Standar Keamanan Playground untuk Anak

3. Pemeliharaan (Maintenance)

Jika Anda memiliki playground berbahan logam seperti galvanis dan besi, Anda tidak akan melakukan perawatan rutin kecuali ada goresan atau penyok. Tetapi playground kayu akan mengharuskan Anda untuk mengecatnya setidaknya setiap tahun. Anda juga perlu sering mengencangkan sekrup atau baut playground kayu Anda, tidak seperti ketika Anda memiliki yang logam. 

Ini berarti bahwa playground berbahan galvanis adalah pilihan yang lebih baik karena Anda hanya akan mengecatnya setelah Anda menyadari kemungkinan berkarat. Selain itu, beberapa set logam memiliki bagian plastik yang berfungsi sebagai perlindungan tambahan, agar dapat bertahan lama dan playground aman bagi anak-anak.

Baca juga: Program Maintenance Playground

4. Proses Instalasi

Perbedaan playground besi dan playground kayu dapat dilihat dari proses instalasinya. Kita tahu. Sebuah playground kayu itu terbuat dari kayu, yang artinya akan melewati proses pemotongan kayu, pengolahan kayu yang akan dibentuk sesuai dengan playground yang diinginkan, lalu ada pengecatan, proses pengelasan dan sebagainya. Berbeda dengan playground logam atau playground besi yang tidak banyak melewati proses pembuatan seperti di atas. 

Playground besi Happy Play Indonesia memberikan pilihan bagi pelanggan untuk melakukan proses instalasi secara mandiri atau dilakukan instalasi playground oleh tim Happy Play Indonesia. Namun, jika Anda belum terbiasa disarankan untuk menggunakan jasa instalasi playground dari Happy Play Indonesia agar lebih mudah dan lebih cepat terpasang yang sudah sesuai standar terbaik tanpa mengorbankan keselamatan anak Anda. Begini cara pemasangan playground.  

Baca juga: Proses Perakitan Rangka Playground Indoor 

5. Biaya

Jika Anda memilih playground kayu, bersiaplah untuk menghabiskan lebih banyak karena harganya mahal. Berapa Total Biaya Playground  Vs. Playground Besi?

Pertama, jika Anda memilih playground kayu yang tebal  dan berkualitas tinggi, Anda juga akan menghabiskan lebih banyak untuk perawatan rutin pada set kayu, tidak seperti pada playground logam. Selanjutnya, Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk menyiapkan tanah tempat Anda ingin memasang playground kayu agar tidak membusuk atau dimakan serangga. Jangan lupa Anda harus membayar seorang profesional untuk membantu Anda memasangnya karena kayu membutuhkan tenaga kerja.

Playground kayu akan lebih mahal daripada playground besi. Playground besi tidak akan menghabiskan banyak biaya dibandingkan dengan playground kayu. Anda juga tidak akan menghabiskan banyak uang untuk perawatan, hal ini membuat playground besi menjadi pilihan yang terjangkau.

6. Penampilan dan Daya Tarik

Sebelum Anda membeli playground, ingatlah anak-anak menyukai hal-hal yang berwarna-warni. Ini berarti Anda harus buat dengan playground yang menarik dengan warna yang tepat untuk membuat anak-anak Anda menyukainya. 

Perbedaan antara playground besi dan playground kayu sangat terlihat dari sisi penampilan atau daya tarik, playground kayu tidak memiliki desain yang banyak, sebagian besar berwarna alami atau netral yang dapat membuat anak-anak kusam.

Sedangkan playground besi mampu menampilkan warna dan karakter tertentu pada playgroundnya. Anda harus memilih playground besi yang hadir dalam berbagai desain dan warna. Sebuah playground logam juga memungkinkan Anda untuk menggantinya dengan warna favorit Anda dengan mudah, ini akan membuat anak-anak Anda menyukainya.

Namun,  Dianjurkan untuk bertanya kepada anak-anak Anda apa yang mereka inginkan untuk mendapatkan playground paling menggemaskan yang akan mereka nikmati. Jika Anda akan mempengaruhi pilihan mereka, cobalah dan yakinkan mereka untuk menghindari menghabiskan banyak uang untuk sesuatu yang tidak mereka sukai.

7. Kustomisasi

Bahkan setelah mengidentifikasi jenis playground yang Anda mau, periksa fitur tambahan lain yang Anda inginkan. Jadi, luangkan waktu Anda untuk berbicara dengan penjual untuk mengetahui apakah playset dapat disesuaikan untuk mendapatkan apa yang Anda pikirkan untuk anak-anak Anda. Karena ini tidak berlaku jika playground sudah didesain sebelumnya. 

Perbedaan playground besi dan playground kayu hadir dari sisi kustomisasi. Sebenarnya kedua playground ini, playground kayu dan playground besi sama-sama dapat disesuaikan, keduanya punya berbagai desain dan model, dan tidak membatasi pilihan Anda. 

8. Kekuatan Struktural

Perbedaan playground besi dan kayu dalam kekuatan struktural sebenarnya tidak jauh berbeda, keduanya memiliki kekuatan yang baik. Namun, kekuatan strukturalnya tergantung pada jenis kayu atau logam yang Anda pilih. Baja berat lebih kuat dan akan bertahan lebih lama. Juga, playground kayu yang terdiri dari kayu kayu keras tebal cenderung kuat. Tapi playground kayu terkuat harus memiliki braket logam, yang akan membuatnya bertahan lebih lama.

Perbedaan playground besi dan playground kayu, mana yang lebih bagus? - happy play indonesia

Playground Kayu Vs. Playground Besi Mana yang Harus Anda Pilih?

Jika Anda ingin mendapatkan playground terbaik, pertama-tama kenali kelompok usia anak-anak Anda dan kondisi lokasi tempat Anda memasangnya. Jika Anda memiliki anak-anak petualang yang lebih besar, ada baiknya untuk memilih playground yang paling tahan lama dan terkuat. Tetapi untuk anak-anak yang lebih kecil, keselamatan harus menjadi prioritas nomor satu Anda karena mereka mungkin gagal berhati-hati saat bermain.

Namun, anggaran dan kemampuan Anda untuk memasang atau memelihara playground tanpa menghabiskan terlalu banyak uang juga merupakan faktor yang perlu dipertimbangkan. Juga, jika anak-anak Anda menyukai mainan yang indah dan unik, Anda harus mendapatkannya dengan tepat untuk memungkinkan mereka mendapatkan apa yang mereka sukai. Setiap playground yang aman, tahan lama, dan terjangkau yang memenuhi tuntutan anak Anda cocok untuk menjadi yang terbaik.

Jika halaman belakang Anda menerima terlalu banyak sinar matahari, playground berbahan logam tidak ideal untuk anak-anak Anda karena logam akan menjadi panas dan bisa saja membakar mereka. Playground kayu yang membutuhkan perawatan dan pemeriksaan rutin juga bukan pilihan terbaik untuk orang tua yang sibuk. Ini karena anak Anda mungkin mendapatkan cedera dari serangga seperti tawon, yang suka bersembunyi di permukaan seperti itu tanpa sepengetahuan Anda.

Bijaklah memilih playground terbaik untuk anak Anda dengan berkonsultasi pada ahlinya yaitu Happy Play Indonesia.

Baca juga: 

Kontraktor Playground Indonesia 15+ Tahun Pengalaman

Detail Material Playground Happy Play Indonesia

Cara Mengembangkan Bisnis Playground Agar Maksimal

Bagikan Artikel Ini: