logo happy play indonesia

Taman Bermain Indonesia yang Seru dan Populer untuk Rekreasi

Berlibur ke destinasi taman bermain di Indonesia merupakan salah satu cara menikmati waktu libur. Setelah beraktivitas sepanjang hari, menghabiskan waktu untuk bekerja dan melihat layar monitor membuat pusing, perlu sesekali mencari suasana baru.

Berlibur ke taman bermain merupakan ide terbaik untuk membantu Anda lebih bersemangat, lebih sehat, merasakan senang, menguatkan ikatan keluarga atau teman, dan tentunya menjaga kesehatan mental Anda agar tidak tertekan dengan pekerjaan yang membosankan. Berikut beberapa ide rekomendasi taman bermain Indonesia yang seru dan populer, cocok untuk kamu yang ingin menikmati liburan asyik. 

Destinasi Taman Bermain di Indonesia yang Seru

Dunia Fantasi Jakarta wahana seru di Indonesia
Sumber: assets.promediateknologi.com

1. Dunia Fantasi (Dufan), Jakarta

Dunia Fantasi atau biasa disingkat sebagai Dufan merupakan destinasi taman bermain yang ada di Jakarta. Terletak di kawasan Ancol, Dufan memiliki banyak destinasi tempat permainan yang dapat dikunjungi anak-anak hingga dewasa, dari dunia kartun, permainan kora-kora, sampai ontang anting. 

Lokasi: Jl. Lodan Timur No.7, Ancol, Pademangan, RW.10, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Jam buka: Setiap hari, mulai dari jam 10.00 hingga 18.00 WIB.

Baca juga: Banyak Manfaatnya!, Segera Ajak Anak Main di Playground! 

Taman bermain Trans Studio Bandung seru
Sumber: blogspot.com

2. Trans Studio, Bandung

Bukan hanya ada di Jakarta, salah satu tempat wisata yang seru dan populer bernama Trans Studio di Bandung. Ada banyak zona yang dapat Anda kunjungi, seperti magic corner, lost city, dan studio central. Tak hanya itu, di sini Anda bisa mengajak anak bermain di wahana seperti black hearts pirate ship, negeri raksasa, pemburu badai, ocean world science center hingga dunia anak. 

Lokasi: Jl. Jendral Gatot Subroto No.289 A, Cibangkong, Bandung City, West Java 40273

Jam buka: 10.00-17.00 WIB.

Wahana seru Jatim Park 1 2 3 Batu Jawa Timur
Sumber: asset.kompas.com

3. Jatim Park 1,2,3, Batu Jawa Timur

Destinasi wisata seru dan tak kalah populer lainnya ada dari Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Jatim Park 3. Ketiga destinasi ini merupakan taman bermain populer yang ada di Indonesia. 

Taman bermain yang pertama dibuat adalah Jatim Park 1, sebuah theme park dengan berbagai wahana permainan yang memadukan konsep edukasi dan hiburan, seperti sebuah laboratorium interaktif raksasa yang bisa membuat pengetahuanmu bertambah. 

Berbeda dengan Jatim Park 2, destinasi ini merupakan Kebun Binatang Interaktif & Melihat Satwa-Satwa Lucu. sedangkan Jatim Park 3 adalah taman bermain berkonsep Dino Park yang cocok dikunjungi bersama keluarga. 

Lokasi: 

Jatim Park 1: Jl. Dewi Sartika Atas, Sisir, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65314

Jam buka: setiap hari, pukul 08.30-16.30 WIB

Jatim Park 2: Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur

Jam buka: setiap hari, 08.30 hingga 16.30 WIB

Jatim Park 3: Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur

Jam buka: setiap hari, 11.00-19.00 WIB.

Taman rekreasi Taman Mini Indonesia Indah
Sumber: detik.net.id

4. Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan suatu kawasan taman wisata bertema budaya Indonesia. Taman ini merupakan rangkuman kebudayaan bangsa Indonesia, yang mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari masyarakat 33 provinsi Indonesia (pada tahun 1975) yang ditampilkan dalam anjungan daerah berarsitektur tradisional, serta menampilkan aneka busana, tarian dan tradisi daerah.

Lokasi: JL. Raya Taman Mini, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia.

Jam buka: 09.00-15.00 WIB.

Wisata Jungle Land Bogor
Sumber: tiket.photos

5. Jungle Land, Bogor

Jungle Land merupakan taman permainan yang memiliki berbagai wahana menarik dan seru. Tempat Wisata ini cocok sekali untuk rekreasi keluarga, ada wahana seru yang bisa Anda kunjungi bersama anak yaitu Zona Carnivalia, Zona Mysteria, Zona Explora, dan Zona Tropicalia.

Lokasi: Kawasan Sentul Nirwana, Jl. Jungleland Boulevard No. 1, Karang Tengah, Babakan Madang, Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Jam buka: Setiap hari, mulai 10.00 hingga 17.00 WIB.

photo0jpg
Sumber: tripadvisor.com

6. Waterbom Bali, Bali

Kalau tadi menjelaskan wisata yang ada di darat, kali ini wisata air bernama Waterbom Bali, merupakan sebuah taman rekreasi air yang berada di Pulau Dewata, Bali. Berdiri sejak 1993. Wisata waterbom ini memiliki berbagai wahana seperti Smash Down 2.0, The Boomerang, Fast n Fierce, Double Twist, Green Vipers, Eurobungy, Funtastic, dan Kiddy Slides. 

Lokasi: Jl. Kartika Plaza Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

Jam buka: Setiap hari  mulai 9.00 hingga 18.00 WITA.

Sindu kusuma Edupark, Yogyakarta
Sumber: mytrip123.com

7. Sindu kusuma Edupark, Yogyakarta

Taman bermain yang seru dan populer Indonesia yang lainnya ada di Yogyakarta, taman wisata itu bernama Sindu Kusuma Edupark. Memiliki berbagai wahana seru seperti Terapi Ikan, Kora-Kora, Kopi Puter, Miniatur Candi Borobudur, Family Coaster, Omah Batik dan masih banyak lainnya. 

Lokasi: JL. Magelang KM 3 (Jl. Jambon) Sinduadi, Mlati Kab. Sleman, D.I.Y Indonesia

Jam buka: 09:00-17:00.

Wisata seru Taman Safari, Bogor
Sumber: detik.net.id

8. Taman Safari, Bogor

Siapa tak tahu Taman Safari? Taman Safari Indonesia yang memiliki koleksi binatang yang banyak, berwawasan lingkungan yang berorientasi pada habitat satwa di alam bebas sekaligus menjadi tempat wisata keluarga yang seru dan populer. 

Lokasi: Jl. Taman Safari No.724, Cibeureum, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Jam buka:

Safari Siang Weekday (Senin – Jumat)

Safari Siang Weekend (Sabtu & Minggu)  pukul 08:30 – 17:00

Berkunjung ke taman bermain dapat membuat Anda lebih rileks dan lebih segar, karena melihat suasana baru, terbebas dari rutinitas dan tentunya Anda dapat mengunjungi taman populer di atas bersama keluarga. Namun jika Anda tidak sempat untuk liburan hingga keluar kota, Anda bisa mengunjungi destinasi wisata terdekat atau bisa mengunjungi taman yang ada permainan playground nya bersama si kecil. 

Baca juga: 

Manfaat Taman Bermain Bagi Anak, Perlu Diperhitungkan

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik 

Bagikan Artikel Ini: