logo happy play indonesia

17 Wahana di Dufan yang Ekstrim Sampai Ramah Keluarga

Informasi Dunia Fantasi

Dunia Fantasi atau yang biasa dikenal dengan nama Dufan merupakan taman bermain paling populer yang di Indonesia. Terletak di komplek Taman Impian Jaya Ancol, Dufan sudah berdiri sejak Agustus 1985. Kehadiran Dufan memberikan kebahagiaan untuk pengunjungnya secara domestik maupun pengunjung internasional dengan menghadirkan berbagai tema di setiap areanya seperti tema Istana Boneka, Amerika, Eropa, Yunani hingga Dunia Kartun. 

Masyarakat ikonik dengan maskotnya diambil dari binatang kera bekantan yang memiliki pesan dan makna kalau dahulu Ancol merupakan kawasan Kera. Tak hanya itu, lambang Kera Bekantan sekaligus memberikan pesan bahwa kini menjadi hewan langka yang hampir punah, dan kita harus melindungi dan melestarikan hewan tersebut. 

Sebagai taman bermain, Dufan memiliki pertunjukan dan wahana bermain yang mengasyikan untuk anak sampai wahana yang menantang adrenalin orang dewasa, dari permainan air sampai permainan yang membuat kita seperti terbang. Berikut beberapa daftar nama wahana seru di Dufan yang wajib kamu coba. 

Baca juga: Taman Bermain Indonesia yang Seru dan Populer untuk Rekreasi

Daftar Nama Wahana di Dufan yang Wajib Dicoba

Wahana Dufan Bianglala
Sumber: apriliaerlita.files.wordpress.com

1. Bianglala

Saat memasuki Dunia Fantasi, kamu akan disuguhkan pemandangan indah dari permainan bianglala. Wahana ini memiliki bentuk seperti kincir angin dengan kapasitas penumpang sebanyak 180 orang. 

Kamu akan dibawa naik sampai ketinggian kurang lebih hingga 30 meter dpl, melihat pemandangan terbaik dari Dunia Fantasi, kamu bisa melihat pemandangan kawasan Ancol dan pantai dari atas. 

Baca juga: 8 Permainan Anak Yang Mendidik dan Melatih Otak

2. Hysteria 

Jika tadi sudah dijelaskan tentang wahana santai dari Bianglala. Kini akan dibahas tentang wahana Hysteria yang menegangkan dan bisa bikin kamu deg-degan karena memiliki ketinggian 60 meter. 

Berbeda dengan wahana bianglala yang dapat dimainkan oleh siapa saja, permainan ini mempunyai ketentuan yang wajib kamu ikuti, seperti tinggi minimal 145 cm dan kapasitasnya hanya bisa dinaiki oleh 24 orang saja. Untuk kamu yang ingin menguji adrenalin, wahana ini cocok sekali dan wajib kamu coba. 

Wahana dufan tornado
Sumber: republika.co.id

3. Tornado

Wahana dufan yang gak kalah menegangkan adalah wahana tornado. Sama seperti namanya tornado yang dapat membuat terbang dan jungkir balik setiap barang yang ada didekatnya, wahana tornado dufan juga dapat membuat kamu terpontang-panting, sampai kepala kamu berada di bawah. 

Dibantu meluncur dengan kecepatan tinggi oleh mesin raksasa, wahana ini dapat memuat kapasitas 40 orang. Meski terlihat asyik, bagi kamu yang punya penyakit jantungan jangan coba-coba ya, tetap jaga diri kamu. 

4. Halilintar

Wahana ekstrim yang dapat menguji adrenalin lainnya adalah wahana halilintar dufan. Meski ekstrim, wahana ini banyak diminati orang, bahkan menjadi wahana terfavorit. 

Berbentuk seperti kereta seluncur dengan loop 360 derajat, wahana halilintar kapasitas 24 orang. Dengan menaiki wahana ini dapat membawa kamu seperti terbang, dan seolah-olah tubuh kamu tertinggal di atas, permainan ini akan berkesan ke kamu. 

Wahana seru dufan kora-kora
Sumber: twimg.com

5. Kora-Kora

Berbentuk seperti perahu besar bajak laut, wahana Dufan yang ramah anak ini bernama Kora-Kora. Kora-kora adalah wahana Swinging Boat buatan Huss yang dapat berayun hingga ketinggian 20 m dengan sudut 75°. 

Wahana ini dapat dinikmati oleh anak-anak maupun orang dewasa. Wahana kora-kora juga dapat memberikan sensasi adrenalin ketika berayun turun dan posisi duduk kamu berada di belakang akan merasakan ketinggian yang menyenangkan, membuat kamu teriak kencang. 

6. Gajah bledug

Selain wahana ekstrim, ada wahana yang ramah keluarga yang bisa kamu mainkan yaitu wahana gajah bledug. Bentuknya seperti gajah, ketika kamu menaiki wahana gajah bledug, kamu akan merasakan sensasi naik gajah terbang, dan pastinya akan membuat anak senang. 

Wahana kicir-kicir Dufan
Sumber: https://cdn-cas.orami.co.id

7. Kicir-kicir

Dibuat sejak tahun 2002, wahana kicir-kicir menjadi wahana seru yang masuk ke dalam kategori ekstrim. Kenapa ekstrim? Karena saat kamu menaiki permainan ini, tubuh kamu akan diputar-putar ke segala arah yang dapat memacu adrenalin di ketinggian 17 meter bersama 24 orang lainnya. 

8. Baling-baling

Baling-baling merupakan wahana unik untuk kalangan remaja, yang ada di area kawasan dunia kartun dengan ketinggian mencapai 30 m yang akan mengguncang adrenalin pengunjung dengan ayunan dan putaran 360°.

Wahana Niagara-gara
Sumber: www.kepogaul.com

9. Niagara gara

Wahana ramah keluarga yang bisa kamu kunjungi adalah wahana niagara gara. Memiliki bentuk yang unik seperti balok kayu, saat menaiki wahana ini, kamu akan dibawa oleh arus air lalu meluncur dan terjun seketika mencapai ketinggian 20 meter. 

10. Ontang anting

Ontang Anting adalah sebuah wahana Wave Swinger yang dibuat oleh Zierer. Wahana ini termasuk wahana yang populer dan diperuntukkan bagi anak-anak dan remaja. Wahana ini bergerak 360° sesuai arah jarum jam yang membuat pengunjung serasa melayang di udara. Wahana ini ditutup selamanya setelah upgraded version wahana ini dibuka di Kawasan Dunia Kartun.

11. Alap-alap roller coaster kecil

Alap-Alap adalah wahana Roller Coaster yang ada di atas rel yang berliku-liku, saat menaiki wahana ini adrenalin kamu diuji, dengan guncangan sebanyak 2 hingga 3 putaran (panjangnya antrian menentukan banyaknya putaran wahana). Tidak seperti roller coaster yang besar, wahana ini dapat dinaiki segala usia dari anak-anak hingga dewasa.

12. Istana boneka

Istana Boneka merupakan wahana ramah keluarga yang telah beroperasi sejak 1985. Wahana ini dibangun dengan tema yang unik, bergaya arsitektur Eropa klasik yang diisi oleh lebih dari 600 boneka animatronik nan lucu.

Wahana turangga rangga seru di Dufan
Sumber: pbs.twimg.com

13. Turangga-rangga

Menikmati wahana permainan di tempat rekreasi sangat mengasyikkan, apalagi jika bermain di wahana ikonik dari taman bermain Dufan, yaitu turangga-rangga atau yang biasa disebut dengan komedi putar. Wahana turangga-rangga ini sangat ikonik, karena sering dijadikan latar untuk berfoto bagi pengunjung saat berwisata ke Dufan.

15. Poci – poci

Poci-Poci adalah wahana Teacup buatan Arrow Dynamics yang berbentuk seperti sebuah poci. Wahana ini dapat dimainkan oleh siapa saja dengan tinggi minimal 100 cm. Wisata poci-poci akan membawa kamu merasakan duduk di dalam gelas raksasa dan sebuah stir yang bisa diputar-putar.

Wahana kolibri dufan
Sumber: www.ancol.com

16. Kolibri

Kolibri merupakan wahana anak-anak dan ramah keluarga yang menawarkan sensasi terbang yang menawarkan visual di Dunia Kartun yang dikemudikan penumpang sendiri dengan ride berputar 360 derajat dan gerakan naik-turun secara perlahan. 

17. Arung jeram

Arung Jeram adalah wahana River Rapids yang dibuat oleh White Waters yang akan membawa pengunjung menikmati serunya berjeram bagaikan di sungai sepanjang 325 meter. Wahana ini merupakan wahana yang mampu membuat pengunjungnya nyaris basah kuyup. Dengan teknologi pompa kamu akan merasakan serunya bermain arung jeram seperti sungguhan dan mampu membuat pengunjung merasakan sensasi menaiki arung jeram sungguhan. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: 

Manfaat Taman Bermain Bagi Anak, Perlu Diperhitungkan

Bagikan Artikel Ini: