logo happy play indonesia

Sejarah Playground Yang Perlu Diketahui

Playground atau Taman bermain adalah tempat yang dirancang untuk menyediakan lingkungan bagi anak-anak yang memfasilitasi bermain, biasanya di luar ruangan. Sementara taman bermain biasanya dirancang untuk anak-anak, beberapa dirancang untuk kelompok usia lain, atau penyandang disabilitas. Taman bermain mungkin mengecualikan anak-anak di bawah usia tertentu dan memperhatikan beban statis lainnya. 

Umumnya taman bermain modern sering memiliki peralatan rekreasi seperti jungkat-jungkit, komidi putar, ayunan, perosotan, senam hutan, bar chin-up, kotak pasir, penunggang pegas, cincin trapeze, rumah bermain, dan labirin, banyak diantaranya membantu anak-anak mengembangkan koordinasi fisik , kekuatan, dan kelenturan, serta memberikan rekreasi dan kesenangan serta mendukung perkembangan sosial dan emosional dengan struktur permainan yang menghubungkan banyak peralatan yang berbeda.

Credit: cdn.pixabay.com

Baca juga: 8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Taman bermain seringkali juga memiliki fasilitas untuk memainkan permainan informal olahraga dewasa, seperti berlian bisbol, arena skating, lapangan basket, atau bola tambatan. Peralatan bermain umum dipasang di area bermain taman, sekolah, fasilitas penitipan anak, lembaga, tempat tinggal keluarga, restoran, resor, dan pengembangan rekreasi, dan area penggunaan umum lainnya. Jenis taman bermain yang disebut playscape dirancang untuk menyediakan lingkungan yang aman untuk bermain dalam suasana alami. Melalui sejarah, anak-anak bermain di desa dan lingkungan mereka, terutama di jalanan dan gang dekat rumah mereka.

Credit: upload.wikimedia.org

Tahukah Siapa Pencetus Taman Bermain?

Begini sejarah playground yang perlu diketahui. Pada abad ke-19, psikolog perkembangan seperti Friedrich Fröbel mengusulkan taman bermain sebagai bantuan perkembangan, atau untuk mengilhami anak-anak dengan rasa bermain yang adil dan sopan santun. Di Jerman, beberapa taman bermain didirikan sehubungan dengan sekolah, Taman bermain akses publik pertama yang dibangun khusus dibuka di sebuah taman di Manchester, Inggris pada tahun 1859. Dari cerita tersebut awal mula Playground sangat peduli dengan anak-anak ya, Anda bisa memberikan perhatian ini kepada anak sekaligus mendapatkan keuntungan jika kamu membuka bisnis usaha playground.

Friederich Wilhelm August Fröbel (atau Froebel; 21 April 1782 – 21 Juni 1852) adalah salah satu tokoh pendidikan yang karya dan pemikirannya masih dijadikan acuan bagi dunia pendidikan modern hingga saat ini. Froebel adalah seorang tokoh pendidik paling berpengaruh yang pemikirannya banyak dipengaruhi oleh sejumlah pemikir Jerman yang ternama dan berpengaruh pada akhir abad 18 dan awal abad 19, diantaranya Johann Friederich Herbart (1776-1831). 

Playground atau taman bermain yang saat ini kita mainkan ternyata berasal dari pemikiran hebat seorang tenaga pendidik yang peduli akan perkembangan anak, Ia paham dan tahu betul banyak sekali manfaat yang didapatkan anak saat bermain di taman bermain. Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play indonesia lainnya.

Baca juga: Beragam manfaat permainan bagi anak

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top