logo happy play indonesia

7 Perlengkapan Membuat Playground Anak yang Seru

7 Perlengkapan Membuat Playground Anak yang Seru

Menyiapkan perlengkapan membuat playground anak yang seru merupakan cara lain untuk bersyukur kepada Tuhan, karena anugerah yang diberikanNya. Memiliki anak yang aktif dan senang bermain merupakan hal yang luar biasa. Rasa syukur tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara, misalnya membuat ruang khusus anak bermain dengan menyiapkan perlengkapan membuat playground anak yang seru agar anak bahagia. 

Playground

Taman bermain playground dari segala bentuk dan ukuran menawarkan anak-anak kesempatan untuk bermain. Ada beberapa perlengkapan untuk membuat playground, ini disesuaikan dengan jenis playground yang Anda pilih, karena playground punya dua jenis yaitu indoor playground dan outdoor playground

Perlengkapan untuk Membuat Playground Anak 

Bentuk yang unik dan warna-warna cerah pada perlengkapan playground anak dapat merangsang indera dan kemampuan anak. Taman bermain yang bagus dapat melibatkan anak-anak dengan cara yang tidak mereka alami di tempat lain, memberi mereka kesempatan untuk membiarkan imajinasi mereka menjadi liar lewat perlengkapan playground anak seperti di bawah ini. 

Dok. Happy Play Indonesia - Evamats dan rubber floor playground anak Happy play Indonesia
Dok. Happy Play Indonesia – Evamats dan rubber floor playground anak Happy play Indonesia

1. Matras Lantai Pelindung Playground

Perlengkapan yang pertama untuk membuat playground anak adalah, dengan menyiapkan matras lantai sebagai pelindung anak dari benturan keras. 

Evamats atau yang sering kita dengar sebagai matras banyak digunakan sebagai alas bermain anak karena bahannya terbuat dari karet plastik empuk dan tebal, sehingga anak-anak dapat bermain dengan nyaman tanpa harus khawatir dengan benturan. 

Kita tahu anak sangat suka bermain, banyak bergerak, dan dapat dibayangkan bisa terjadi kapan saja anak terjatuh, maka dari itu penggunaan evamats atau matras pelindung sangat penting. 

Itu tadi cara melindungi anak di bermain di dalam ruangan. Namun, jika playground yang Anda bangun berada di luar ruangan, Anda bisa memanfaatkan rubber floor sebagai alas playground. 

perosotan perlengkapan  untuk membuat playground
Dok. happy Play Indonesia – Perosotan perlengkapan playground

2. Perosotan

Tidak lengkap jika playground hanya satu permainan, Anda dapat menuangkan berbagai permainan dalam satu playground seperti permainan perosotan. 

Perosotan atau dalam bahasa Inggrisnya slides merupakan perlengkapan playground yang menyenangkan untuk anak-anak. 

Anak yang bermain perosotan akan menaiki tangga perosotan dengan kaki kecilnya langkah demi langkah, kemudian duduk di atas perosotan dan meluncur ke bawah. 

Saat bermain, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, anak harus mengantri dan memperhatikan tata cara bermain perosotan yang aman. 

Baca juga: Hindari Bahaya, Begini Cara Bermain Perosotan Anak yang Aman

Ayunan perlengkapan membuat playground anak happy play
Dok. Happy Play Indonesia – Ayunan perlengkapan membuat playground anak

3. Perlengkapan Playground Seru Seperti Ayunan

Selain perosotan, ada ayunan yang menyenangkan dan dapat menguji adrenalin anak di atas ketinggian. Ya tentu saja menguji adrenalin, karena anak-anak ketika menaiki ayunan akan berayun dari depan  ke belakang atau sebaliknya dengan ketinggian yang melebihi tinggi playground tersebut. 

Perlengkapan playground anak seperti ayunan memiliki manfaat dan fungsi bagi kesehatan dan kebahagiaan anak. Bermain ayunan dapat membantu anak untuk melatih keberanian, meningkatkan kemampuan secara motorik dan keseimbangan tubuh sang anak. 

Baca juga: Cara Bermain Ayunan yang Aman Bagi Anak

Pasir Kinetik perlengkapan membuat playground anak happy play
Sumber: depositphotos.com

4. Pasir Kinetik

Bermain sambil berkreasi dalam satu tempat bermain pasti sangat mengasyikkan, bagi Anda yang ingin membuat playground dapat menyiapkan perlengkapan lain seperti pasir kinetik untuk anak berkreasi. 

Bermain pasir memberikan manfaat perkembangan yang tak terhitung untuk bayi dan balita. Terlepas dari apakah itu di taman bermain, di kotak pasir, di meja pasir, atau di pantai, bermain dengan pasir dapat memberikan kebahagiaan untuk anak. 

Pasir kinetik dapat membangun perkembangan sensorik pada tiga area sensorik utama yaitu Taktil Sense, Vestibular Sense, dan Proprioceptive Sense

Baca juga: Manfaat Bermain di Luar Ruangan Bagi Anak dan Macam Permainan

Rumah-rumahan perlengkapan playgorund anak
Dok. Happy Play Indonesia – Rumah-rumahan perlengkapan playground

5. Rumah-Rumahan

Bermain di taman bermain sambil bermain peran adalah salah satu kegiatan yang sering anak-anak lakukan, biasanya anak-anak akan bermain rumah-rumahan dan berperan, misalnya ada yang berperan sebagai anak, ada pula yang berperan sebagai orang tua. 

Itulah salah satu perlengkapan bermain di playground yang bisa Anda sediakan, terkadang anak tidak hanya bermain secara fisik, tapi juga secara imajinasi anak-anak, membayangkan dan memperagakan orang lain. 

Softplay permainan anak di playground
Dok. Happy Play Indonesia – Softplay permainan anak di playground

6. Softplay

Playground punya banyak jenis permainan besar, anak-anak juga membutuhkan permainan kecil yang dimainkan dan dibawa-bawa, misalnya softplay berbentuk kuda-kudaan, sarang lebah dan masih banyak lain softplay yang hanya dapat dimainkan di tempat, tidak untuk dibawa-bawa.  

Tempat Makan di plaground happy play
Sumber: cdn-cas.orami.co.id

7. Tempat Makan

Perlengkapan bermain yang dibutuhkan namun tidak banyak orang sadari adalah tempat untuk makan. Setelah seharian beraktivitas dan bermain, tubuh anak secara alami akan membakar sekitar 80-100 kalorinya, anak akan merasakan lapar dan lemas karena kehabisan energi.

Maka dari itu tempat makan untuk anak diperlukan. Tempat bermain yang bagus dapat dilihat dari fasilitasnya yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan, untuk itu Anda bisa menyiapkan perlengkapan playground untuk anak mengisi energi dengan beristirahat, untuk makan dan juga minum agar anak bahagia selalu dan tidak merengek kelaparan.

Baca juga:  Pentingnya Kebahagiaan untuk Perkembangan Anak Usia Dini

Lokasi Pemasangan Playground

Pemasangan playground tidak terbatas pada satu jenis lokasi saja. Anda dapat menempatkannya di berbagai tempat, mulai dari indoor, outdoor, hingga waterpark. Di artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang kemungkinan perlengkapan membuat playground anak di berbagai lokasi yang menarik dan menawarkan pengalaman bermain yang seru.

Indoor

Playground indoor umumnya dapat ditemukan di restoran, tempat penitipan anak, atau mal yang menyediakan area bermain anak. Biasanya perlengkapan membuat playground anak salah satunya membutuhkan matras untuk melindungi anak dari benturan keras. Selain itu, peralatan indoor ini terbuat dari bahan khusus yang aman.

Outdoor

Playground outdoor sering dipasang di halaman rumah, tempat bermain, atau area outdoor di kafe atau restoran. Material perlengkapan membuat playground anak di luar ruangan umumnya terbuat dari plastik dan tidak menggunakan bahan besi untuk menghindari korosi akibat paparan panas dan hujan. 

Tentunya pada playground outdoor dilengkapi dengan rubber flooring agar ketika anak terjatuh tidak cidera parah, dalam artian lain rubber floor berfungsi untuk melindungi anak ketika bermain di luar ruangan/ 

Waterpark

Playground di area waterpark biasanya memiliki tema outdoor, namun ditempatkan di tengah kolam renang untuk menarik minat pengunjung. Fasilitasnya mungkin mirip dengan playground indoor dan outdoor, termasuk rumah-rumahan dan perosotan anak. Namun, peralatan yang digunakan pada area ini lebih berat dan kokoh karena selain anak-anak, juga digunakan oleh orang dewasa.

Ingin Membuat Playground?

Apakah Anda tertarik untuk memulai bisnis playground yang menarik dan menguntungkan? Playground tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Bisnis playground adalah peluang yang belum banyak dieksplorasi, memberikan kesempatan bagi Anda untuk memulai sebelum pesaing lainnya dan memenuhi perlengkapan membuat playground anak yang seru.

Happy Play Indonesia adalah perusahaan penyedia jasa dan produk wahana permainan anak yang sudah berpengalaman lebih dari 17 tahun, project kami sudah tersedia diberbagai wilayah di Indonesia, baik secara komersil, pribadi maupun dijadikan sebagai fasilitas oleh pemerintah Indonesia. 

Dengan pertumbuhan populasi anak yang terus meningkat di Indonesia, bisnis playground memiliki potensi pendapatan yang tinggi. Jika Anda berminat untuk memulai bisnis playground, cari informasi lebih lengkap di kolom tips berbisnis playground di bawah artikel ini atau langsung hubungi tim Happy Play Indonesia untuk konsultasi dengan mengklik banner di bawah ini.

Baca juga: 

Alasan Bisnis Playground Cepat Balik Modal

Bisnis Playground Peluang Usaha yang Menguntungkan

Jasa Pembuatan Playground Indoor Bergaransi dan Bersertifikat

Bagikan Artikel Ini:

Tips Berbisnis Playground

Produk Terkait