logo happy play indonesia

5 Jenis Permainan di Taman Bermain, Ada di Taman Sekitar Rumah

jenis permainan di taman bermain

Taman bermain menjadi salah satu tempat menyenangkan untuk bermain bagi anak. Terdapat banyak jenis permainan di taman bermain yang menjadi daya tarik anak-anak. Ada beberapa jenis permainan di taman bermain juga bisa membantu perkembangan anak loh.

Seiring berjalanya waktu area luas yang dulu ada kini semakin sempit yang menyulitkan anak-anak untuk bermain bersama dan bahkan tidak hanya kota besar saja yang terjadi hal ini, bahkan sampai ke daerah perdesaan pun kini mulai merasakannya. 

Melihat hal ini ada baiknya di tiap perumahan atau bahkan kelurahan atau kecamatan membuatkan area taman bermain agar anak-anak bisa bermain dengan senang dan bebas.

Apabila disekitar rumahmu ada taman bermain untuk anak-anak, anda bisa memanfaatkannya secara maksimal. Biarkan anak bermain agar tumbuh kembangnya maksimal.

Berikut berbagai jenis permainan di taman bermain yang ada di sekitar rumah dan berdampak positif untuk perkembangan anak.

Jenis Permainan di Taman Bermain

1. Ayunan

Ayunan menjadi permainan yang hampir pasti ada di setiap taman bermain dan menjadi favorit bagi anak-anak. Bermain ayunan sangat baik untuk perkembangan anak khususnya balita. Dengan bermain ayunan secara tidak langsung melatih keseimbangan dan kontrol tubuh anak. 

Bermain ayunan dibutuhkan koordinasi antar tubuh karena untuk tetap beratun memerlukan koordinasi antara kaki, feeling dan keseimbangan. 

2. Perosotan

Permainan playground kedua yang menjadi kesukaan balita dan anak-anak adalah perosotan. Perosotan juga sangat banyak terdapat pada taman bermain, tk, playgroup dan taman-taman kota. Bermain perosotan mampu meningkatkan koordinasi tubuh dan juga keseimbangan karena ketika menaiki tangga sebelum meluncur memerlukan koordinasi kaki, mata dan tangan.

3. Jungkat-jungkit

Selanjutnya adalah mainan jungkat-jungkit, permainan satu ini membutuhkan dua orang yang kerjasama untuk memainkannya. Koordinasi dan keseimbangan lagi-lagi dibutuhkan saat bermain jungkat-jungkit. Tak hanya itu dengan bermain permainan ini anak-anak juga belajar saling bekerja sama satu sama lain.

4. Panjat dinding

Permainan panjat dinding biasanya dimainkan oleh anak laki-laki atau anak yang cukup aktif. Karena memainkan permainan ini membutuhkan keberanian dan kekuatan tangan dan kaki yang cukup. Panjat dinding termasuk ke dalam mainan ekstrem karena ketika berhasil memanjat akan berada di ketinggian. 

Dengan bermain panjat dinding anak-anak mampu melatih mental, koordinasi tangan dan kaki serta keseimbangan tubuh.

5. Jaring laba-laba

Permainan satu ini membutuhkan lahan yang cukup besar, namun masih bisa disiasati sedemikian rupa dengan menyesuaikan lahan.

Permainan jaring laba-laba membutuhkan penyangga yang kokoh dan tambang sebagai jaringnya.

Bermain jaring laba-laba akan melatih keseimbangan dan keberanian anak. Namun jika bermain permainan satu ini dibutuhkan perhatian ekstra agar terpantau dan tidak sampai jatuh.

Itulah beberapa jenis permainan di taman bermain yang akan disukai anak-anak dan juga memiliki banyak manfaat. 

Sudah tahu kan apa saja mainan yang menjadi favorit anak-anak beserta kelebihannya? Ayo ajak anak anda bermain secepatnya. Luangkanlah waktu untuk mengajak anak bermain, jangan sampai masa kecilnya merasa kurang bahagia. Buatlah anak bahagia dengan cara mudah dengan cara mengajaknya ke taman bermain di sekitar rumah.

Baca juga: 

permainan tradisional indonesia dan cara mainnya

Pentingnya taman bermain di perumahan

Bangun playground aman untuk anak di sekolah

Bagikan Artikel Ini:

Stay Connecting with our Social media

Follow, Like & Subscribe

DAPATKAN BERBAGAI KEUNTUNG SENILAI Rp 258.000.000,-
DAFTAR SEKARANG JUGA !
————————————————-

    Scroll to Top