logo happy play indonesia

Tips Memilih Taman Bermain Anak yang Harus Diperhatikan

Tips Memilih Taman Bermain Anak yang Harus Diperhatikan

Setelah banyaknya aktivitas yang dilakukan, orang tua dan anak perlu menyegarkan pikiran dan badan mereka lewat aktivitas sehat seperti berolahraga dan mengunjungi taman bermain anak. Namun sebelum Anda pergi ke taman, harus Anda perhatikan beberapa tips memilih taman bermain anak di bawah ini. Simak artikel selengkapnya. 

Penjaga Playground Anak
Penjaga Playground Anak | Sumber: www.littlewonders.nz

1. Pilih Playground dengan Staf Profesional

Sebelum Anda mengizinkan atau mengajak anak ke taman bermain, hal nomor satu yang perlu Anda pertimbangkan adalah staf di sana. Tips pertama memilih taman bermain adalah dengan memilih playground yang memiliki staf profesional. Anda harus memastikan staf memenuhi syarat untuk merawat anak-anak di taman bermain, yang telah dilatih dan punya keahlian dibidang tersebut.

Kita tahu taman bermain atau playground ada dua jenis, untuk publik dan komersial. Pada taman bermain komersial biasanya berupa indoor playground, dengan berbagai fitur permainan yang menyenangkan untuk anak. 

Lakukan riset sebelum bermain, dan pastikan staf memenuhi syarat untuk merawat anak-anak di taman bermain untuk menangani anak mana pun tanpa memandang usia. Ini karena beberapa peraturan yang mengharuskan orang tua menunggu anak mereka bermain bersama staf. 

Maka dari itu, staf taman bermain yang baik harus ramah anak sehingga bayi Anda dapat bermain dengan bebas tanpa intimidasi. Suara yang digunakan staf taman bermain saat mengajar anak-anak akan menunjukkan kepada Anda apakah mereka ramah dan ramah anak.

Serta, para staf playground atau taman bermain harus baik dan penuh kasih kepada anak-anak untuk memungkinkan anak-anak memperlakukan orang lain dengan cara yang sama saat bermain. Staf yang baik juga harus melatih anak Anda untuk menggunakan peralatan yang berbeda di fasilitas dan memberikan keterampilan yang tepat kepada mereka.

Baca juga: 

Sejarah Playground Yang Perlu Diketahui

Standar Keamanan Playground untuk Anak

Pentingnya Sertifikasi Mainan Anak untuk Keselamatan

Outdoor playground indonesia
Pilihan Permainan Playground
Pilihan Permainan Playground | Dok. Happy Play Indonesia

2. Pilihan Permainan

Banyak diantara kita memilih tempat refreshing untuk main permainan yang menyenangkan dan sesekali memilih permainan yang menegangkan. Kedua, tips memilih taman bermain anak yang harus diperhatikan adalah pilihan permainan. Jadi, sebelum memilih taman bermain, lihat dulu kelengkapan fasilitasnya. Anda perlu melakukan ini dengan mempertimbangkan permainan indoor favorit anak Anda dan tingkat teknologi yang digunakan.

Jenis permainan menentukan apakah anak Anda akan senang bermain atau tidak. Kami sarankan untuk pergi ke playground yang sesuai usia, didukung dengan berbagai peralatan yang aman dan mudah digunakan bagi anak-anak, dari usia di bawah 2 tahun, usia 2 sampai 5 tahun, anak usia 5 tahun sampai 12 tahun, dan anak berusia 12 tahun ke atas semua bisa main di playground. 

Carilah fasilitas dengan perangkat berteknologi tinggi yang akan membantu anak Anda menjadi lebih pintar, kreatif, dan inovatif. Perhatikan bahwa fasilitas modern harus memiliki visual interaktif, suara, dan gadget pintar.

Selain itu, pertimbangkan keamanan peralatan bermain ini karena beberapa dapat melukai anak Anda, terutama jika mereka belum pernah menanganinya sebelumnya. Anda dapat, dalam hal ini, memilih taman bermain dengan peralatan yang sesuai dengan usia anak Anda. Ingatlah bahwa setiap permainan dan peralatan cocok untuk usia tertentu dan dianggap aman untuk mereka.

Baca juga: 

Umur Berapa Anak Sudah Bisa Diajak Bermain Playground?

8 Permainan Playground yang Mampu Melatih Motorik dan Sensorik

Periksa keamanan playground anak - happy play indonesia
Tim Happy Play sedang memeriksa keamanan playground | Dok. Happy Play Indonesia

3. Periksa Keamanannya

Kedua, tips memilih taman bermain anak yang harus diperhatikan adalah dengan memeriksa keamanan playground anak. Anak-anak Anda harus aman saat bermain di dalam ruangan. Jadi, bagaimana Anda bisa tahu seberapa aman fasilitas itu?.

Identifikasi tempat bermain yang beresiko. Luangkan waktu Anda dan periksa area bermain untuk mengidentifikasi tempat yang dapat mempertaruhkan nyawa bayi Anda dan, jika mungkin, sampaikan kekhawatiran kepada manajemen atau staf. Titik-titik yang harus Anda perhatikan termasuk perangkat keras yang terbuka, permukaan yang rusak/sobek, atau slide dengan tepi tajam.

Setelah mengidentifikasi taman bermain, tips selanjutnya yaitu menanyakan perawatan playground atau rutinitas pembersihan mereka. Karena taman bermain yang bersih dan higienis harus dilakukan setiap hari untuk menghindari penularan kuman dari satu anak ke anak lainnya. 

Baca juga:

Inilah Tanda Playground Harus Maintenance, Segera Perbaiki

Program Maintenance Playground

Lokasi ideal memulai bisnis playground yang untung
Sumber: perbedaan.budisma.net

4. Lokasi yang Tidak Terlalu Jauh

Anak-anak, sama seperti orang dewasa, bosan di beberapa daerah. Inilah pada tahap keempat, tips memilih taman bermain anak yang harus diperhatikan adalah pemilihan lokasi dan lingkungan. 

Pertimbangkan jarak rumah Anda dengan taman bermain, agar tidak terlalu lama menghabiskan waktu di jalan, dan bisa bermain sepuasnya di playground taman bermain anak. Perhatikan juga desain atau penataan taman bermain, karena ini akan berkontribusi pada area bermain yang kondusif. 

Jadi, harus dirancang dengan baik dengan warna, bentuk, dan gambar yang menarik yang menarik perhatian anak-anak. Penataan peralatan harus sedemikian rupa sehingga mencegah kepadatan di beberapa area. Juga harus ada ruang yang cukup untuk bergerak, bermain, dan bersantai.

Baca juga: Cara Merancang Taman Bermain Balita dan PAUD yang Sempurna

Sesuaikan budget bisnis playground
Sumber: shrm-res.cloudinary.com

5. Sesuaikan Budget

Mengajak anak bermain di luar ruangan bukan berarti Anda harus menguras kantong Anda, dan memaksakan diri secara finansial. Selain tips memilih taman bermain di atas, Anda juga harus menyesuaikan budget Anda untuk bermain di playground. 

Beberapa poin yang mempengaruhi anggaran mengunjungi taman bermain adalah mengenai waktu, lokasi dan jumlah kegiatan yang dilakukan.

Dari segi lokasi. Lokasi dan fasilitas di sekitar taman bermain mempengaruhi biaya mereka. Misalnya, mereka yang dekat dengan pusat kota dan di perkebunan mewah cenderung mengenakan biaya lebih tinggi daripada mereka yang terletak jauh dari kota.

Segi waktu juga mempengaruhi, Misalnya, saat hari raya atau hari raya, akan lebih banyak anak-anak yang datang untuk bermain. Semakin banyak aktivitas dan anak-anak di taman bermain, semakin tinggi Anda akan membayar. Tapi waktu seperti itu akan membuat anak-anak Anda bermain di tempat yang ramai.

Sedangkan dari sisi jumlah kegiatan, yaitu jika Anda dan keluarga mencoba berbagai permainan, bahkan hampir semua permainan yang ada di playground atau taman bermain anak. 

Ini adalah hal-hal yang perlu  dipertimbangkan ketika memilih taman bermain untuk anak-anak. Orang tua tidak perlu khawatir jika anaknya selalu mengajak bermain di luar, tetapi harus selalu mengawasi anaknya saat bermain untuk menghindari perilaku yang tidak diinginkan. Semoga membantu!

Terus update dan baca artikel lainnya hanya di Happy Play Indonesia.

Baca juga:

Manfaat Playground untuk Anak

Kemudahan Bisnis Playground, Tidak Ada Matinya

Bagikan Artikel Ini: